Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 28, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Psikologi Perkembangan Anak merupakan mata kuliah wajib yang membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai tahapan perkembangan anak usia Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Mata kuliah ini akan mengkaji berbagai teori dan konsep perkembangan anak dari perspektif Barat, Indonesia, dan Islam, sehingga mahasiswa memiliki wawasan yang komprehensif.

Melalui mata kuliah ini, mahasiswa belajar menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI sesuai dengan usia dan tahapan perkembangan mereka, berdasarkan standar pencapaian perkembangan yang berlaku. Pembelajaran akan menekankan pada integrasi teori-teori perkembangan dengan praktik pendidikan di SD/MI.

Selain itu, mata kuliah ini juga akan melatih mahasiswa dalam merancang dan mengaplikasikan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak, termasuk penggunaan media, alat penilaian, dan program stimulasi yang tepat. Mahasiswa juga akan mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, inovatif, serta menginternalisasi nilai-nilai humaniora dalam memahami dan menghadapi isu-isu perkembangan anak.

Lebih lanjut, mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk menganalisis secara komprehensif permasalahan-permasalahan khas yang dihadapi peserta didik SD/MI berdasarkan berbagai kajian literatur. Mahasiswa juga akan didorong untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan konteks perkembangan peserta didik SD/MI, dengan menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Konsep dasar Psikologi Perkembangan
    2. Konsep perkembangan dan pertumbuhan
    3. Karakteristik Perkembangan fisik
    4. Karakteristik  kognitif
    5. Karakteristik  sosial emosional
    6. Karakteristik  perilaku
    7. Karakteristik  bahasa dan komunikasi
    8.Karakteristik Perkembangan nilai moral
    9. Karakteristik peekembangan agama
    10. Kecerdasan multi

  • Pustaka
    1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjemah Arif Rakhman. Jakarta: Kencana.  2010.

    2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjemah Daryanto,  Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

    3. Bybee, Rodger W. Teaching Secondary School Science: Strategi for Developing Scientific Literacy Ninth Edition. United States America: Pearson, Merril Prentice Hall, 2008

    4. Charlesworth, Rosalind and Lind, Karen K. Math and Science For Young Children. New York, Delmar Publisher Inc, 1990.

    5. Charlesworth, Rosalind. Experiences in Math For Young Children: Fifth edition. Amerika: Weber University, 2012.

    6. Copeland & Messner. (2006). Using picture books to teach language arts standards in grades 3–5. London: Libraries Unlimited.

    7. Elizabeth B. Hurlock. 1997. Perkembangan Anak jilid 1. Jakarta : Erlangga,

    8. Gardner, Howard. Frames of Mind The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.

    9. Hurlock, E.B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima.

    10. Jackman, Hilda L. Early Education Curriculum: A Child’s Connection to the World. United States of America: WADSWORTH Cengage Learning. 2012

    11. Janette B. Benson & Marshall M. Haith. 2009. Language, memory, and cognition in infancy and early childhood. Oxford: Elsevier Inc.

    12. Santrock, John W. Life-span Development : Perkembangan Masa Hidup. Edisi 13. url :  https://bit.ly/2Fhj6A0

    LCD Proyektor, Video

    dosen-psikologi-perkembangan-anak
    Dr. Mukhoiyaroh, M.Ag
    197304092005012002
    dosen-psikologi-perkembangan-anak
    Dr. Husni Abdillah,, M.Pd.
    198612242015031003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester