Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 9, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah administrasi pendidikan inklusif mempelajari konsep dasar, landasan, pelaksanaan, kurikulum, penilaian, pelaporan, ketenagaan, dan sarana-prasarana pendidikan inklusif

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Konsep Dasar Pendidikan Inklusi
    2. Landasan Pendidikan Inklusi
    3. Konsep Dasar  Administrasi Sekolah/ Madrasah Inklus
    4. Administrasi Model Kurikulum Inklusi 1
    5. Administrasi Model Kurikulum Inklusi 2
    6. Adminstrasi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Sekolah/ Madrasah Inklusi
    7. Administrasi Peserta Didik Sekolah/ Madrasah
    8. Administrasi Sarana Dan Prasarana Sekolah Sekolah /Madrasah Inklusi
    9. Administrasi Pembiayaan Di Sekolah/Madrasah Inklusi
    10. Administrasi penilaian di sekolah/madrasah inklusi
    11. Monitoring Dan Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah Inklusi
    12. Studi Lapangan Administrasi Sekolah/Madrasah Inklusi
    13. Ekpose Hasil Studi Lapangan Administrasi Sekolah/Madrasah Inklusi

  • Pustaka
    1. Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra No. 86 Th. XXV Desember 2013, 1-10.
    2. Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan Belajar; Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
    3. Astuti, I. (2011). Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi. Malang : Bayumedia Publishing.
    4. Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yohyakarta: Psikosain.
    5. Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Communication.
    6. Magdalena, I. (2020). Desain Pembelajaran Sekolah Dasar. CV Jejak: Jawa Barat.
    7. Muhammad, J. K. (2008). Special Education For Special Children: Panduan Pendidikan Khusus Anak-Anak dengan Ketunaan dan Learning Disability. Bandung: Mizan Media Utama.
    8. Sembiring, R. L. (2020). Pembinaan Anak berkebutuhan Khusus (Sebuah Prespektif Bimbingan dan konseling). Medan: Yayasan Kita Menulis.
    9. Somantri, T. S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.
    10. Widyastuti, A. (2019). 77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya. Jakarta: PT Elex Media.
    11. Wijaya, D. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
    12. Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.
    13. Jati Rinakri Atmaja, Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019), Cet. 2
    14. Khoiriyah;, Anizar Ahmad ;,Dewi Fitriani, Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1),  Agustus 2016
    15. Mutmainah, Motivasi Belajar Siswa Slow Learner, Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, Volume 3, No. 2, 2017.
    16. Nurul Hidayati Rofiah, Penerapan Metode Pembelajaran Peserta Didik Slow Learner, Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran No. 2, 1 Oktober 2017
    17. Peraturan Menteri pendidikan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan Dan Memiliki Potensi Kecerdasan Dan/Atau Bakat Istimewa.
    18. Peraturan Gubenur Jawa Timur Nomor. 30 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Provinsi Jawa Timur
    19. Nuraini Nuraini, Administrasi Pembelajaran Di Kelas Inklusi Dan Kelas Klasifikasi journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/604/472
    20. Imam Yuwono, indikator Pendidikan inklusif, Zifatama Jawara, 2017

    1. Smart TV
    2. Lembaga Pendidikan

    dosen-administrasi-sekolah-inklusi-pilihan-2
    Ahmad Fauzi, M.Pd
    197905262014111001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester