Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 9, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengenalkan mahasiswa pada konsep dasar seni budaya dan kerajinan, dengan fokus pada seni musik, tari, dan seni rupa. Mahasiswa akan mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif melalui proyek praktis, diskusi, dan presentasi. Mata kuliah ini juga menekankan penerapan seni dalam pendidikan, khususnya untuk anak-anak di MI/SD. Kurikulum ini mencakup pembuatan dan pertunjukan karya seni seperti aransemen musik, gerakan tari, dan proyek seni rupa.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Berikut adalah Pokok Bahasan / Bahan Kajian yang terdapat dalam mata kuliah Seni Budaya dan Kerajinan:

    Wawasan Seni

    Hakekat seni, Fungsi seni dalam masyarakat, Jenis-jenis seni.

    Pengetahuan Dasar Seni, Unsur-unsur seni musik, Unsur-unsur seni tari, Unsur-unsur seni rupa/kerajinan.

    Karakteristik Musik untuk Anak MI/SD

    Karakteristik musik yang sesuai dengan usia anak MI/SD, Contoh musik yang cocok untuk anak MI/SD.

    Teori Praktek Musik untuk Guru MI/SD, Teori dasar musiK, Notasi balok untuk MI/SD, Tangga nada untuk MI/SD.

    Aransemen Musik untuk Anak MI/SD, Proses dan teknik membuat aransemen musik untuk anak MI/SD.

    Penciptaan Karya Musik untuk Anak MI/SD,Pembuatan komposisi musik yang sesuai dengan kebutuhan anak MI/SD.

    Karakteristik Tari untuk Anak MI/SD , Karakteristik tari yang sesuai dengan usia anak MI/SD, Contoh tari yang cocok untuk anak MI/SD.

    Teori Praktek Tari untuk Guru MI/SD, Teori tari dan teknik dasar tari untuk MI/SD,Gerakan tari yang sesuai dengan usia anak MI/SD.

    Pembuatan Gerak Tari untuk Anak MI/SD Proses dan latihan pembuatan gerakan tari untuk anak MI/SD.

    Penciptaan Karya Tari untuk Anak MI/SD Pembuatan karya tari yang kreatif dan sesuai untuk anak MI/SD.

    Pembuatan Kerajinan dan Busana Tari/Musik Pembuatan kerajinan dan busana tari serta busana musik untuk pertunjukan.

    Penciptaan Drama untuk Anak MI,Pembuatan pertunjukan drama untuk anak MI, Proses dan praktek membuat drama sesuai tema.

    Penyusunan RPP Pembelajaran Terpadu, Penyusunan RPP untuk pembelajaran seni terpadu, Proses pembuatan RPP sesuai dengan standar pendidikan.

    Praktek Pembelajaran Seni Terpadu untuk Anak MI/SD, Praktek pembelajaran seni terpadu yang melibatkan musik, tari, dan seni rupa untuk anak MI/SD.

  • Pustaka
    1. Affandi, Moh. (1977). Sejarah Seni Rupa Indonesia. Yogyakarta: IKIP Negeri Yogyakarta

    2. Awuy, Tommy F. (2005). Tiga Jejak Seni Pertunjukan Indonesia. Jakarta: Ford Foundation & Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia

    3. Edmund Prie, Karl. (1996). Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

    4. Affandi, Moh. 1977. Sejarah Seni Rupa Indonesia. Yogyakarta:IKIP Negeri YogyakartaEdmund Prie, karl. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
    5. Hadi, Sumandiyo, 2012. Koreografi (Bentuk, Teknik, Isi), Yogyakarta: Cipta Media
    6. Hajar Pamadi. 2012. Universitas Terbuka
    7. Humphry, Doris. 1983. Seni Menata Tari.Terjemahan Sal Murgiyanto. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta.
    8. Kodijat, Latifah. 1983. Istilah-istilah musik. Jakarta:Djambatan
    9. Awuy, Tommy F.  2005. Tiga Jejak Seni Pertunjukan Indonesia, Jakarta : Ford Fondation & Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia

    Metode pembelajaran yang digunakan adalah kombinasi antara ceramah, diskusi, presentasi, latihan, dan proyek kelompok serta tugas individu. Mahasiswa akan terlibat dalam kegiatan praktis seperti pembuatan proyek seni, pertunjukan, dan presentasi karya.

    dosen-seni-budaya-dan-kerajinan
    M. Bahri Musthofa, M.Pd.I, M.Pd.
    197307222005011005
    dosen-seni-budaya-dan-kerajinan
    Nasrul Fuad Erfansyah, M.Pd.I.
    198305282018011002
    dosen-seni-budaya-dan-kerajinan
    Lisa Alistiana, M.Pd
    D11113
    dosen-seni-budaya-dan-kerajinan
    Dedy Setyawan, S.Pd, M.Sn
    D11115
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :4
    • Durasi :1 Semester