Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 9, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah mata kuliah inti Program studi untuk membekali mahasiswa terkait teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD khususnya materi Bahasa Indonesia.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Pemerolehan bahasa anak
    2. Pemerolehan bahasa dalam perspektif al-Qur’an
    3. Tahapan perkembangan bahasa anak
    4. Capaian pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum
    5. Konsep pembelajaran bahasa 
    6. Pendekatan pembelajaran bahasan
    7. Media pembelajaran bahasa
    8. Metode pembelajaran bahasa
    9. Membaca permulaan
    10. Menulis permulaan
    11. Perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia MI/SD
    12. Keputusan BSKAP No. 032 tahun 2024

  • Pustaka
  • 1.  Arnianti. 2019. Teori Perkembangan Bahasa, PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol.1, Nomor 1.
    2. Alwi, Hasan, dkk. 1993.  Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.  
    3.  Achmad Rofiudin dan Zucdhi Darmiyati. 1992. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Jakarta: Dikti.Chomsky, N. 1972. Language and Mind. New York : Harcourt Brace.
    4. Farisia, Hernik. 2022. Integrating the technology in teaching and learning process through digital media creation as a way to improve Indonesian EYL teachers’ competence, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7 (5). pp. 197-204. ISSN 2502-471X
    5. Farisia, Hernik & Amin Hasan. 2022, Modul pembelajaran literasi kelas awal Sekolah Dasar, Equic Indonesia 
    6. Farisia, Hernik & Raden Syaifudin. 2021. Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Teks Eksposisi Melalui Strategi Membaca Pemahaman SQ3R pada Siswa Kelas VII Mts Wachid Hasyim Surabaya, Jurnal PTK dan Kependidikan Vol 7 No. 2
    7. Hairuddin, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
    8. John Oates and Andrew Grayson. 2014. Cognitive and Language Development in Children. Walton Hall, Milton Keynes: The Open University  
    9. Muradi, Ahmad. 2018. Pemerolehan Bahasa dalam Perspektif Psikolinguistik dan Alquran, Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 7 No. 2., hal. 145-162
    10. Rosdiana, Yusi, dkk. Bahasa dan Sastra Indonesia di SD.Jakarta: Universitas Terbuka
    11. Solchan, T. W., dkk. 2009. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

    1. Contoh modul ajar Bahasa Indonesia
    2. materi presentasi PPT
    3. Flashcard untuk simulasi metode SAS dalam membaca.

    dosen-pembelajaran-bahasa-indonesia
    Dr. Hernik Farisia, M.Pd.I
    198308082023212033
    dosen-pembelajaran-bahasa-indonesia
    Juhaeni, M.Pd.I
    198607032018012002
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester