Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 10, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas teori, konsep, dan prinsip dasar dalam Perencanaan Pembelajaran Pdi MI/SD. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori perencanaan pembelajaran di MI/SD yang relevan dengan kebutuhan pendidikan masa kini serta memperkenalkan berbagai pendekatan dan metode dalam pengembangannya. Mahasiswa akan diajak untuk memahami dan mendesain  perencanaan pembelajaran MI/SD dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam yang sesuai dengan perkembangan zaman dan tantangan pendidikan modern

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaraan
    2. Model-Model Perencanaan Pembelajaran
    3. Kebijakan Pengembangan  Perencanaan Pembelajaran
    4. Kurikulum Merdeka Belajar
    5.Pengembangan Perangkat Pembelajaraan (RPE, Prota, Promes, Modul Ajar, LKPD, Bahan Ajar, Penialain dan Modul P5PPRA)




  • Pustaka
  • 1. Arifin, Zainal. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    2. Brinkerhohoff, Robert O, et al. (1987). Program Evaluation, A Practitioner's Guide for Trainers and Educators,Source Book & Case Book. Boston: Klewer Nyhoff.

    3. Hamalik, Oemar. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    4. Hidayat,Sholeh. (2015). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

    5. Idi, Abdullah. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori&Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

    6. Mc Neil, Jhon D. (1990). Curriculum: A Comprehensive Introduction, Fourth Edition. Boston London England: Little Brown and Coorporation inc

    7. Oliva, Peter F. (1992). Developing The Curriculum. New York: Harper Collins Publisher.

    8. Sanjaya, Wina. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran:Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

    9. Soetopo, H.S. & Soemanto, W. (1993). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

    10. Sukmadinata, Nana S. (2011). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    11. Taba, Hilda. (1962). Curriculum Development: Theory and Practice. New York: Harcourt Brace and World Inc.

    12.Tyler, Ralph W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Istruction. London: The University of Chicago Press.  

    13.  Oemar, Hamalik. 2007. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem

    14.  Roetiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar

    15.  Santi, Mardiarti dkk. 2007. Buku Pembelajaran

    16.  W.Gulo. 2004. Strategi Belajar Mengajar

    17.  Wina, Sanjaya. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran

    18.  https://drive.google.com/drive/folders/1gfNpoTpAPqp2Uut0tPJP7YrBw_NTp3R5?usp=share_link

    Youtube tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran

    dosen-perencanaan-pembelajaran
    Nina Indriani, M.Pd.
    198810012020122018
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester