Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan praktik pengembangan kurikulum pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD). Fokus kajian meliputi landasan filosofis, psikologis, sosial, dan pedagogis dalam pengembangan kurikulum, serta analisis kebijakan kurikulum nasional. Mahasiswa dibekali kemampuan merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum yang berbasis pada kebutuhan peserta didik, perkembangan ilmu pengetahuan, serta nilai-nilai kebhinnekaan dan moderasi beragama. Mata kuliah ini juga menekankan pengintegrasian pendekatan inovatif dalam pembelajaran untuk mendukung kompetensi abad 21.
1. Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum
2. Fase-fase Pengembangan Kurikulum
3. Model-Model Pengembangan Kurikulum
4. Konsep Kurikulum Merdeka Belajar
5. Konsep Kurikulum Sekolah/Madrasah Inklusi
6. Modul Ajar
7. Modul P5-PPRA
Artikel Penelitian
Slide PPT
Modul Ajar dan Modul P5-PPRA MI/SD