Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 16, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Teori-teori Belajar Bahasa membahas berbagai pendekatan dan teori yang menjelaskan bagaimana manusia memperoleh, memproses, dan menggunakan bahasa. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar pemerolehan bahasa pertama dan kedua, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Pengertian Belajar dan Pembelajaran, Hakekat Belajar dan pembelajaran
    2. Prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran Bahasa, Belajar bahasa pada anak dan orang dewasa, Pemerolehan bahasa dan Pembelajaran Bahasa, Faktor-faktor pendukung pembelajaran dan pemerolehan bahasa.
    3. Karakteristik belajar peserta didik, Bentuk karakteristik belajar peserta didik
    4. Kemampuan Awal Peserta didik
    5. Multiple Intelegent dan pemanfaatannya dalam pembelajaran bahasa
    6. Teori Belajar dan Mazhab-mazhabnya dan factor penyebab timbulnya perbedaan mazhab teori belajar
    7. Pendalaman Mazhab Behavioristik
    8. Pendalaman Mazhab Kognitivistik 
    9. Pendalaman Mazhab Konstruktivistik
    10. Pendalaman Mazhab Humanistik
    11. Pendalaman Mazhab Generatif-transformatif
    12. Aplikasi teori Behavioristik
    13. Aplikasi teori Generatif-Transformatif
    14. Aplikasi teori Konstruktivistik
    15. Issu penting dalam pembelajaran bahasa; Pembentukan dan penguatan isu tersebut dalam pembelajaran

  • Pustaka
  • 1.     Rusydi Ahmad Thuaimuh, Ta’limullughoh Lighoirin Natiqina Biha,
    2.     Alex Sobur (2003), Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia.
    3.     Chaedar Al Wasilah, Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa, Bandung
    4.     Pranowo, Teori Belajar Bahasa; Ungtuk Guru Bahasa dan Mahasiswa Jurusan bahasa, Jogyakarta: Pustaka Pelajar
    5.     Asri Budiningsi, C. 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
    6.     B.R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson (2009), Theories of Learning, Terjemahan Tri Wibowo BS., Jakarta: Kencana.
    7.     Eveline Siregar dan Hartini Nara (2002), Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Ghalia Indonesia.
    8.     Jean Piaget (1950), The Psychology of Intelligence, New York: Routletge and kegan Paul.
    9.     John R. Anderson (1997), Cognitive Psychology and Its Implications, New York: W.H. Freeman and Company.
    10.  Muhibbin syah, Teori belajar, Psikologi pendidikan
    11.  Ali Mudlofir, (2013), Pendidik Profesional, Jakarta: Raja Grafindo.
    12.  __________, (2016), Desain Pembelajaran Inovativ Dari Teori ke Praktik, Jakarta: Raja Grafindo
    13.  Nana Syaodih Sukmadinata (2004), Landasan Psikologi Proses Pendidikan,Bandung: Rosda Karya
    14.  Wina Sanjaya (2010), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana. 
    15.  WS. Winkel (2007), Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi.

    Laptop
    LCD
    PPT

    dosen-nadhoriyah-al-taalumwa-mihnah-talimiyah
    Prof. Dr. H. M. Yunus Abu Bakar, M.Ag.
    196503151998031001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester