Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 20, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas konsep teoritis dan praktik dalam perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi kurikulum pengajaran bahasa Inggris di berbagai konteks pendidikan, termasuk lembaga pendidikan formal (prasekolah, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MAN/SMK/MAK), non-formal, dan informal. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan memahami komponen utama dalam perkembangan dan pengembangan kurikulum pembelajaran bahasa Inggris dengan mengombinasikan konsep/teori dengan data lapangan. Mahasiswa juga akan didorong untuk mendokumentasikan temuan mereka secara mandiri, bermutu, dan terukur, dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran, disiplin, tanggung jawab, kepedulian, kesantunan, serta sikap solutif dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, mahasiswa akan dilatih untuk mengembangkan bagian dari kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran bahasa Inggris dengan menerapkan pendekatan berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Mereka akan diajak untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran, merancang tujuan kurikulum, memilih materi ajar yang relevan, serta menyusun strategi pembelajaran dan asesmen yang sesuai. Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan kebijakan pendidikan serta kebutuhan pembelajaran di berbagai tingkat dan jenis lembaga pendidikan.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Initiation and Planning
    2. Curriculum Design and Development
    3. Curriculum Review and Assurance 

  • Pustaka
  • 1.    Brown, J. D. (1995). The elements of language curriculum: A systematic approach to program development. Heinle & Heinle.
    2.    Nation, I. S. P., & Macalister, J. (2010). Language curriculum design. Routledge.
    3.    Richards, J. C. (2001). Curriculum development in language teaching. Cambridge University Press.
    4.    Brown, H. D. (2001). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy (2nd ed.). Longman.
    5.    Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (n.d.). Retrieved from https://kurikulum.kemdikbud.go.id (Regulasi, CP, TP, ATP, Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Panduan Pembelajaran Berdiferensiasi, Panduan P5)
    6.    Rakhmawati, Imaniar, F. (2024). Secondary School English Teachers’ Viewpoints towards the Implementation of Kurikulum Merdeka. 13(1), Indonesian Journal of English Teaching, 89-96
    7.    Agustina, M., Sutrisno, B., & Hidayati, H. (2022). Mobile learning applications for enhancing critical thinking abilities in evaluation, reasoning, and conclusion formulation. Educational Technology Research and Development, 70(4), 155–169.
    8.    Bağ, B. C., & Gürsoy, E. (2021). Critical thinking and its importance in English Language Teaching (ELT) curriculum integration. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(1), 45–60.
    9.    Fatmawati, N. (2021). Panduan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. International Journal of Curriculum and Instruction, 15(1), 260–271.
    10.Nurasiah, A., et al. (2022). Developing the Pancasila student profile in the Merdeka Curriculum framework. Indonesian Journal of Curriculum and Instruction.
    11.Nold, H. (2017). Developing critical thinking skills in language education. Innovation in Language Learning and Teaching, 11(1), 1–15.
    12. Rakhmawati, Imaniar (2023). Laporan Pengabdian Masyarakat https://drive.google.com/file/d/1ER_x3Ql2ejaI3nhzslqZodKZptTHj9-0/view?usp=drive_link
    13. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen: Edisi revisi 2022. Diakses dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/03/Buku-Model-Pengembangan-Pembelajaran-Berdiferensiasi
    14. Kementerian Agama Republik Indonesia. (2022). Panduan pengembangan kurikulum operasional madrasah. Diakses dari https://sikurma.kemenag.go.id/upload/file_info/2__Kirim_Panduan_Pengembangan_KOM_Pada_Madrasah_%2826..
    15. Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip pengembangan pembelajaran berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada kurikulum fleksibel sebagai wujud merdeka belajar: Naskah akademik. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diakses dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/arsip/Buku-Nasmik-ISBN.pdf
    16. Tululi, I. (2024). Naskah akademik pembelajaran mendalam (deep learning). Diakses dari https://www.imrantululi.net/read/173/kumpulan-materi-kurikulum-merdeka-dan-contoh-contoh-format
    17. https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/5010317055769-Contoh-Modul-Ajar
    18.  https://drive.google.com/file/d/19oGJoM-O61X0_asvycUNlDJBuazRgYoX/view?usp=sharing

    Video Pembelajaran/Sumber Belajar:
    1.    Sejarah kurikulum Indonesia https://www.youtube.com/watch?v=KxI_O99-NXk
    2.    Goals & Objectives (Bloom’s Taxonomy)  https://drive.google.com/file/d/1MYlg-qjzoZtNrPyl5t9GC9fSQuoYR475/view?usp=sharing
    3.    Prota Promes https://www.youtube.com/watch?v=FhNXaqsGjJE
    4.    Testimoni Service Learning https://drive.google.com/file/d/19oGJoM-O61X0_asvycUNlDJBuazRgYoX/view?usp=sharing


    1. LMS: Google classroom & Sinau
    2. Video Pembelajaran: YouTube
    3. Platform interaktif: Quizziz, Mentimeter
    4. Website:
    5. Presentasi: PowerPoint, Canva
    6. Buku ajar dan jurnal: (terlampir pada pustaka)
    7. Google document & Google sheet

    dosen-english-language-teaching-curriculum
    Rakhmawati, M.Pd
    197803172009122002
    dosen-english-language-teaching-curriculum
    Fahmy Imaniar, S.Pd., M.Pd
    199410082020122019
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester