Pokok Bahasan / Bahan Kajian
1. Orientasi perkuliahan pentingnya Strategi Pembelajaran MI/SD.
2. Konsep dasar strategi, model, pendekata n, dan metode pembelajaran/
3. Active learning 1 dan 2
4. Pembelajaran langsung (direct instruction).
5. Teori piaget (konstruktivis individu)
6. Teori konstruktivis sosial Vygotsky (pembelajaran kooperatif)
7. Problem based learning (PBL)
8. Project based learning (PjBL)
9. Pembelajaran terpadu Pendekatan saintifik Kurikulum 2013 (Kurtilas) Kurikulum Merdeka (Kurmer)
10. Teori pemecahan masalah Polya, teori Open-ended Shimada, dan teori problem posing serta pendekatan pembelajara nya.
11. Teori Freudhental (pendekatan pembelajaran RME).
12. Teori Dewey (pendekatan pembelajaran CTL)
13. Strategi dan metode pembelajaran
14. Metode pembelajaran
15. Teknik pembelajaran (keterampilan dasar mengajar) MI/SD.
16. Konsep pengelolaan kelas.
Pustaka
2. Bell, F. H. 1978. Teaching and Learning Mathematics (in Secondary Schools). Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown.
3. Davidson, N. 1990.Cooperative Learning in Mathematics. USA: Addison-Wesley.
4. Gravemeijer, K. 1994.Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.
5. Karso, dkk.2009. Pendidikan MI/SD I. Jakarta: Universitas Terbuka.
6. Nur, M., dkk.1999. Teori Belajar. Surabaya: University Press UNESA.
7. Nur, M. 2000.Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat Studi MIPA Sekolah.