Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan teknik evaluasi pembelajaran yang relevan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD). Mahasiswa akan mempelajari berbagai pendekatan evaluasi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga analisis hasil evaluasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Fokus utama mencakup evaluasi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta penggunaan berbagai instrumen dan teknik penilaian autentik sesuai dengan karakteristik peserta didik MI/SD.
1. Konsep dasar evaluasi pembelajaran
2. Tujuan Evaluasi pembelajaran
3. Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran
4. Domain yang di evaluasi dalam proses pembelajaran (ranah/domain kognitif, psikomotor, dan afektif)
5. Teknik penilaian tes dan non tes
6. Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan Penilaian Acuan Normatif (PAN)
7. Pengembangan instrumen penilaian tes dan nontes di MI/SD
8. Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Pembeda
9. Penggunaan Software untuk mengolah data hasil Belajar
Software Anates, Rasch Model,dan SPSS