Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 9, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Pengelolaan pembelajaran ABK diharapkan memberikan bekal kepada mahasiswa dalam melakukan pengelolaan pembelajaran khususnya untuk ABK, membangun sikap menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, & kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain, serta mampu menerapkan pengelolaan pembelajaran inklusif di satuan pendidikan dasar secara kontekstual dan holistik.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Konsep Dasar Pengelolaan Pembelajaran Inklusi 
    2. Identifikasi dan Asesmen ABK
    3. Menyusun profil peserta didik ABK 
    4. Model Pembelajaran Individual di Sekolah Inklusi 
    5. Bahan ajar untuk Pembelajaran di Sekolah Inklusi
    6. Media  untuk Pembelajaran di Sekolah Inklusi
    7. Merancang dan menerapkan program intervensi pembelajaran di kelas inklusi pada sekolah/ Madrasah

  • Pustaka
  • 1 Sukadari, Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Kanwa Publisher), 2019. 
    2 Depdiknas, Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009, (Jakarta: Direktorat PPK-LK Pendidikan Dasar-Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2011). 
    3 Depdiknas, Prosedur Operasi Standar Pendidikan Inklusif, Identifikasi Anak Berkebutuhan  Khusus, (Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa- Direktorat Jenderal Mandikdasmen-Departemen Pendidikan Nasional, 2007).
    4 Direktorat PPK-LK Pendidikan Dasar Kemdikbud, 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Jakarta
    5 Farisia, Hernik. 2017. Strategi Optimalisasi Kemampuan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) melalui Program Pembelajaran Individual, Jurnal Selling Vol 3 No. 2
    6 Ni’matuzahroh, Nurhamida, Yuni. 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press
    7 Neelam Chauhan, Mr. Sudhira Mantry, Inclusive Education; Need of the Day (International Journal of Humanities and Social Science Invention (IJHSSI) ISSN (Online): 2319 – 7722, ISSN (Print): 2319 – 7714 www.ijhssi.org ||Volume 7 Issue 10 Ver. II ||October 2018 || PP 24-32)
    8 Marlina, 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif
    9 Murniati, Erni. Anastasia NZ. Pendidikan Inklusif di Tingkat Sekolah Dasar, JDP Vol. 9 No. 1
    10 Sri Winarsih, Hendra Jamal’s, Anisah Asiah, Ferial Hadipoetro Idris, Evita Adnan, Budi Prasojo, Ishak Tan, Ahmad Ari Masyhuri, Syafrizal, Syukur Madjid, Nirsantono Hasnul, Agus Riyanto, Lani Bunawan, Cicilia Rukiyah, dan Imbari Kusuma Sembada, Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping, Orang Tua, Keluarga, Dan Masyarakat, (Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 2013). 
    11 Hidayah, Nurul, et.all. 2019. Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus, Samudra Biru
    12 Handayani, Titik. Rahadian, AS. 2013. Peraturan Perundangan dan Implementasi Pendidikan Inklusif, Masyarakat Indonesia Vol. 39 No. 1
    13 Budiarti, Dwi. Sugiarto. 2018. Implementation of Inclusive Education of Elementary Schools: A case studi in Karangmojo Sub-District, Gunungkidul Regency, Journal of Education and Learning Vol. 12 No. 2 
    14 Mansur, Hamsi. 2018. Implementasi Pendidikan Inklusif, Pustaka Senja, Yogyakarta 
    15 Sigit Priatmoko, Strategi Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ar-Roihan Lawang dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 9 “Panglima Sudirman” Malang, (Tesis: Program Magister Pendidikan Agama Islam-Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2017).
    16 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas
    17 PP No. 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Penyandang Disabilitas

    1. Dokumen PPI
    2. PPT
    3. LCD
    4. Kertas Plano
    5. Spidol
    6. Post-it

    dosen-pengelolaan-pembelajaran-inklusi-pilihan-2
    Dr. Hernik Farisia, M.Pd.I
    198308082023212033
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester