Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 8, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang perkembangan sejarah dan kebudayaan Islam dari masa awal hingga masa kekhalifahan Islam, serta pengaruhnya terhadap peradaban dunia. Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk memahami konsep dasar, tokoh-tokoh penting, dan peristiwa-peristiwa utama yang membentuk kebudayaan Islam. Melalui kajian ini, mahasiswa juga diharapkan dapat menghubungkan sejarah kebudayaan Islam dengan kehidupan sosial dan budaya di Indonesia, serta mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam konteks pendidikan anak usia dini (MI). Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan yang integratif, melibatkan diskusi, studi literatur, dan pengembangan kompetensi dalam menyusun materi pembelajaran yang relevan.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1.     Kontrak Belajar, Desain Perkuliahan Sejarah Kebudayaan Islam MI

    2.     Konsep Dasar Sejarah Kebudayaan Islam di MI

    3.     Kajian Penelitian Terdahulu tentang Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI

    4.     Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI

    5.     Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam di MI

    6.     Materi Ajar Sejarah Kebudayaan Islam di MI Kelas 1

    7.     Materi Ajar Sejarah Kebudayaan Islam di MI Kelas 2

    8.     Ujian Tengah Semester (UTS)

    9.     Materi Ajar Sejarah Kebudayaan Islam di MI Kelas 3

    10.  Materi Ajar Sejarah Kebudayaan Islam di MI Kelas 4

    11.  Materi Ajar Sejarah Kebudayaan Islam di MI Kelas 5

    12.  Materi Ajar Sejarah Kebudayaan Islam di MI Kelas 6

    13.  Trampil Mempraktikkan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI

    14.  Trampil Mempraktikkan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI

    15.  Trampil Mempraktikkan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI

    16.  Ujian Akhir Semester (UAS)


  • Pustaka
  • 1.     Abd. Ramadhan Al Buthi, Sirah Nabawiyah.

    2.     Adiningsih N, 2002. Kualitas dan Profesionalisme Guru.

    3.     Ahmad Syalaby, Sejarah dan Kebudayaan Islam.

    4.     Akadum, 1999. Potret Guru Memasuki Milenium Ketiga.

    5.     Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dalam Era Globalisasi.

    6.     Arikunto, S. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

    7.     Ibn Hisyam, Sirah Nabawiyah.

    8.     Depag/Diknas, SILABI SKI MI.

    9.     D. Abd. Rahman, Metodologi Penelitian Sejarah.

    10.  Mulyasa, Menjadi Guru Profesional.

    11.  Muhammad Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar.

    12.  Mukhtar, Mengukir Prestasi; Menjadi Guru Profesional.

    13.  Memice, J. Elias, Cara-cara Efektif Mengasuh Anak dengan EQ.

    1.     Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

    2.     Juknis Perkuliahan

    3.     Slide Presentasi

    4.     Buku-buku referensi terkait

    5.     Artikel jurnal

    6.     Modul pembelajaran

    7.     Alat peraga pembelajaran

    8.     Artikel ilmiah

    9.     Video pembelajaran

    dosen-sejarah-kebudayaan-islam-di-mi
    Dr. H. Munawir, M.Ag.
    196508011992031005
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester