Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 10, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Deskripsi MK: Matakuliah ini membahas hakikat prinsip dan manfaat pembelajaran IPA, teori konstruktivisme dan absolutisme, integrasi nilai-nilai keislaman dengan konsep IPA MI, keterampilan proses sains, keterampilan berpikir sains, model pembelajaran IPA MI, fakta konsep dan prinsip dalam materi IPA MI, tujuan dan indikator pembelajaran IPA MI, komponen modul ajar, lembar kerja siswa, penilaian pembelajaran IPA MI, modul ajar IPA MI sehingga mahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan dan menyelenggarakan pembelajaran IPA  MI dengan mengintegrasikan keilmuan (agama dengan IPA) serta memanfaatkan teknologi informasi dengan penuh tanggung jawab


  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Hakikat, prinsip dan manfaat pembelajaran IPA
    2. Teori konstruktivisme dan absolutisme
    3. Integrasi nilai-nilai keislaman dengan konsep IPA di MI
    4. Keterampilan proses sains
    5. Keterampilan berpikir sains
    6. Model pembelajaran IPA MI
    7. Fakta, konsep dan prinsip dalam materi IPA MI
    8. Tujuan dan indikator pembelajaran IPA MI
    9. Modul ajar dan komponennya
    10. Lembar kerja siswa
    11. Penilaian pembelajaran IPA MI
    12. Modul ajar IPA MI

  • Pustaka
    1. How & Jones, 1992. How to Teach Children Science. McGraw Hill Company.
    2. Michael Hibbard, 1995. Performance Assessmetn in the Science Classroom, Glencoe McGraww Hill.
    3. Keith Skamp, (2004), Teaching Primary Science Constructively, Australia: Nelson Australia
    4. Brucr Joyce, Marsha Weil, Emily Calhoun. (2009). Models of Teaching. USA: Pearson
    5. Richard Jreba, et all. (2007). Learning and Assessing Science Process Skill.  Hunt Publishing Company
    6. Ginanto Dian, dkk. 2024. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi. Jakarta. Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
    7. Rizky, S. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
    8. Sufyadi, S. dkk. 2021. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja. Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
    9. Suhelayanti. Dkk. 2023. Pembelajaran IPA dan Sosial (IPAS). Langsa. Penerbit yayasan kita menulis.
    10. Keputusan Menteri Agama No. 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah.
    11. Keputusan Mendikbudristek No. 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka
    12. Indayati, T. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Metode Ilmiah untuk Penguasaan Konsep Lingkungan dan Perubahannya.  Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol 7 No 1


















    1. Laptop
    2. Referensi Buku Pembelajaran IPA 
    4. PPT
    5. LCD
    6 Video Pembelajaran IPA MI

    dosen-pembelajaran-ipa
    Tatik Indayati, M.Pd.
    197407172014112003
    dosen-pembelajaran-ipa
    Raden Syaifuddin,, M.Pd.
    197504072014111003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester