Mata kuliah ini membahas konsep dasar dan penerapan pembelajaran Bahasa Jawa di tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek Bahasa Jawa, seperti unggah-ungguh, etika Jawa, syiir tembang, penulisan aksara, budaya Jawa, serta teknik pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini. Mata kuliah ini dirancang untuk melatih mahasiswa agar mampu memahami dan menyelesaikan permasalahan pembelajaran Bahasa Jawa dengan pendekatan interaktif, saintifik, dan berbasis masalah.
1. Unggah-Ungguh Bahasa Jawa (Ngoko dan Kromo)
2. Etika Jawa (Wedi, Isin, Sungkan; Srawung, Grapyak, Nrima; Etika mencari jodoh; Etika dalam pertemanan; Etika kepada orang tua dan guru)
3. Syiir Tembang Jawa (Penjelasan dan Contoh Syiir Tembang Jawa)
4. Penulisan Aksara Jawa (Praktek Menulis dan Membaca Aksara Jawa)
5. Weton Jawa (Weton Pernikahan, Kelahiran, Nama, Pindah Rumah)
6. Wayang (Wayang Garing, Wong, Suket, Kulit Betawi, Wong Sriwedari)
7. Budaya Jawa (Kesenian Khas Jawa, Senjata Tradisional, Slametan, Kenduren, Kupatan, Muludan, Ragam Kuliner Jawa)
8. Ujian Tengah Semester (UTS)
9. Parikan Bahasa Jawa (Parikan Ngoko dan Krama; Parikan Acara Formal dan Santai; Parikan untuk Guru/Dosen, Pasangan, dan Teman)
10. Lagu/Musik Berbahasa Jawa (Lagu Daerah dan Pop Berbahasa Jawa)
11. Problematika Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar (Analisis Artikel dan Kasus Nyata)
12. Model Pembelajaran Bahasa Jawa (Pendekatan Kontekstual dan Holistik)
13. Teknik Pembelajaran Bahasa Jawa (Interaktif, Tematik, dan Kolaboratif)
14. Media Pembelajaran Bahasa Jawa (Penggunaan Teknologi dan Bahan Ajar)
15. Artikel tentang Pembelajaran Bahasa Jawa (Metode Penulisan dan Presentasi)
16. Ujian Akhir Semester (UAS)
1. Wardhanika, E., Tryanasari, D., & HS, A. K. (2022, August). Pembelajaran bahasa jawa sebagai muatan lokal di sekolah dasar. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 481-485).
2. Amien, A. R. P. (2021). Media Pembelajaran mengenai kosakata bahasa jawa krama untuk anak sd berbasis animasi motion graphic. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(2), 185-194.
3. Azhar, R. F. (2024). GAME PENGENALAN BAHASA JAWA KRAMA BERBASIS DESKTOP (Doctoral dissertation, Politeknik Harapan Bersama).
4. Endryanti, E. R., Roekhan, R., & Wijayati, P. H. (2020). Ayo Sinau Basa Jawa: Bahan Digital Penunjang Pembelajaran Kosakata Bahasa Jawa Berbasis Multimedia (Doctoral dissertation, State University of Malang).
5. Pradana, H. L., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa (Ambarawa) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 797-807.
1. Whiteboard
2. Proyektor
3. PowerPoint (PPT)
4. Video
5. Media Digital
6. Aplikasi