Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 29, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pendidikan yang diberikan sebelum mahasiswa mengmbil mata kuliah micro teacing PLP 1 dan PLP 2. mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa menguasai konsep-konsep teoritis tentang komponen-komponen pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing serta mampu melaksanakan pembelajaran di kelas, memecahkan masalah yang timbul yang mencakup  metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa

      

 


  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Pengantar awal materi dan Kontrak Perkuliahan
    2. Konsep dasar Pendekatan, strategi, metode, dan Teknik
    3. Konsep dasar pendekatan Audio lingual
    4. Konsep dasar pendekatan Humanistik
    5. Konsep dasar pendekatan berbasis Media
    6. Konsep dasar pendekatan analitik dan non analitik
    7. Strategi pembelajaran Istima’ dan Kalam
    8. Strategi pembelajaran Qiro’ah dan kitabah
    9. Metode Qiro’ah
    10. Metode Gramatika tarjamah
    11. Metode mubasyaroh
    12. Metode syam’iyyah syafahiyyah 
    13. metode komunikatif  dan metode Shomita
    14. Metode Istijabah Jasadiyyah

  • Pustaka
    1. Susilo, B.(2021). Metode Inovatif dalam pembelajaran Bahasa. Bandung: Alfabeta.
    2. Hidayat, M. T. (2022). Strategi Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Kencana
    3. Brown, H. D. (2023). Principles of Language Learning and Teaching (7th ed.). Boston: Pearson.
    4. Al-Makshum, F. (2022) . Metodologi Pembelajaran modern. Surabaya: erlangga
    5. Brown, H. D. (2023). Principles of Language Learning and Teaching (7th ed.). Boston: Pearson
    6. Jones, R., & Smith, T. (2022). Language Teaching Strategies for the Modern Classroom. New York: Routledge
    7. Rahman, A. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana
    8. Hidayat, M. T. (2022). Pendekatan Audio dalam Pendidikan Bahasa. Bandung: Alfabeta
    9. Jones, R., & Smith, T. (2023). Innovative Teaching Methods. New York: Routledge
    10. Susilo, B. (2021). Pengantar Pendidikan Bahasa Arab. Bandung: Alfabeta
    11. Al-Makshum, F. (2022). Metodologi Pembelajaran Modern. Surabaya: Erlangga
    12. Hidayat, M. T. (2022). Strategi Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Kencana
    13. Hidayat, M. T. (2019). Pendekatan dan Model Pembelajaran Kontemporer. Surabaya: Erlangga
    14. Rahman, A. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana
    15. Susilo, B. (2021). Metode Inovatif dalam Pembelajaran Bahasa. Bandung: Alfabeta
    16. Jones, R., & Smith, T. (2022). Language Teaching Strategies for the Modern Classroom. New York: Routledge
    17. Rahim, A. (2020). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: PT. Gramedia.
      Fatimah, N. (2021). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Bandung: Penerbit Alfabeta
    18. Al-Jabari, M. (2019). Analytical vs. Non-Analytical Approaches in Teaching Arabic. Cairo: Dar al-Kutub.
      Al-Sabah, A. (2020). Methods in Language Teaching: Theory and Practice. Riyadh: King Saud University Press
    19. Aziz, A. (2022). Strategi Pembelajaran Istima’ dan Kalam. Surabaya: Pustaka Ilmu.
      Habib, A. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Amanah
    20. Al-Hashimi, K. (2021). Teaching Listening and Speaking in Arabic. Dubai: Al-Qalam Press.
      Zahrani, F. (2020). Listening and Speaking in Arabic: Strategies and Techniques. London: Routledge
    21. Sulaiman, M. (2020). Metode Pembelajaran Qiro’ah dan Kitabah. Jakarta: Rajawali Pers.
    22. Latifah, A. (2022). Pengajaran Bahasa Arab: Teori dan Praktik. Malang: Bayumedia. 
      Al-Fahd, T. (2022). Teaching Reading and Writing in Arabic. Cairo: Al-Nashr al-Arabi.
    23. Abu Zaid, N. (2019). Strategies for Teaching Qira'ah and Kitabah in Arabic. Oxford: Oxford University Press
    24. Kurniawan, E. (2021). Metode Mengajar Qiro’ah dalam Bahasa Arab. Medan: Pustaka Ilmu.
      Mutiara, D. (2020). Pembelajaran Qiro’ah dalam Kurikulum Bahasa Arab. Jakarta: RajaGrafindo
    25. Al-Turki, S. (2020). Methods of Teaching Qira'ah in Arabic. Jeddah: Dar al-Ma'arif.
      Hussein, Z. (2019). Arabic Reading Methodologies. London: Cambridge University Press
    26. Purnama, R. (2021). Gramatika Tarjamah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Surakarta: Penerbit Intan.
      Kurniawati, T. (2022). Teori dan Praktik Gramatika dalam Pembelajaran Arab. Bandung: Pustaka Aksara
    27. Al-Qarawi, A. (2020). Grammar Translation Method in Arabic Teaching. Cairo: Dar al-Ma'arif.
      James, H. (2021). Grammar and Translation in Language Teaching. New York: Springer
    28. Faisal, A. (2022). Metode Mubasyaroh dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana.
      Dini, Z. (2020). Penerapan Metode Mubasyaroh. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru
    29. Al-Sha'arawi, M. (2020). Mubasyaroh Method in Arabic Teaching. Riyadh: Al-Maktabah al-Ilmiyyah.
      Sultan, R. (2021). Direct Communication in Arabic Language Teaching. Cairo: Al-Dar al-Misriyah
    30. Ibrahim, H. (2023). Metode Syam’iyyah dan Syafahiyyah dalam Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Pustaka Cendekia.
      Farida, R. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab: Syam’iyyah dan Syafahiyyah. Surabaya: Pustaka Ilmu
    31. Al-Nasr, M. (2022). Oral and Aural Methods in Teaching Arabic. Beirut: Dar al-Fikr
    32. Aminah, L. (2020). Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Penerbit Salemba.
      Zain, H. (2023). Metode Shomita dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Penerbit Eliz
    33. Al-Rahman, F. (2021). Communicative Approach in Arabic Teaching. Cairo: Al-Qalam.
      Shawqi, A. (2020). Shomita Method in Arabic Language Learning. Riyadh: Al-Maktabah al-Jam’iyyah
    34. Nur, S. (2021). Istijabah Jasadiyyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Penerbit Karya Abadi.
      Yuniar, P. (2022). Pendekatan Fisik dalam Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: Pustaka Pendidikan
    35. Hafez, M. (2022). Body Language and Communication in Teaching Arabic. Oxford: Oxford University Press

    Ppt, Mind mapping, buku, Laptop, Proyektor, Perpustakaan

    dosen-taroiq-talimlugho-al-arabiyah
    Ida Miftakhul Jannah, M. Pd.I
    198008062014112003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester