Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 7, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dasar evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang mencakup hakikat, tujuan, prinsip, dan jenis evaluasi. Mahasiswa akan memahami berbagai teknik dan instrumen evaluasi baik formatif maupun sumatif yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, termasuk evaluasi empat keterampilan berbahasa: istima’ (menyimak), kalam (berbicara), qira’ah (membaca), dan kitabah (menulis). Selain itu, mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan merancang, menyusun, dan menganalisis butir soal serta mengevaluasi hasil pembelajaran secara komprehensif sesuai dengan standar penilaian pendidikan.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Hakikat Taqwim wa Ikhtibar
    Tujuan, fungsi, dan prinsip evaluasi
    Jenis-jenis evaluasi
    Evaluasi dalam domain kognitif, afektif, dan psikomotorik
    Karakteristik dan prinsip penyusunan instrumen evaluasi
    Penyusunan kisi-kisi dan pembuatan soal
    Validitas tes
    Reliabilitas tes
    Analisis butir soal kualitatif dan kuantitatif
    Evaluasi istima’ (menyimak)
    Evaluasi kalam (berbicara)
    Evaluasi qira’ah (membaca)
    Evaluasi kitabah (menulis)
    Laporan hasil Evaluasi

  • Pustaka
  • Abdurrahman, D. (2015). Evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Kencana.
    Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara.
    Asmawi, M. R. (2022). Strategi evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Rajawali Pers.
    Bachman, L. F., & Palmer, A. S. (1996). Language testing in practice: Designing and developing useful language tests. Oxford University Press.
    Baihaqi, M. (2009). Evaluasi pembelajaran MI. PT. Revka Petra Media.
    Brown, H. D. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. Pearson Education.
    Hughes, A. (2003). Testing for language teachers (2nd ed.). Cambridge University Press.
    Madsen, H. S. (1983). Techniques in testing. Oxford University Press.
    Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. BPFE Yogyakarta.
    Oller, J. W. Jr. (1979). Language tests at school: A pragmatic approach. Longman.
    Syaifudin, A. (2017). Teknik evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Pustaka Pelajar.
    Syah, M. (2020). Evaluasi pembelajaran bahasa Arab: Teori dan aplikasinya. Prenada Media.

    1. PowerPoint atau Google Slides
    Digunakan untuk menyajikan materi teori secara sistematis dan visual selama perkuliahan. Membantu mahasiswa memahami konsep seperti jenis-jenis evaluasi, prinsip penilaian, dan teknik pembuatan soal.
    2. Handout dan Modul Digital
    Berisi ringkasan materi dan contoh soal. Mahasiswa bisa menggunakan media ini sebagai pegangan saat diskusi kelompok maupun tugas mandiri.
    3. Learning Management System (LMS)
    Platform seperti Moodle, Google Classroom, atau SPADA digunakan untuk:
    Mengunggah materi, tugas, dan forum diskusi
    Melakukan kuis online
    Memberikan umpan balik terhadap hasil tugas mahasiswa
    4. Aplikasi Evaluasi dan Pembuatan Soal
    Kahoot, Quizziz, atau Google Forms: Untuk membuat kuis formatif secara interaktif.
    Hot Potatoes: Untuk membuat latihan dan tes berbasis web.
    5. Contoh Lembar Soal dan Rubrik Penilaian
    Mahasiswa dapat belajar menganalisis dan menyusun soal serta melakukan evaluasi menggunakan contoh soal, kisi-kisi, dan rubrik penilaian baik dari guru maupun lembaga resmi.
    6. Audio & Video Pembelajaran Bahasa Arab
    Untuk praktik evaluasi keterampilan istima’ (menyimak) dan kalam (berbicara). Misalnya:
    Audio percakapan berbahasa Arab untuk latihan evaluasi menyimak
    Video presentasi atau dialog untuk evaluasi berbicara
    7. Kartu Soal dan Flashcards
    Digunakan dalam simulasi kelas untuk melatih mahasiswa menyusun soal objektif dan subjektif secara kreatif dan variatif.
    8. Lembar Analisis Butir Soal (Item Analysis Sheet)
    Media untuk melatih mahasiswa menghitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal.
    9. Rubrik Penilaian Autentik
    Berupa tabel yang digunakan untuk mengevaluasi portofolio, proyek, penilaian diri, dan peer-assessment—media ini penting untuk praktik penilaian alternatif.

    dosen-taqwimwaikhtibar
    H.M. Baihaqi, MA. Ph.D
    197402202003121004
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester