Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 13, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah prasyarat bagi mata kuliah strategi pembelajaran, media pembelajaran dan perencanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Di samping mahasiswa harus memahami materi bahasa Arab di MI mulai kelas I sampai kelas VI, mereka juga harus memahami dasar-dasar metodologi dan strategi pembelajaran Bahasa Arab, terampil menyusun RPP dan format evaluasinya serta harus mampu mengkritisi materi bahasa Arab di MI sesuai KI/KD-nya

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah ini adalah mahasiswa mampu menjadi guru bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah yang kreatif, inovatif, dan teruji secara ilmiah atau didukung dengan teori ilmiah dan mengembangkan pembelajaran bahasa Arab yang mudah bagi pemula

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Pengantar Perkuliahan Pembelajaran Bahasa Arab MI
    2.   Pengantar Prinsip-prinsip dasar pembelajaran bahasa Arab MI dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab (Sistem Belajar Cepat   Bahasa Arab untuk pemula)
    3.   Keterampilan berbahasa dan Metodologi Pembelajaran bahasa   Arab
    4.   Dasar-dasar Teori Pembelajaran Bahasa
    5.   Teori Pemerolehan Bahasa Kedua
    6.   Psikolinguistik dan Kecerdasan Berbahasa bagi pemula
    7.   Konsep dan Desain Pembelajaran Istima’, Kalam, Qira’ah dan Kitabah bagi pemula
    8.   Konsep dan Desain Pembelajaran Mufradat, Tarkib dan Qawaid bagi pemula
    9. Strategi Inovatif Pembelajaran Istima' dan Kalam bagi Pemula
    10. Strategi Inovatif Pembelajaran Qira’ah dan Kitabah bagi Pemula
    11. Strategi Inovatif Pembelajaran unsur-unsur bahasa Arab (Mufradat dan Qawaid) bagi Pemula
    12. KI, KD, Peta Konsep dan Analisis Buku Teks Bahasa Arab MI serta Perangkat Pembelajaran
    13. Media Pembelajaran Bahasa Arab MI dan Pengenalan Sistem Aplikasi dalam pembelajaran       bahasa Arab MI
    14. Penelitian tentang Pembelajaran Daring Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah

  • Pustaka
  • 1. Wajib

    1. Taufik, Buku Pembelajaran Bahasa Arab MI (Surabaya: SAP Press, 2016) (Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    2. Permendikbud dan Peraturan/Keputusan Menteri Agama (yang masih berlaku)
    3. Buku Pelajaran Bahasa Arab untuk MI (Kurikulum 2013)
    4. --------------, Pengembangan Aplikasi ArabEasy Berbasis Android untuk Belajar Cepat Bahasa Arab bagi Pemula, (Surabaya: Disertasi, Pascasarjana, 2021) (http://digilib.uinsby.ac.id/51333/(Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    5. ---------------,   ArabEasy, Aplikasi Android untuk Belajar Cepat Bahasa Arab bagi Pemula (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.arab.arabeasy(Integrasi Karya Dosen Pengampu)

     2. Anjuran

    1. Ahmad Salabi, Ta’limul Lhughah al-Arabiyah li Ghairil Arab, (Kairo: an-Nahdhah al-Mishriyyah, 1980)
    2. Abduurahman bin Ibrahim Fauzan, dkk, al-Arabiyah Baina Yadaik, (Riyad: Muassasah al-Waqfi al-Islami, 2003)
    3. Ali Ridla, al-Marji' fi  al-Lughah al-Arabiah  Nahwuha wa Sharfuha
    4. Fuad Nu’mah, Mulakkhos Qawaid al-Lughah al-Arabiyah, (Damaskus: Daril Hikmah, tt.)
    5. Mahmud Ismail Shini, Al-Qiraah al-Muyassaroh, (Riyad: Jamiah Malik Sauud, 1985)
    6. Hidayat, Buku Bahasa Arab MI Kelas IV-VI (Bandung: Toha Putra, 2009)
    7. J. Sudarminto (2002), Epistemologi dasar. Yogyakarta: Kanisius
    8. Studi Arab, Vol: 13 (2022) The Transformation of Arabic Learning Language Majors in High School, https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/3393 (Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    9. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab 3 (1), 28-44, http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/arabiyat/article/view/1766  (Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    10. Disertasi: Pengembangan Aplikasi ArabEasy untuk belajar cepat Bahasa Arab bagi pemula, http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51333 (Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    11. Video pembelajaran MLATS Arabic: https://www.youtube.com/channel/UC7qyNV1ehQMowErIiGD4kUg (Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    12. Jami’ah Muhammad ibn Saud, Silsilah Ta'lim al-Arobiyyah
    13. Keith Skamp, (2004), Teaching Primary Science Constructively, Australia: Nelson Australia
    Mahmud Ismail Shini, Al-Qiraah al-Muyassaroh, (Riyad: Jamiah Malik Sauud, 1985)
    14. Muhammad bin Ahmad bin Abdul Bari al-Ahdal, al-Kawakib adz-Dzurriyah, (Beirut: Muassasah al-Kutub ats-Tsaqafiyah, 1993)
    15. Musthofa al-Ghulayaini, ad-Durus al-Arabiyah, (Beirut: Maktabah al-Ashriyah, 1995)
    Sayyid Ahmad al-Hasyimi, al-Qawaid al-Asasiyyah lil Lughah al-Arabiyah, (Beirut: Darul Fikr, 1345 H)
    16. Taufik, ICT PEMBELAJARAN (Information & Communication Technology), (Surabaya: SAP Press, 2014) (Integrasi Karya Dosen Pengampu)

    1. LCD Proyektor
    2. Video Interaktif dan Youtube Pembelajaran
    3. Internet
    4. Artificial intelligence (AI)

    dosen-pembelajaran-bahasa-arab-di-mi
    Dr. Taufik, M. Pd. I
    197302022007011040
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester