Mata kuliah Body Painting merupakan bagian dari kurikulum Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yang bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan teoritis dan keterampilan praktis dalam seni rias tubuh, khususnya untuk anak usia dini. Fokus utama mata kuliah ini adalah pengembangan estetika, kreativitas, dan profesionalisme melalui eksplorasi berbagai teknik body painting, kosmetik yang digunakan, serta tema rias seperti flora, fauna, dan karakter pewayangan. Mahasiswa akan belajar menganalisis, mendeskripsikan, dan mempraktikkan rias tubuh secara sistematis, mulai dari pemahaman konsep dasar, pemilihan bahan kosmetik yang aman untuk kulit anak, hingga pelaksanaan proyek seni rias yang ditampilkan dalam bentuk pertunjukan. Pembelajaran dilaksanakan melalui pendekatan aktif seperti diskusi, praktik langsung, proyek kelompok, dan evaluasi berbasis performance, serta mengintegrasikan nilai-nilai humaniora, inklusivitas, dan kepedulian sosial sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
Konsep Dasar Body Painting dan Rias Fantasi, Prinsip dasar dan filosofi seni body painting, Sejarah dan perkembangan body painting, Perbedaan antara rias fantasi dan rias karakter
Analisis Spesifikasi dan Kategori Body Painting Klasifikasi gaya dan tema body painting, Identifikasi elemen visual dan simbolik dalam rias tubuh, Analisis artikel dan visual terkait body painting
Jenis Kosmetik untuk Body Painting dan Efeknya, Jenis-jenis kosmetik dan karakteristiknya, Keamanan bahan kosmetik untuk kulit anak, Analisis efek jangka pendek dan panjang dari bahan kosmetik
Stimulasi Perkembangan Anak Melalui Body Painting, Implikasi pedagogis dalam penggunaan body painting di PAUD, Karakteristik perkembangan seni anak usia dini, Prinsip body painting dalam pendidikan inklusif
Analisis Karakter dan Tema dalam Rias Body Painting, Teknik menduplikasi karakter rias tubuh, Rias berdasarkan tema flora (tumbuhan) dan fauna (hewan), Body painting dengan karakter pewayangan: protagonis, antagonis, tritagonis, figuran
Perencanaan dan Evaluasi Proyek Body Painting, Perencanaan dan pelaksanaan proyek rias body painting, Evaluasi karya rias berdasarkan kreativitas, relevansi tema, dan keterampilan teknis, Presentasi hasil karya dalam forum pertunjukan terbuka
Praktik dan Implementasi Rias Body Painting di PAUD, Praktik langsung rias anak berdasarkan tema yang sesuai, Teknik komunikasi dan pendekatan anak dalam sesi rias, Pelaporan hasil karya sebagai bentuk refleksi dan dokumentasi pembelajaran
Didi Nini Thowok. Stage Make-Up. Yogyakarta: 2013.
Elianti, L. D., & Pinasti, V. I. S. (2018). “Makna Penggunaan Make Up Sebagai Identitas Diri.” Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(3), 1–18. Diakses dari: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/societas/article/view/12536
Marwiyah. (2014). “Busana Panggung Ditinjau Dari Tata Rias Karakter Dan Tata Rias Fantasi.” Teknobuga, 1(1), 13–21.
Murni, Sri Indra, Asi Tritanti, Warda Indadihayati, & Universitas Negeri Yogyakarta. Pengembangan Make Up Karakter Sugriwa (n.d.).
Ny Nelly Hakim. Buku Pembelajaran Kosmetologi Tata Kecantikan. Jakarta: Yayasan Institut Andragogi Indonesia, 1983.
Paningkiran, Halim. Make-Up Karakter Untuk Televisi Dan Film. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.
Robiah, Makhillatur. (2016). “Pelatihan Make Up Karakter Untuk Meningkatkan Keterampilan Merias Wajah Pada Ekstrakurikuler Teater Di SMA Negeri 1 Pandaan.” Jurnal Tata Rias, 5(1), 164.
Multimedia Presentasi PowerPoint interaktif berisi teori dan visualisasi teknik body painting, Video tutorial body painting untuk anak usia dini (tema flora, fauna, karakter)
Alat dan Bahan Praktikum, Kosmetik dan cat tubuh yang aman untuk anak-anak (non-toxic, hypoallergenic), Kuas, spons, dan perlengkapan rias lainnya, Cermin dan perlengkapan kebersihan
Gambar dan Poster Visual Contoh rias body painting berbagai tema (fantasi, flora-fauna, pewayangan), Sketsa desain karakter untuk anak usia dini
Bahan Bacaan dan Literasi Visual, Artikel ilmiah dan jurnal tentang tata rias dan body painting, Buku-buku referensi kosmetologi dan seni tata rias
Perangkat Digital dan Media Sosial, Video YouTube sebagai bahan observasi dan analisis, Instagram atau Pinterest untuk studi tren dan inspirasi body painting
Panggung Mini dan Alat Dokumentasi, Area pertunjukan atau presentasi hasil karya mahasiswa, Kamera/ponsel untuk dokumentasi foto dan video hasil karya