Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 11, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

-

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Pertemuan ke 1-4
    •Hakekat asesmen pembelajaran
    •Ruang lingkup asesmen pembelajaran bagi AUD
    •Karakteristik perkembangan anak usia dini
    •Karakeristik belajar anak usia dini
    •Tujuan dan proses perkembangan belajar bagi AUD
    •Memetakan dan menganalisis masalah-masalah asesmen pembelajaran yang terjadi pada AUD
    •Konsep asesmen pembelajaran kognitif dan bahasa bagi AUD
    •Konsep asesmen pembelajaran sosial- emosional-moral


    Pertemuan ke 5-6

    •Hakekat asesmen pembelajaran
    •Ruang lingkup asesmen pembelajaran bagi AUD
    •Karakteristik perkembangan anak usia dini
    •Karakeristik belajar anak usia dini
    •Tujuan dan proses perkembangan belajar bagi AUD
    •Memetakan dan menganalisis masalah-masalah asesmen pembelajaran yang terjadi pada AUD
    •Konsep asesmen pembelajaran kognitif dan bahasa bagi AUD
    •Konsep asesmen pembelajaran sosial- emosional-moral

    Pertemuan ke 7
    •Hakekat asesmen pembelajaran
    •Ruang lingkup asesmen pembelajaran bagi AUD
    •Karakteristik perkembangan anak usia dini
    •Karakeristik belajar anak usia dini
    •Tujuan dan proses perkembangan belajar bagi AUD
    •Memetakan dan menganalisis masalah-masalah asesmen pembelajaran yang terjadi pada AUD
    •Konsep asesmen pembelajaran kognitif dan bahasa bagi AUD
    •Konsep asesmen pembelajaran sosial- emosional-moral

    Pertemuan ke 
    UTS

    Pertemuan ke 7-11
    Pendekatan asesmen AUD
    Teknik-teknik  asessmen PAUD:
    Pengembangan instrumen asesmen
    pembelajaran AUD
    Prosedur pelaksanaan asesmen pembelajaran AUD
    Menafsirkan, melaporkan, dan tindak lanjut hasil asesmen pembelajaran aud
    Tindak lanjut hasil asesmen pembelajaran AUD


    Pertemuan ke 12-14
    Pendekatan asesmen AUD
    Teknik-teknik  asessmen PAUD:
    Pengembangan instrumen asesmen
    asesmen pembelajaran AUD
    Prosedur pelaksanaan asesmen pembelajaran AUD
    Menafsirkan, melaporkan, dan tindak lanjut hasil asesmen pembelajaran aud
    Tindak lanjut hasil asesmen pembelajaran AUD


    Pertemuan ke 15
    Pendekatan asesmen AUD
    Teknik-teknik  asessmen PAUD:
    Pengembangan instrumen asesmen
    asesmen pembelajaran AUD
    Prosedur pelaksanaan asesmen pembelajaran AUD
    Menafsirkan, melaporkan, dan tindak lanjut hasil asesmen pembelajaran aud
    Tindak lanjut hasil asesmen pembelajaran AUD

    Pertemuan ke 15
    UAS

  • Pustaka
  • 1. Hergenhanhn  dan Matthew H. Olson. 2008.  Theories  Of Learning  (Teori Belajar).  Jakarta: Kencana Prenada Media Grup Yogyakarta: Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
    2. Martini     Jamaris.     2010.     Orientasi     dalam     Psikologi     Pendidikan.
                   Jakarta:Yayasan Penamas Murni
    3. Martini  Jamaris.  2006.  Perkembangan  dan  Pengembangan  Anak  Usia
                  Taman Kanak-kanak. Jakarta:Grasindo
    4. Papalia,   Diane   E,   Etc.   2008.   Human   Development   (Psikologi Perkembangan, terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
    5. Richard  I.  Arends.  2008.  Learning  To  Teach  (Belajar  untuk  Mengajar, terj.Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto, edisi ke tujuh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
    6. Danar Santi. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini antara Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.
    7. Yeni Rachmawati & Euis Kurniati. (2012). Strategi Pengembangan Kreatifitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kencana.
    8. Mukhtar Latif, dkk. (2012). Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana.

    LCD
    LAPTOP

    dosen-asesmen-pembelajaran
    Dr. Akhtim Wahyuni, M.Ag
    197303202005012003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester