Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 21, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Psikologi Belajar dan Teori Belajar Bahasa adalah mata kuliah yang mendalam dan relevan, terutama bagi mereka yang menekuni bidang pendidikan, linguistik, atau psikologi. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang bagaimana manusia belajar, khususnya dalam konteks pemerolehan dan penguasaan bahasa.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Secara umum, mata kuliah ini akan membahas dua pilar utama: A. Psikologi Belajar (General); 1. Behaviorisme; 2. Kognitivisme; 3. Humanisme; 4. Konstruktivisme. B. Teori Belajar Bahasa (Aplikasi); 1. Pemerolehan Bahasa Pertama (First Language Acquisition); 2. Teori Nativisme; 3. Teori Interaksionisme; 4. Pembelajaran Bahasa Kedua (Second Language Acquisition)

  • Pustaka
  • 1.       Alex Sobur (2003), Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia.
    2.       Asri Budiningsi, C. 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
    3.       B.R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson (2009), Theories of Learning, Terjemahan Tri Wibowo BS., Jakarta: Kencana.
    4.       Chaedar Al Wasilah, Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa, Bandung
    5.       Chomsky, N. (1965). Aspects of the Theory of Syntax. MIT Press.
    6.       Eveline Siregar dan Hartini Nara (2002), Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Ghalia Indonesia.
    7.       Jean Piaget (1950), The Psychology of Intelligence, New York: Routletge and kegan Paul.
    8.       John R. Anderson (1997), Cognitive Psychology and Its Implications, New York: W.H. Freeman and Company.
    9.       Lightbown, P. M., & Spada, N. (2013). How Languages are Learned (4th ed.). Oxford University Press.
    10.   Mudlofir, Ali (2013), Pendidik Profesional, Jakarta: Raja Grafindo.
    11.   Mudlofir, Ali (2016), Desain Pembelajaran Inovativ Dari Teori ke Praktik, Jakarta: Raja Grafindo
    12.   Muhibbin syah, Teori belajar, Psikologi pendidikan
    13.   Nana Syaodih Sukmadinata (2004), Landasan Psikologi Proses Pendidikan,Bandung: Rosda Karya
    14.   Ormrod, J. E. (2016). Human Learning (7th ed.). Pearson Education.
    15.   Pranowo, Teori Belajar Bahasa; Ungtuk Guru Bahasa dan Mahasiswa Jurusan bahasa, Jogyakarta: Pustaka Pelajar
    16.   Rusydi Ahmad Thuaimuh, Ta’limullughoh Lighoirin Natiqina Biha,
    17.   Schunk, D. H. (2020). Learning Theories: An Educational Perspective (8th ed.). Pearson.
    18.   Skinner, B. F. (1957). Verbal Behavior. Appleton-Century-Crofts.
    19.   Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology: Theory and Practice (12th ed.). Pearson Education.
    20.   Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
    21.   Wina Sanjaya (2010), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana. 
    22.   WS. Winkel (2007), Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi.

    PPT
    LCD
    Laptop

    dosen-ilm-al-nafs-al-tarbawiy-wa-nadhoriyah-al-taalum
    Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag.
    196311161989031003
    dosen-ilm-al-nafs-al-tarbawiy-wa-nadhoriyah-al-taalum
    Prof. Dr. H. M. Yunus Abu Bakar, M.Ag.
    196503151998031001
    dosen-ilm-al-nafs-al-tarbawiy-wa-nadhoriyah-al-taalum
    Dr. H. Junaedi, M.Ag.
    196512241997031001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :3
    • Durasi :1 Semester