Mata kuliah ini membahas konsep dasar pengembangan kurikulum dan perencanaan pembelajaran dalam konteks pendidikan bahasa Arab. Mahasiswa akan mempelajari teori dan prinsip pengembangan kurikulum, pendekatan dalam desain pembelajaran, serta analisis kurikulum dalam berbagai kebijakan pendidikan di Indonesia, termasuk Kurikulum-Kurikulum sebelum Kurikulum Merdeka. Selain itu, mata kuliah ini juga mengajarkan teknik penyusunan perangkat pembelajaran seperti silabus,RPP,/modul ajar yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan berbagai pendekatan, model, dan metode pembelajaran inovatif yang mendukung efektivitas pembelajaran bahasa Arab di sekolah/madrasah serta memahami asesmen pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Melalui diskusi, analisis, dan praktik, mahasiswa akan memperoleh keterampilan dalam menyusun dan mengembangkan kurikulum yang meliputi perangkat pembelajaan yang relevan dengan kebutuhan pendidikan bahasa Arab di era digital.
tujuan, deskripsi, urgensi, proses perkuliahan, evaluasi dalam perkulkiahan, sumber-sumber belajar, serta peranan dan fungsi mata kuliah Pengembangan Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran bahasa Arab pada Prodi PBA, Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan, Kurikulum 2013 sebagai pengembangan Kurikulum sebelum lahirnya Kurikulum Merdeka, Kurikulum Merdeka, Regulasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamain (P5P2RA) dalam Kurikulum Merdeka, Asesmen dalam Kurikulum Merdeka, Pendekatan Pembelajaran (Deep Learning dan Pembelejaran Berdiferensiasi), Model Pembelajaran dan Sintaksnya, Metode pembelajaran dan Macamnya, serta Landasan pemilihan pendekatan, model, dan metode pembelajaran dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Teknik Penyusunan Materi Ajar dan Penyiapan Media Pembelajaran Bahasa Arab dalam Rencana Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka (MODUL AJAR) dan cara menyusunnya.
A. Daftar Buku Referensi
1. Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya. 2007
2. Sari, Evi Catur. "Kurikulum di Indonesia: Tinjauan perkembangan kurikulum pendidikan." Inculco Journal of Christian Education 2.2 (2022): 93-109.
3. Rosnaeni, Rosnaeni, et al. "Model-Model Pengembangan Kurikulum di Sekolah." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4.1 (2022): 467-473.
4. Suherman, Ayi. Implementasi Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD. Indonesia Emas Group, 2023.Buku Guru dan Buku Siswa Bahasa Arab Kurikulum 2013
5. Sovinah, Nurul, Ratna Sari, and Risti Maulidaini. Pengembangan kurikulum. CV. DOTPLUS Publisher, 2022.
6. Mulyasa, H. E. Implementasi kurikulum 2013 revisi: dalam era industri 4.0. Bumi Aksara, 2021.
7. Permendikbud No 22 tahun 2016
8. KMA 183 dan 184 Tahun 2019
9. Puspita, Yanti, and Cucu Atikah. "Analisis Perubahan Kebijakan Pendidikan Dari Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka." Jurnal Pengelolaan Pendidikan JUNI 4.1 (2023): 09-21.
10. Nurhasanah, Ana, Reksa Adya Pribadi, and M. Dapid Nur. "Analisis kurikulum 2013." Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 7.02 (2021): 484-493.
11. Pratycia, Angel, et al. "Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka." Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3.01 (2023): 58-64.
12. Wibowo, Fatih Rizqi. "Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013." Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2.1 (2016): 49-60.
13. Uzza, Hamzah Usaid. "Studi komparasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa Arab di madrasah." Jurnal Ilmu Tarbiyah 2.1 (2023): 91-108. http://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/JIT/article/view/30
14. Nashrullah, Muhammad, and Mirwan Akhmad Taufiq. "Analisis buku bahasa Arab pegangan guru dan siswa kelas XI kurikulum 2013." TSAQOFIYA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 3.1 (2021): 16-25.
15. Ramah, Sutri, and Miftahur Rohman. "Analisis buku ajar bahasa Arab Madrasah Aliyah kurikulum 2013." Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab 2.2 (2018): 141-160.
16. Mulyasa, H. E. Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara, 2023.
17. Muin, Abdul, et al. "Pengembangan Kurikulum Merdeka." (2022).
18. Pratiwi, Wiwik, Sholeh Hidayat, and Suherman Suherman. "Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini." JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal 10.1 (2023).
19. Efendi, Irwan, Sri Murhayati, and Zaitun Zaitun. "Model Inovasi Pengembangan Kurikulum Merdeka." At-Tajdid: Journal of Islamic Studies 2.4 (2022): 196-203.
20. Indarta, Yose, et al. "Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4.2 (2022): 3011-3024.
21. Alimuddin, Johar. "Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar." Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 4.02 (2023): 67-75.
22. Anggraini, Divana Leli, et al. "Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka." Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 1.3 (2022): 290-298.
23. Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, and Netty Heriwati Henrika. "Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar." Prosiding Pendidikan Dasar 1.1 (2022): 80-86.
24. Lubis, Syamsidah. "Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI)." TA'DIBAN: Journal of Islamic Education 4.2 (2024): 49-56.
25. Ibrahim, Ibrahim, et al. "Implementasi Kurikulum Merdeka." PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6.1 (2024).
26. Alami, Yasni, and Dudun Najmudin. "Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah." Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5.1 (2023): 43-61.
27. Irmawan, Dodi, Ahmad Mulyadiprana, and Muhammad Rijal Wahid Muharram. "Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SD Negeri Pasirjeungjing." Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3.02 (2023): 287-301.
28. Arofah, Monika Sari, Abdul Azis, and Agus Zaenul Fitri. "Analisis Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah." Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan 4.1 (2024): 77-87.
29. Anggraini, Renni, Ahmad Suriansyah, and Novitawati Novitawati. "Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan PAUD di Kota Banjarmasin." Journal of Education Research 5.3 (2024): 3514-3524.
30. Hasil Penelitian 2018 tentang: Peningkatan profesionalisme mahasiswa calon guru bahasa Arab dalam menyusun dan mengembangkan RPP melalui mata kuliah Pengembangan Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel dalam Jurnal Al-Bayan : http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/article/view/3539
31. Umi Hanifah Dkk. “Developing Pre-Service Arabic Teachers’ Competence in Implementing Kurikulum Merdeka through Curriculum Development CourseKepmendikbudristek No.56 ttg Pedoman Penerapan Kurikulum merdeka” LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature Vo;. 8 No.1 Halaman 1-19. Tahun 2024. https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/lisania/article/view/761.
32. KMA 420 Tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah
33. SK Dirjen Pendis 3302 Tahun 2024 ttg Capai Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah
34. BSKAP-2024 Panduan Pembelajaran dan Asesmen PAUD dan Dikmen 2024
35. Ali, Enjang Yusup, and Dalia Susilawati. "Analisis Kesulitan Guru dalam Mengembangkan CP, TP, dan ATP pada Modul Ajar di Sekolah Dasar." Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 10.1 (2025): 304-308.
36. Pama, Violeta Inayah, et al. "Analisis CP, Penyusunan CP Menjadi TP, TP Menjadi ATP, dan Pembelajaran Berdiferensiasi Di SDIT Babul Huda Siak Hulu." Al-Umm: Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat 1.2 (2024): 50-56.
37. Ali, Enjang Yusup, and Dalia Susilawati. "Analisis Kesulitan Guru dalam Mengembangkan CP, TP, dan ATP pada Modul Ajar di Sekolah Dasar." Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 10.1 (2025): 304-308.
38. Panduan_Pengembangan P5 dan_PPRA: Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pednis Kemenag R! 2022
39. Bskap-2024 Panduan Pengembangan KSP 2024
40. Nur'aini, Siti. "Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) Dalam Kurikulum Prototife Di Sekolah/Madrasah." Jurnal Pedagogy 16.1 (2023): 84-97.
41. Panduan Pengembangan P5 Edisi revisi 2024: BSKAP- KEMENDIKBUD R1
42. Dimensi-elemen-subelemen-Profil-Pelajar-Pancasila-pada-Kurikulum-Merdeka
43. Buku_Saku_Penyusunan_Perangkat_Ajar-_Modul_Ajar
44. Efriani, Arvin, et al. "Asesmen dalam Kurikulum Merdeka." Penerbit Mifandi Mandiri Digital 1.01 (2024).
45. Budiono, Arifin Nur, and Mochammad Hatip. "Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka." Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 8.1 (2023): 109-123.
46. Darwin, David, Endry Boeriswati, and Fathiaty Murtadho. "Asesmen Pembelajaran Bahasa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa SMA." Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 12.2 (2023): 25-36.
47. Supriyadi, Supriyadi, et al. "Penyusunan instrumen asesmen diagnostik untuk persiapan kurikulum merdeka." Journal of Community Empowerment 2.2 (2022): 67-73.
48. Mujiburrahman, Mujiburrahman, Baiq Sarlita Kartiani, and Lalu Parhanuddin. "Asesmen pembelajaran sekolah dasar dalam kurikulum merdeka." Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1.1 (2023): 39-48.
49. Ningrum, Mardhiyati, and Rima Andriani. "Kurikulum merdeka belajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah." EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 5.1 (2023): 85-100.
50. Ambarita, Jenri, M. Pd K. PITRI SOLIDA SIMANULLANG, and Penerbit Adab. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab, 2023.
51. Atmojo, Idam Ragil Widianto, et al. Pembelajaran Berdiferensiasi (Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). CV Pajang Putra Wijaya, 2024.
52. Trisnani, Novy, et al. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. PT. Mifandi Mandiri Digital, 2024.
53. Sigalingging, Ropin. Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka The Differentiatiated Classroom. Tata Akbar, 2023.
54. Jauhari, Muhammad Nurrohman, et al. "PELATIHAN DEEP LEARNING BAGI GURU SLB: LANGKAH MENUJU PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI ASISTIF DAN PEMBELAJARAN ADAPTIF." Kanigara (2025): 54-60.
55. Fauzi, Muhammad Ali Rif’an, Siti Alfiyana Azizah, and Isma Atikah. "Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan." Jurnal Teknologi Pendidikan 1.1 (2023): 10-10.
56. Hariyanti, RA Mustika. "DEEP LEARNING PADA PEMBELAJARAN “ENGKONG BANJIT”: BEST PRACTICE DARI P5RA MIN 2 BANJIT, WAY KANAN." Sinergi Aksi Inovasi Budaya Menulis Inspiratif 2.2 (2024): 90-101.
57. Yudistira, Eng Novanto, and S. Kom. Deep Learning: Teori, Contoh Perhitungan, dan Implementasi. Deepublish, 2024.
58. Novaliendry, Dony, S. Kom, and M. Kom. Deep Learning Untuk Pemula Jilid 1. Penerbit CV. SARNU UNTUNG, 2023.
59. Raup, Abdul, et al. "Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran." JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5.9 (2022): 3258-3267.
60. Siagian, Amalia Alfina, et al. "Urgensi Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiah (MI)." Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1.12 (2023).
61. TP, ATP DAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH “BAHASA ARAB” Direktorat KSKK MADRASAHA DITJEND PENDIS 2022
62. Hanifah, Umi, et al. "Accelerating the digitalisation of learning post-COVID-19 era to improve the pedagogical competence of pre-service Arabic teachers." Cogent Education 11.1 (2024): 2413241.
63. Maulida, Utami. "Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka." Tarbawi 5.2 (2022): 130-138.
64. Salsabilla, Irmaliya Izzah, Erisya Jannah, and Juanda Juanda. "Analisis modul ajar berbasis kurikulum merdeka." Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia 3.1 (2023): 33-41.
65. Sitepu, Ekalias Noka. "Media Pembelajaran Berbasis Digital." Prosiding Pendidikan Dasar 1.1 (2022): 242-248.
66. Setiawan, Rahmat, et al. "Pengembangan modul ajar kurikulum merdeka mata pelajaran bahasa Inggris SMK kota Surabaya." Jurnal Gramaswara 2.2 (2022): 49-62.
67. Maulida, Utami. "Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka." Tarbawi 5.2 (2022): 130-138.
68. Salsabilla, Irmaliya Izzah, Erisya Jannah, and Juanda Juanda. "Analisis modul ajar berbasis kurikulum merdeka." Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia 3.1 (2023): 33-41.
Laptop, Proyektor, LMS Google Classroom, SINAU, Papan Tulis, Internet, HP, dan semua media pembelajran lain yang dapat dimanfaatkan baik manual mauoun berbasisi IT