Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

February 3, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Wasail Ta`lim al-Lughah al-Arabiyah merupakan salah satu matakuliah prasyarat PLP 1, Microteaching, dan PLP 2/Asistensi Mengajar. Materi Wasail Ta`lim al-Lughah al-Arabiyah ini akan memberikan gambaran dan pelatihan pada mahasiswa tentang bagaimana mengenal, memilih, menggunakan, mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab dan membuat alat bantu pembelajaran bahasa Arab. 


  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Materi perkuliahan meliputi; pengertian media pembelajaran dan dasar penggunaannya, pengenalan beberapa jenis media pembelajaran bahasa Arab, kriteria pemilihan media pembelajaran bahasa Arab, pembuatan alat bantu pembelajaran sederhana dan penggunaannya, pengelolaan sumber belajar, pembuatan dan penggunaan media pembelajaran bahasa Arab berbasis ICT, konsep perpustakaan dalam pembelajaran bahasa Arab, konsep lingkungan sebagai pusat sumber belajar dan media pembelajaran bahasa Arab, konsep media berbasis komputer, internet, dan AI, konsep permainan bahasa sebagai media dan strategi pembelajaran bahasa Arab, serta konsep evaluasi media pembelajaran bahasa Arab.

  • Pustaka
  • Umi Hanifah, Artikel Jurnal Hasil Penelitian Diosen PBA FTK UIN Sunan Ampel tentang: “Profesionalisme Dosen Bahasa Arab dalam Penggunaan Media Pembelajaran” pada At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah Volume 2 No. 2 http://repo.uinsatu.ac.id/31182/1/At%20Tajdid%201.pdf#page=97

    Hasil Service Learning Pengabdian Mahassiwa dan Dosen PBA FTK UIN Sunan Ampel Surabaya di Madrasah (MTs dan MA) Wilayah Surabaya dan Siodarjo Tahun 2021, 2022, dan 2023 terkait Media Pembelajaran dan Bahan Ajar

    Umi Hanifah, Artikel Jurnal Hasil penelitian Dosen PBA FTK UIN Sunan Ampel tentang “Online Learning System for Arabic Teacher Professional Education Program in the Digital Era” pada Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Volume 14 No 1 http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/article/view/11321 Tahun 2022

    Umi Hanifah, Syafi’I, Ida Miftakhul Jannah, Artikel Prosiding Hasil Penelitian Dosen PBA FTK UIN Sunan Ampel tentang “Inovasi model pembelajaran bahasa Arab dalam merespon pandemi Covid-19” pada المؤتمر الدولي الثالث لقسم اللغة العربية والدراسات الإسلامية كلية التربية – جامعة عين شمس Tahun 2021 http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2155/

    Umi Hanifah, Artikel Jurnal Hasil Penelitian Dosen PBA FTK UIN Sunan Ampel dan Mahasiswa tentang “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19 pada Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 No 2 Tahun 2020 https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/%20view/142 

    Umi Hanifah, Artikel Jurnal Hasil Penelitian Dosen PBA FTK UIN Sunan Ampel tentang “Penerapan Model PAIKEM dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab” pada At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah Volume 5 No 2 Tahun 2016 https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/36

    Umi Hanifah, Artikel Hasil Penelitian Dosen PBA FTK UIN Sunan Ampel tentang “”أهمية الألعاب اللغوية في تعليم اللغة العربية pada At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah Volumen 1 No 2 http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2182/

    Umi Hanifah, Buku Ajar Karya Dosen PBA FTK UIN Sunan Ampel dengan Judul “Media pembelajaran bahasa Arab” diterbitkan UIN Sunan Ampel Press, Surabaya; ISBN: 9786021089910

    Umi Hanifah, Artikel Jurnal Hasil Penelitian Dosen PBA FTK UIN Sunan Ampel tentang “Fun Arabic Learning through Songs Media” pada Tanwir Arabiyyah: Arabic As Foreign Language Journal Volume 1 No 2 Tahun 2021 https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/aflj/article/view/2873

    Umi Hanifah dan Wardatul, Artikel Jurnal Karya Mahasiswa dan Dosen PBA FTK UIN Sunan Ampel dengan judul “TATHBȊQ WASȊLAH AL-TA'LIM" POWTOON" FȊ TARQIYYATI MAHᾹRAH AL-‎ QIRᾹ'AH”‎ pada Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Volume 4 No 1 Tahun 2021 https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-miyar/article/view/362

     Umi Hanifah, Ida Miftakhul Jannah. Artkikel Dosen FTK PBA UIN Sunan Ampel dengan Judul “The Implementation of Mind Mapping in Arabic Speaking skills for University Students” pada Jurnal Lisanudhad: Jurnal Bahasa, Pembelajaran, dan Sastra Arab Volume 10 No.2. Tahun 2023. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=11430586719859175552&btnI=1&hl=id

    Umi Hanifah, Ali Mudlofir,, Nadia. Artikel Dosen dan Mahasiswa dengan Judul “تأثیر استخدام وسائل لعبة المنوبولي (Monopoli) لتطوّر كفاءة المفردات الطلاب” pada Konferensi Nasional Bahasa Arab dan Pembelajarannya di Era Milenial tahun 2022. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=15079498544607600704&btnI=1&hl=id

    Ikhlasul Amal Alallah, Umi Hanifah, M. Baihaqi. Artikel karya Mahasiswa dan Dosen PBA FTK UIN Sunan Ampel dengan judul “Tatbiq Thoriqotu at-Tal'ibi Gamifikasi bi Istihdami Kahoot fi Ta'limi al-Sarfi litarqiyyati Maharatul al-Qira'ati” pada Jurnal Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab UIN SATU Tulungagung Volume 11 No.2  Tahun 2023. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=4338608227421004976&btnI=1&hl=id

    Ine Inayah, Ayu Widya, Lina Afifah, Umi Hanifah, Khoirul Anam. Artikel Karya Mahasiswa, Dosen, dan Guur Pamong PBA FTK UIN Sunan Ampel dengan Judul “Implementation of Picture Description Method through Picture Banner Media in Arabic Language Learning” pada Jurna al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab Volume 15 No.2 Tahun 2023. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=5046373329539815120&btnI=1&hl=id

    Umi Hanifah, Afifuddin Dimyati, Nur Risma. Artikel Prosiding Nasionak Karya Dosen dan Mahasiswa dengan Judul: تطبيق وسيلة التعليم" أدوبي فلاش" في ترقية مهارة الكلام pada Konferensi Nasional Bahasa Arab dan Pembelajarannya di Era Milenial tahun 2022. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=7408498341726634013&btnI=1&hl=id

    Smaldino, S.E., Lowther, D.L., Russell, J.D. and Mims, C., Instructional technology and media for learning.

    Al-Qassimi, Ali. (al-Wasa’il al-Ta’limiyyah

    Shiniy, Muhammad Isma’il, dan Abdullah, Umar Shodiq. (1984). Al-Mu’inat al-Bashariyah fi Ta’lim al-Lughah. Riyadh: Jami’ah Malik Su’ud.

    Muhammad Yusuf, Mahir Isma’il Shobry. Min al-Wasa’il al-Ta’limiyah ila Tehnolojiya al-Ta’lim. Riyadh: Maktabah Syuqr

    Heinich, R., Molenda, M., Russel, J.d., & Smaldino, S.E. (2002). Instructional Media and Technology for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Inc

    Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

    Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

    Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

    Rohani, Ahmad. Media Instruksional Edukatif, Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

    Sadiman, Arief S., Raharjo, Anung Haryono, dan Rahardjito. (2002). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan,  dan Pemanfaatannya, Cetakan Kelima. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT. Raja Grafindo Persada dalam rangka ECD Project (USAID).

    Nana Sudjana, Teknologi Pembelajaran.

    Azhar Arsyad, Media Pendidikan.

    Shalah Abdul Majid al-Araby, Ta’lim al-Lughah al-Hayyah baina al-Nadhariyyah wa al-Tathbiq.

    Soeprayitno, Seleksi dan Pemanfaatan Media.

    Sudjarwo, Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar, Teknologi Pendidikan.

    Nana Sudjana, Ahmad Rivai, Teknologi Pengajaran.

    M. Tjoen dan Pardede, Perpustakaan di Indonesia.

    Nasution, Teknologi Pendidikan.

    Musthafa Badran, dkk., al-Wasail al-Ta’limiyah, Kairo: Maktabah al-Nahdliyah al-Mishriyah.

    Muh Hasan Bakala, al Teknolojiyah al-Lughawiyah dll…

    Umi Hanifah, Media Pembelajaran Bahasa Arab. Surabaya: PMN.

     

    Laptop, Android, Natebook, Proyektor, Web: LMS Google Class Room, SINAU, Google Meet, Zoom Meeting, Whatsapp Group, Youtube Channel, dan lain-lain

    dosen-wasail-talimlugho-al-arabiyah
    Dr. Umi Hanifah, M.Pd.I
    197809282005012002
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester