Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 10, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang cara menganalisis, menjelaskan,  membelajarkan materi matematika MI dengan menggunakan berbagai model, pendekatan, strategi, metode dan teknik serta media pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan simulasi praktik mengajar pembelajaran matematika MI

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Bahan kajian pada mata kuliah ini sebagai berikut:
    1. Lima elemen konten matematika MI yang meliputi bilangan, aljabar, pengukuran, geometri, analisis data dan peluang.
    2. Lima elemen proses pembelajaran matematika yang meliputi penalaran dan pembuktian matematis, pemecahan masalah matematis, komunikasi, representasi matematis, dan koneksi matematis
    3. Literasi dan Numerasi
    4. Model, pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran matematika
    5. Media pembelajaran matematika
    6. Perangkat pembelajaran matematika
    7. Asesmen dalam pembelajaran matematika
    8. Praktik mengajar matematika MI

  • Pustaka
  • [1] Akker, Jan van den et al. 2013. Educational Design Research - Part A: An Introduction. Enchede: SLO Netherlands Institute for Curriculum Development
    [2] Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. L. 2001. A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives (Longman (ed.)).
    [3] AP Kurniawan, I Rofiki. 2021. Pantun Matematika: media untuk mengembangkan keterampilan literasi matematis mahasiswa melalui service learning. Pantun Matematika: media untuk mengembangkan keterampilan literasi matematis mahasiswa melalui service learning
    [4] AP Kurniawan, S Hartono. 2020. The effect of learning style on academic achievement of prospective teachers in mathematics education. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP) 2 (1), 26-31
    [5] Arends, Richard 1. 2009 L earning to Teach. Mo Graw-Hill
    [6] CA Yulianingrum, AP Kurniawan, A Lubab. 2020. Pengembangan perangkat pembelajaran model accelerated learning dengan strategi firing line untuk melatih disposisi matematis siswa. MUST: Journal of Mathematics education, science and Technology 5 (1), 39-50
    [7] Conklin, W. 2012. Higher Order Thinking Skills To Develop 21st Century Learners. Shell Education Publishing, Inc
    [8] E Viorika, AP Kurniawan, A Lubab. 2021. “LABIRIN MATEMATIKA” A DRILLING EDUCATIONAL GAME. ESTETIC: Education, Science, and Technology International Conference
    [9] Fitrianawati, Meita, dkk. 2022. Matematika untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemdikbudristek.
    [10] Freudental, Hans. 2002, Revisiting Mathematics Education. New York: Kluwer Academic Publisher
    [11] Glazer, Evan.M. Mc Connell, John W 2002, Real Math Everyday Use for Mathematies Concept London: Greenwood
    [12] Hobri, dkk. 2022. Matematika untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemdikbudristek.
    [13] KF Santoso, K Kusaeri, AP Kurniawan. 2021. Peningkatan motivasi dan koneksi matematis siswa SMP melalui pictorial riddle. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) 7 (1), 1-8
    [14] Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
    [15] Kurniawan, Agus Prasetyo, MT Budiarto, R Ekawati. 2022. Pengembangan Soal Numerasi Berbasis Konteks Nilai Budaya Primbon Jawa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika). UIN Sunan Ampel Surabaya.
    [16] Kurniawan, Agus Prasetyo. 2015. Strategi Pembelajaran Matematika. Surabaya: FTIK UIN Sunan Ampel Surabaya
    [17] Kurniawan, Agus Prasetyo. 2022. Modul 2 Strategi dan Teknik Pembelajaran Matematika. Malang: Education Quality Improvement Consortium (EQuIC) 
    [18] Kustandi, Cecep dan Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta Timur: Penada Media.
    [19] MA Purnomo, A Lubab, AP Kurniawan. 2022. Analysis of Students’ Mathematical Reasoning Abilities in Solving Linear Equation in Two Variables on Android Game Called Ganjaran. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA 12 (1), 108-119
    [20] Mendikbudristek. 2024. Keputusan Kepala BSKAP Nomor 032/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta.
    [21] Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2021. Paparan Pembelajaran Paradigma Baru. Jakarta: Kemendikbudristek
    [22] Susanto, Dicky, dkk. 2022. Matematika untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemdikbudristek.
    [23] Susanto, dkk. 2022. Matematika untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemdikbudristek.
    [24] Van de Walle, John. 2010. Elementary and Middle School Mathematics Teaching Development. Pearson
    [25] Wulan, Dara Retno, dkk. 2022. Matematika untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemdikbudristek.
    [26] Wulan, Dara Retno, dkk. 2022. Matematika untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan BSKAP Kemdikbudristek.
    [27] Yanti, AW, Budayasa, I K, Sulaiman,R, Kurniawan, AP, Maulidinah, S. 2021. Profile of concept shadows of students in solving mathematical problems viewed from learning style. AIP Conference Proceedings 2330.

    PPT
    Laptop
    LCD
    Alat Peraga Matematika

    dosen-pembelajaran-matematika
    Agus Prasetyo Kurniawan, M.Pd
    198308212011011009
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester