Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 6, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan praktik pengembangan kurikulum pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD). Fokus kajian meliputi landasan filosofis, psikologis, sosial, dan pedagogis dalam pengembangan kurikulum, serta analisis kebijakan kurikulum nasional. Mahasiswa dibekali kemampuan merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum yang berbasis pada kebutuhan peserta didik, perkembangan ilmu pengetahuan, serta nilai-nilai kebhinnekaan dan moderasi beragama. Mata kuliah ini juga menekankan pengintegrasian pendekatan inovatif dalam pembelajaran untuk mendukung kompetensi abad 21.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum 
    2. Fase-fase Pengembangan Kurikulum 
    3. Model-Model Pengembangan Kurikulum
    4. Konsep Kurikulum Merdeka Belajar 
    5. Konsep Kurikulum Sekolah/Madrasah Inklusi
    6. Modul Ajar
    7. Modul P5-PPRA

  • Pustaka
  • Arifin, Zainal. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Brinkerhoff, Robert O, et al. (1987). Program Evaluation, A Practitioner’s Guide for Trainers and Educators, Source Book & Case Book. Boston: Klewer Nyhoff.
  • Hamalik, Oemar. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Hidayat, Sholeh. (2015). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Idi, Abdullah. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  • Mc Neil, Jhon D. (1990). Curriculum: A Comprehensive Introduction, Fourth Edition. Boston London England: Little Brown and Coorporation Inc.
  • Oliva, Peter F. (1992). Developing The Curriculum. New York: Harper Collins Publisher.
  • Sanjaya, Wina. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  • Soetop, H.S. & Soemanto, W. (1993). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Sukmadinata, Nana S. (2011). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Taba, Hilda. (1962). Curriculum Development: Theory and Practice. New York: Harcourt Brace and World Inc.
  • Tyler, Ralph W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instruction. London: The University of Chicago Press.
  • Artikel Penelitian 
    Slide PPT 
    Modul Ajar dan Modul P5-PPRA MI/SD

    dosen-pengembangan-kurikulum
    Nina Indriani, M.Pd.
    198810012020122018
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester