Deskripsi Mata Kuliah: Microteaching Pendidikan Bahasa Arab (Al-Ta'lim al-Mushaghghar)
Mata kuliah Microteaching Pendidikan Bahasa Arab (Al-Ta'lim al-Mushaghghar) bertujuan membekali mahasiswa dengan keterampilan mengajar yang efektif, inovatif, dan sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku. Mahasiswa akan mempelajari teori dan praktik pengajaran, termasuk penyusunan perangkat pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, serta strategi pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif.
Microteaching menjadi wadah bagi calon guru untuk melatih keterampilan mengajar sebelum terjun langsung ke kelas nyata. Mata kuliah ini membantu mahasiswa dalam memahami regulasi kurikulum yang berlaku, termasuk Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, serta integrasi Profil Pelajar Pancasila & Pelajar Rahmatan lil Alamin dalam pembelajaran bahasa Arab.
Tujuan, deskripsi, urgensi, Sequence perkuliahan, evaluasi dalam perkuliahan, sumber-sumber belajar, tata tertib perkuliahan Al-Ta'lim al-Mushaghghar (Microteaching) pada Prodi PBA, 8 Keterampilan Dasar Mengajar, Regulasi Kurikulum yang berlaku, Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, serta Profil Pelajar Pancasila & Pelajar Rahmatan lil Alamin , perangkat pembelajaran yang digunakan guru bahasa Arab selama pembelajaran, keterampilan guru dalam memfasilitasi belajar siswa aktif, keterampilan guru dalam mengelola kelas, Aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran, hasil kerja siswa, dan macam-macam permasalahan dan solusinya yang ada dalam pembelajaran di kelas, Memiliki kemampuan dalam menyusun perangkat pembelajaran bahasa Arab yang meliputi: RPP Kurikulum 2013 dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk Mapel Bahasa Arab tingkat MTs dan MA, Memiliki kemampuan praktik mengajar mandiri menggunakan Kurikulum 2013 baik yang meliputi menyusun RPE, PROTA, PROMES, SILABUS, ATP, dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka, mempraktikkan keterampilan dasar mengajar; strategi dan metode mengajar aktif, inovatif, kreatif &; dan penilaian/asesmen/evaluasi pembelajaran yang relevan, membuat video praktik mengajar dan menyusun jurnal reflektif
Pedoman Microteaching Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya 2023, 2024.
Feiman-Nemser, Sharon. "From Preparation to Practice: Designing a Continuum to Strengthen and Sustain Teaching." Teachers College Record Teachers College Rec 103.6 (2001): 1013-055. Web[U1]
Lampert, Magdalene, and Filippo Graziani. "Instructional Activities as a Tool for Teachers' and Teacher Educators' Learning." The Elementary School Journal 109.5 (2009): 491-509. Web
Horn Iliana Seidel. “Teaching Replays, Teaching Rehearsals, and Re-visions of practice: Learning from Colleagues in a Mathematics Teacher Community.” TeachersCollegge Record Volume 112, Number 1 Januari 2010, pp, 2225-259
Umi Hanifah. 2021. “engembangan Microteaching Model Rehearsal & Lesson Study Melalui LMS Berbasis Web bagi Mahasiswa Calon Guru Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya” Disertasi. Prodi Studi Islam. Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.
Umi Hanifah, “mplementation of Fully Online Microteaching Model to Improve the Teaching Competence of Arabic Language Pre-Service Student Teachers”, Jurnal Alsinatuna Vol 8 No. 2. https://e-journal.uingusdur.ac.id/index.php/alsinatuna/article/view/6829
KMA 183 dan 184 tahun 2019
Contoh TP, ATP, dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Madrasah, oleh Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI 2022
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/PP5_2021.pdf
Ruang Microteaching, Ruang Observer, Kamera Observasi Praktik mengajar, Projektor, Lap Top, HP, Sound System, Microphone, Papan Tulis, dan semua media manula dan berbasis IT yang relevan