Mata kuliah ini membahas tentang fenomena psikis dalam pendidikan dan pembelajaran. Konsep dasar belajar dan perubahannya ditilik dari berbagai aliran dalam Psikologi. Beberapa teori dasar Psikologi yang melandasi belajar dianalisis dalam mata kuliah ini dengan mengaitkan dengan pembelajaran bahasa Inggris. Mata kuliah ini juga membahas motivasi belajar, kecerdasan majemuk dan perbedaan individu dalam belajar. Teori Psikologi dalam Pendidikan ini dimaksudkan untuk pijakan dalam memberikan solusi dalam belajar khususnya belajar bahsa Inggris.
1. Konsep Dasar Psikologi Pendidikan
2. Belajar dan Perilaku Belajar
3. Perkembangan dan Pertumbuhan
4. Teori Perkembangan dan macamnya
5. Teori belajar Perilaku
6. Perkembangan
Emosi (Teori Erikson) dan Regulasi Diri pada peserta didik
7.Teori
Belajar Sosial Bandura
8. Teori
belajar Vygotsky & Piaget
9.Teori
belajar humanistik
10.Kecerdasan
majemuk menurut Gardner dalam pendidikan
11. Motivasi Akademik pada Anak Sekolah: Intrinsik vs. Ekstrinsik (Teori Deci &Ryan)
12.Perkembangan
Moral Menurut Teori Kohlberg dan Implikasinya dalam Pendidikan
1. Masganti Sit, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini , 2015, Medan, Perdana Publishing.
2. Agoes Dariyo, Psikologi Perkembangan Dewasa Muda, 2013, Jakarta, Grasindo
3. Hurlock, E. B. 2013. Child Development. Terj. Med. Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga.
4. Santrock, J. W. 2007. Child Development. Terj. Mila Rachmawati, Anna Kuswanti. Jakarta: Erlangga.
5. Saleh, Nur Hasbuna Saleh, Hamidah Sulaiman, Sigit Purnama, Andi Holilulloh, dan Laily Hidayati. 2020. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Pengasuh Anak Lintas Budaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
6. Piaget, Jean. The Moral Judgment of the Child. 1948
7. Santrock, John W. Life-span Development : Perkembangan Masa Hidup. Edisi 13.
Referensi Pendukung
8. Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahannya
LCD Proyektor, PPT, Video