Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 9, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan teknik evaluasi pembelajaran yang relevan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD). Mahasiswa akan mempelajari berbagai pendekatan evaluasi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga analisis hasil evaluasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Fokus utama mencakup evaluasi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta penggunaan berbagai instrumen dan teknik penilaian autentik sesuai dengan karakteristik peserta didik MI/SD.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Konsep dasar evaluasi pembelajaran
    2. Tujuan Evaluasi pembelajaran
    3. Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran
    4. Domain yang di evaluasi dalam proses pembelajaran (ranah/domain kognitif, psikomotor, dan afektif)
    5. Teknik penilaian tes dan non tes
    6. Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan Penilaian Acuan Normatif (PAN)
    7. Pengembangan instrumen penilaian tes dan nontes di MI/SD
    8. Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Pembeda
    9. Penggunaan Software untuk mengolah data hasil Belajar

  • Pustaka
  • 1. Djaali dan Pudji Muljono. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
    2. Fitzpatrick, Jody L., James R. Sanders, dan Blaine R. Worthen. 2004. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. Boston: Pearson Education, Inc
    3. Forster, Margaret, dan Masters, G. (1996). Performance Assessment Resource Kit. Camberwell, Melborne: The Australian Council for Educational Research Ltd.
    4. Grounlund, Norman E dan Linn, Robert L (1990). Measurement and Evaluation in Teaching London: Macmillan Publishing Company
    5. Hill, B.C., dan Ruptic, C.A. (1994). Practical Aspects of Authentic Assessment: Putting the Pieces Together. Norwood: Christopher-Gordon Publishers, Inc

    6. Patton, Michael Quinn. "Overview: Language Matters". New Directions for Evaluation Volume 2000 Issue 86. November 2004
    7. Scriven, Michael. "The Intellectual Dimensions of Evaluation Research". makalah yang dipresentasikan dalam Northwest Research and Evaluation Conference. Seattle. 1976
    (http:// www.google.co.id/Michael.Scriven/ The.Intellectual.Dimensionsof.Evaluation+Research).
    8. Smith, M. F. "Evaluation Utilization Revisited". New Directions for Program Evaluation Volume 1988 Issue 39. November 2004
    9. Stufflebeam, Daniel L., dan Anthony J. Shinkfield. 1986. Systematic Evaluation: A Self-Instructional Guide to Theory and Practice. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing
    10. Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
    11. Wiersma, William, dan Stephen G. Jurs. 1990. Educational Measurement and Testing. Massachusetts

    Software Anates, Rasch Model,dan SPSS

    dosen-evaluasi-pembelajaran
    Dr. Sihabudin, M.Pd.I, M.Pd
    197702202005011003
    dosen-evaluasi-pembelajaran
    Nina Indriani, M.Pd.
    198810012020122018
    dosen-evaluasi-pembelajaran
    NUR ROMDLON MASLAHUL ADI, M.Pd.
    199303092020121012
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :3
    • Durasi :1 Semester