Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

September 3, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Manajemen MI/SD (CDS16036) adalah mata kuliah 3 SKS yang menerapkan pendekatan Outcome-Based Education (OBE). Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam mengelola madrasah ibtidaiyah (MI) dan sekolah dasar (SD) secara efektif. Materi yang dibahas mencakup teori dan praktik manajemen pendidikan, mulai dari manajemen kurikulum, peserta didik, tenaga pendidik, keuangan, hingga hubungan sekolah dengan masyarakat. Mahasiswa juga akan mempelajari kepemimpinan pendidikan, supervisi, dan sistem informasi manajemen. Tujuannya adalah untuk membekali calon guru kelas MI/SD agar mampu mengambil keputusan manajerial, menyelesaikan masalah, dan mengembangkan mutu pendidikan secara mandiri dan bertanggung jawab.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Konsep dasar manajemen pendidikan  (kelompok 1)
    2. Manajemen pendidikan MI/SD (kelompok 2)
    3. Manajemen Kurikulum Pendidikan MI/SD (kelompok 3)
    4. Manajemen Peserta Didik di Sekolah MI/SD (kelompok 4)
    5. Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan MI/SD (kelompok 5)
    6. Manajemen Sarana dan Prasarana (Sarpras) MI/SD (kelompok 6)
    7. Manajemen Keuangan Pendidikan MI/SD  (kelompok 7)
    8. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat MI/SD  (kelompok 8)
    9. Kepemimpinan pendidikan SD/MI (kelompok 9)
    10. Supervisi pendidikan di sekolah MI/SD  (kelompok 10)
    11. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMP) MI/SD (kelompok 11)
    12. Manajemen mutu Pendidikan (MMP) SD/MI (kelompok 12)
    13. Manajemen Akreditasi SD/MI (kelompok 13)

  • Pustaka
  • A.  Daftar Pustaka 

    1. Buku 

    • A.Gorton, School administration,  New Jersey:Prentice Hall,Inc
    • Angela M Thomas, Coaching For Staff Development, Kanisius, 2006
    • Bush, Tony & Coleman, Marianne. 2008. Manajemen Strategis: Kepemimpinan Pendidikan. Diterjemahkan oleh: Fahrurrozi. Jogiakarta: IRCiSod
    • Dadang Suhardan, 2006, Supervisi Bantuan Profesional: Meningkatkan Mutu Pembelajaran, Bandung: Mutiara Ilmu.
    • E,  Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2005, Cet. Ke-5.
    • Edward Sallis, 2010. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Yogyakarta: Ircisod
    • Hanief S. G., 2008, Manajemen Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi di Indonesia: Suatu Analisis Kebijakan, Jakarta: Bumi Aksara.
    • Jerome S. Arcaro, 2007, Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip dan Tata Langkah Penerapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
    • Kindred, Lesli W; Bagin,Don;Gallagher,Donald R.1976.School Community Relations.New Jersey:Prentice Hall,Inc
    • M. Ngalim Purwanto, 2000, Administrasi dan Supervisi Pendidikan,Bandung: Remaja Rosdakarya.
    • Made Pidarta, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, PT Bumi Aksara  cetaka ke 2 1999
    • Muhaimin, dkk., 2009, Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, Jakarta: Kencana.
    • Muhroji,H. & Fathoni, Ahmad. 2006. Manajemen Pendidikan. Surakarta: Program Akta Mengajar, FKIP-UMS.
    • Mulyana, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
    • Mulyasa, Menjadi Guru Profesional; Menciptakan pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, (Bandung: Rosdakarya, 2005), hal. 61..
    • N.A. Ametembun, 1981, Supervisi Pendidikan, Bandung: Suri.
    • Nana Syaodih Sukmadinata, 2006, Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah: Konsep, Prinsip, & Instrumen, Bandung: Refika Aditama.
    • Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
    • Omar H. Malik. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
    • Robbins, Stephen P. & Mary Coulter. 2010. Manajemen. Edisi Sepuluh. Erlangga.
    • Rohiat. 2008. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.
    • Rusman, 2009. Manajemen Kurikulum. Seri II; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
    • Saebani, Beni Ahmad. 2012. Filsafat Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.
    • Sagala, Syaiful. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat: Manajemen Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta: PT Nimas Multima.
    • Soetopo, Hendyat. 2004. Manajemen Pendidikan: Manajemen Proses,  Manajemen Substansi, Manajemen Konflik. Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
    • Subari, 1994, Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
    • Sudarwan Danim, 2006, Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik, Jakarta: Bumi Aksara.
    • Supervision: Special Methods for the Supervision of Teachers. New York: Holt, Rinehart and Winston.Harris, Ben M.. 1975. Supervisory Behavior in Education. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
    • Syaiful Sagala, Adiministrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2005.
    • Terry, George R. Terry,  Principles of Management, Ontario: Richard D. Irwin. Inc, 1997.
    • Tilaar, H,A.R. 2003. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
    • Tim Dosen UPI, 2009, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
    • Usman, Husaini, Manajemen: teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010
    • Veithzal Rivai & Sylviana Murni, 2009, Education Management: Analisis Teori dan Praktek, Jakarta: Rajawali Press.
    • Wijayanto, Dian. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
    • Zainal Arifin. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

     B.     Jurnal hasil penelitian

    • Sholihin, E. N. C., Bafadal, I., & Sunandar, A. (2018). Pengelolaan Persiapan Akreditasi  Sekolah. Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(4), 171– 178.
    • Soedjono. (2012). Pengembangan Model Penyelenggaraan Akreditasi Sekolah Menengah Atas di Kota Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 1(2). https://doi.org/10.26877/jmp.v1i2.267
    • Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan  Aplikasinya. Kabupaten Aceh Besar: Media Nusa Creative.
    • Wraga, W. G. (2013). Dogma, democracy, and education. In Experiencing Dewey: Insights for Today’s Classroom, Second Edition. https://doi.org/10.4324/9780203765081 

    C.      Regulasi


    Media pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini meliputi:

    •  Proyektor dan Papan Tulis: Digunakan untuk menampilkan modul, skenario pembelajaran, dan materi presentasi.
    • Laptop dan PowerPoint (PPT): Digunakan untuk presentasi materi oleh dosen maupun mahasiswa.
    • Dokumen dan Regulasi: Dokumen Kurikulum, regulasi terkait, dan instrumen akreditasi digunakan sebagai bahan analisis.
    • Jurnal/Artikel Ilmiah: Digunakan sebagai sumber rujukan untuk analisis dan pembahasan mendalam.
    • Studi Kasus, Video, dan Contoh: Contoh program kesiswaan, laporan keuangan, profil kepala sekolah inspiratif, serta demo aplikasi SIM Pendidikan digunakan untuk memperkaya pemahaman praktis.

    dosen-manajemen-misd
    Dr. Mukhlishah AM, M.Pd.
    196805051994032001
    dosen-manajemen-misd
    Ahmad Fauzi, M.Pd
    197905262014111001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester