Pokok Bahasan / Bahan Kajian
Secara umum, mata kuliah ini akan membahas dua pilar utama:
A. Psikologi Belajar (General); 1. Behaviorisme; 2. Kognitivisme; 3. Humanisme;
4. Konstruktivisme. B. Teori Belajar Bahasa (Aplikasi); 1. Pemerolehan Bahasa
Pertama (First Language Acquisition); 2. Teori Nativisme; 3. Teori
Interaksionisme; 4. Pembelajaran Bahasa Kedua (Second Language Acquisition)
Pustaka
1. Alex Sobur (2003), Psikologi Umum,
Bandung: Pustaka Setia.
2. Asri Budiningsi,
C. 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
3. B.R. Hergenhahn dan Matthew H. Olson
(2009), Theories of Learning,
Terjemahan Tri Wibowo BS., Jakarta: Kencana.
4. Chaedar Al Wasilah, Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran
Bahasa, Bandung
5.
Chomsky, N. (1965). Aspects of the Theory of
Syntax. MIT Press.
6. Eveline Siregar dan Hartini Nara
(2002), Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Ghalia Indonesia.
7. Jean Piaget (1950), The
Psychology of Intelligence, New York: Routletge and kegan Paul.
8. John R. Anderson (1997), Cognitive
Psychology and Its Implications, New York: W.H. Freeman and Company.
9.
Lightbown, P. M., & Spada, N. (2013). How
Languages are Learned (4th ed.). Oxford University Press.
10. Mudlofir, Ali (2013), Pendidik
Profesional, Jakarta: Raja Grafindo.
11. Mudlofir, Ali (2016), Desain
Pembelajaran Inovativ Dari Teori ke Praktik, Jakarta: Raja Grafindo
12. Muhibbin syah, Teori belajar,
Psikologi pendidikan
13. Nana Syaodih Sukmadinata (2004), Landasan
Psikologi Proses Pendidikan,Bandung: Rosda Karya
14.
Ormrod, J. E. (2016). Human Learning (7th
ed.). Pearson Education.
15.
Pranowo, Teori Belajar Bahasa;
Ungtuk Guru Bahasa dan Mahasiswa Jurusan bahasa, Jogyakarta: Pustaka
Pelajar
16.
Rusydi Ahmad Thuaimuh, Ta’limullughoh
Lighoirin Natiqina Biha,
17.
Schunk, D. H. (2020). Learning Theories: An
Educational Perspective (8th ed.). Pearson.
18.
Skinner, B. F. (1957). Verbal Behavior.
Appleton-Century-Crofts.
19.
Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology:
Theory and Practice (12th ed.). Pearson Education.
20.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The
Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
21. Wina Sanjaya (2010), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana.
22. WS. Winkel (2007), Psikologi
Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi.