Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 9, 2025

Jumlah SKS:

4 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah "Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini" (AUD) bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang konsep, prinsip, dan praktik asesmen serta evaluasi perkembangan anak usia dini. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari jenis-jenis asesmen formal dan informal yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia 0-6 tahun. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan keterampilan dalam merancang metode dan teknik asesmen, seperti observasi, portofolio, dan tes terstandar, serta kemampuan untuk menyusun laporan asesmen yang komprehensif. Mata kuliah ini menjadi landasan penting bagi mahasiswa untuk memahami dan menerapkan asesmen dalam konteks pendidikan anak usia dini secara tepat dan efektif.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1.     Hakikat Asesmen dan Evaluasi

    2.     Prinsip Umum dalam Melakukan Asesmen pada Anak Usia Dini

    3.     Konsep Asesmen Perkembangan Anak

    4.     Jenis-jenis Asesmen pada Anak Usia Dini

    5.     Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

    6.     Asesmen Perkembangan Fisik dan Motorik Anak Usia Dini

    7.     Asesmen Perkembangan Agama dan Nilai Moral Anak Usia Dini

    8.     Ujian Tengah Semester (UTS)

    9.     Asesmen Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

    10.  Asesmen Perkembangan Seni dan Kreativitas Anak Usia Dini

    11.  Asesmen Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini

    12.  Perancangan Instrumen Asesmen untuk Anak Usia Dini

    13.  Pengembangan Metode dan Teknik Asesmen dalam Pembelajaran

    14.  Mendesain Pengembangan Asesmen di PAUD

    15.  Perancangan Portofolio untuk Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini

    16.  Ujian Akhir Semester (UAS)

  • Pustaka
    1. Purnama, S., et al. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multiartha Jatmika.
    2. Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria: ASCD.
    3. Saifer, S. (2010). HOT Skills Developing Higher-Order Thinking in Young Learners. St. Paul: Redleaf Press.
    4. Wortham, S. C. (2014). Assessment in Early Childhood Education. Harlow: Pearson Education Limited.
    5. Mandagi, M. O., & Putri, N. L. (2018). Asesmen Pembelajaran AUD dan TK. Jakarta: Perpustakaan Nasional.
    6. Fridani, L., et al. (2011). Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: UT.
    7. Yus, A. (2012). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
    8. Waseso, I. (2007). Evaluasi Pembelajaran TK. Jakarta: Kencana.

    1.       Video Pembelajaran

    2.       Presentasi PowerPoint

    3.       Model dan Alat Peraga Asesmen

    dosen-assesment-perkembangan-aud
    Nasrul Fuad Erfansyah, M.Pd.I.
    198305282018011002
    dosen-assesment-perkembangan-aud
    Dr. Safaruddin
    D11180
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester