Mata kuliah ini ditujukan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan evaluasi, mengembangkan instrumen penilaian, melakukan analisis hasil penilaian pembelajaran Bahasa Inggris sesuai dengan kaidah evalusi yang valid, reliable, akuntabel dan transparan. Kegiatan pembelajaran akan berupa penguatan materi dari mata kuliah Language Testing and Assessment yang telah diberikan pada semester sebelumnya melalui overview. Mahasiswa kemudian akan melakukan kegiatan asistensi mengajar yang memberikan kesempatan mereka untuk secara langsung mempraktikkan konsep dan teori asesmen pembelajaran pada konteks nyata sekolah. Dengan demikian akan terbentuk keterampilan mereka dalam merancang, melakukan dan mengevaluasi asesmen pembelajaran melalui experiential learning. Penugasan akan diberikan dalam bentuk proyek.
Construct and Model of Assessment
Asmiyah, S., Safriyani, R., & Sampurnawati, A. (2022). Authenticating Assessment through the Integration of Islamic Values in Project-Based Assessment. ELITE Proceeding, 1(1), 147-162.
Fulcher, G. & Harding (ed). (2022). The Routledge handbook of language testing. 2nd ed. New York: Routledge.
Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language testing and assessment: An advanced resource book. Oxon: Routledge.
Gitsaki, C & Combie, C. (2016). Current Issues
in Language
Evaluation,
Assessment
and Testing:
Research and Practice. Newcastle: Cambridge Scholars Publishing. 978-1-4438-8590-4-sample.pdf
Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA. (2025) Pedoman pelaksanaan asistensi mengajar tahun akademik 2024/2025.
Safriyani, R. (2019). Designing a Computer Based Test Version of a Vocabulary Test. Journal of English Language Teaching and Islamic Integration, 2(02), 185-205.
Safriyani, R. (2012). “Portfolio as an Authentic Assessment in Teaching
English for Young Learners”, Jurnal PGMI Madrasatuna. Vol. 04, No. 0
Language assessment resources | TeachingEnglish | British Council
SEALC_Preworkshop_Introduction-to-Language-Assessment-and-Tes-Design_Final.pdf
MODUL 1
PPT
Video