Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 10, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa calon guru kelas MI untuk mampu mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran tematik di kelas rendah maupun kelas tinggi. Mahasiswa juga mampu memberikan pembelajaran yang holistik di kelas-kelas MI, membentuk pemahaman siswa yang lebih menyeluruh dan bermakna.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Konsep dan dasar pembelajaran tematik

    2. Kajian hasil penelitian tentang Pembelajaran tematik di MI

    3. Membuat tema dan pemetaan tema

    4. Analisis tema di MI kelas 1,2,3 (kelas rendah)

    5. Analisis tema di MI kelas 4,5,6 (kelas tinggi)

    6. Membuat jaring-jaring tematik

    7. Menyusun Prota dan promes tematik

    8. Menyusun silabus dengan pendekatan tematik

    9. Menyusun RPP tematik

    10. Melaksanakan pembelajaran tematik

    11. Mengevaluasi pembelajaran tematik

  • Pustaka
  • 1. Beane, J.A. (1997). Curriculum Integrated: Designing the Core of Democratic Education. New York: Teachers College, Columbia University.

    ·2. Beatty, B.J. (2009). Fostering Integrated Learning Outcomes Across Domains. Dalam Reigeluth, C.M. & Carr Cheliman A.A.(Ed.).  Instructional-Design Theories and Model. Volume III. New York: Routledge.

    3.  Blanck, JA. (1995) Curriculum Integration and Disipliner of Knowledge. Kappan: Phi Delta

    ·4.  Fogarty, R. (1991). How to Integrate the Curriculum. USA: IRI/Sky Publishing Inc.

    ·5.  Jacob, H.H., Ed. (1989). Interdisciplinary Curriculum: Design and Implementation. Alexandria, V.A.: ASCD.

    6.  Kovalik, S. J. (1999). Integrated Thematic Instruction; from Brain Research to Application. Dalam  Reigeluth C.M. (Ed.). Instructional-Design Theories and Models. Volume II.  Mahwah: Lawrence Eribaum Associates, Inc.

    7.  Meinbach, A.M., Rothlei, L., Fredericks, A.D. (1995). The Complete Guide to Thematic Units : Creating The Integrated Curriculum. Washington Street : Christopher-Gordon Publisher, Inc.

    8.  Miller, J.P. dan Seller, W. (1985). Curriculum: Perspectives and Practices. New York: Longman.

    ·9. Raka, T.J. (1996). Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

    ·10. Subroto, T.H. dan Herawati, I.S. (2004). Pembelajaran Terpadu. Materi Pokok PGSD. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

    11. Tim Pengembang PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar. (1996/1997). Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

    12. Harsiyati, Mikyal, et.al. 2019. Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/ SD. Yogyakarta: K. Media.

    13. Sulhan, Ahmad, et.al. 2019, Konsep Dasar Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD/ MI), FTK UIN Mataram

    14. Hidayah. Nurul. 2015. Pembelajaran tematik integratif di sekolah dasar. Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 2 Nomor 1 

    15. Sudana, Degeng, et.al. 2019. Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol. 4 No. 6.

    16. Monika Handayani. 2018. Developing Thematic-Integrative Learning Module with Problem-Based Learning Model for Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia Vol. 6 No. 2.

    LCD, PPT, Link internet, Buku guru, buku siswa, video

    dosen-pembelajaran-tematik
    Prof. Dr. Hj. Zumrotul Mukaffa, M.Ag.
    197010151997032001
    dosen-pembelajaran-tematik
    Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag.
    197312272005012003
    dosen-pembelajaran-tematik
    Dr. Sihabudin, M.Pd.I, M.Pd
    197702202005011003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :3
    • Durasi :1 Semester