Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 19, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas secara komprehensif landasan filosofis dan konseptual dari pendidikan Islam. Tujuannya adalah untuk memahami hakikat, tujuan, kurikulum, metode, dan evaluasi pendidikan yang berakar pada ajaran-ajaran Islam. Pembahasan meliputi: Pengertian dan Ruang Lingkup: Sumber-Sumber Filosofis: Konsep Manusia dalam Islam: Tujuan Pendidikan Islam. Kurikulum dan Metode: Isu-Isu Kontemporer. 

Sedangkan Filsafat Bahasa adalah cabang filsafat yang mengkaji hakikat bahasa, maknanya, dan penggunaannya dalam komunikasi. Mata kuliah ini menyelidiki hubungan antara bahasa, pikiran, dan realitas. Materi pada umunya meliputi: Hakikat dan Fungsi Bahasa; Teori-Teori Makna (Semantik); Sintaksis dan Pragmatik: Hubungan Bahasa dan Pikiran: Logika dan Bahasa: Isu-Isu Kontemporer.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • A. Materi yang umumnya dibahas dalam Filsafat Pendidikan (Islam)

    1. Pengertian dan Ruang Lingkup: Definisi, objek kajian, dan ruang lingkup Filsafat Pendidikan Islam.
    2. Sumber-Sumber Filosofis: Mengkaji Al-Qur'an dan Hadis sebagai sumber utama, serta pemikiran-pemikiran ulama klasik dan kontemporer.
    3. Konsep Manusia dalam Islam: Memahami konsep insan kamil (manusia sempurna) sebagai tujuan akhir pendidikan Islam.
    4. Tujuan Pendidikan Islam: Mendalami tujuan-tujuan seperti membentuk pribadi yang bertakwa, berakhlak mulia, berilmu pengetahuan, dan mampu berkontribusi bagi masyarakat.
    5. Kurikulum dan Metode: Menganalisis kurikulum yang berimbang antara ilmu agama dan ilmu umum, serta metode pengajaran yang humanis dan transformatif.
    6. Isu-Isu Kontemporer: Menganalisis tantangan dan isu-isu terkini dalam pendidikan Islam, seperti globalisasi, modernitas, dan peran teknologi.
    B. Materi yang umumnya dibahas dalam Filsafat Bahasa:
    1. Hakikat dan Fungsi Bahasa: Membahas apa itu bahasa dan perannya dalam kehidupan manusia.
    2. Teori-Teori Makna (Semantik): Mengkaji berbagai teori tentang bagaimana kata-kata dan kalimat memperoleh makna, seperti teori referensial, teori ideasional, dan teori penggunaan.
    3. Sintaksis dan Pragmatik: Mempelajari struktur bahasa (sintaksis) dan bagaimana konteks memengaruhi makna (pragmatik).
    4. Hubungan Bahasa dan Pikiran: Menganalisis hubungan kompleks antara bahasa dan proses berpikir manusia, termasuk hipotesis Sapir-Whorf yang menyatakan bahasa memengaruhi cara kita berpikir.
    5. Logika dan Bahasa: Membahas peran bahasa dalam penalaran dan argumentasi logis.
    6. Isu-Isu Kontemporer: Menganalisis isu-isu modern, seperti bahasa dalam era digital, peran bahasa dalam konstruksi realitas, dan bahasa sebagai alat kekuasaan.

  • Pustaka
  • Pustaka Wajib:

    1. Theodore Bremeld, Philosophies of Education In Cultural Perspective, New Yor: Rinerhart & Winston,  1955
    2. John S. Brubacher, Modern Philosopies of Education, New Delhi, Tat McGraw-Hill, 1978.
    3. Imam Barnadib, Filsafat Pendidikan  -Sistem dan Metode , Yogyakarta: FIP IKIP, 1985
    4. Muhammad Noorsyam,  Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
    5. Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991
      Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997
    6. E. Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
    7. Jalaluddin dan Abdullah Idi, 2014. Filsafat Pendidikan (Manusia, Filsafat dan Pendidikan),Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
    8. Muhmidayeli.2005.Filsafat Pendidikan Islam, Aditya Medya, Yogyakarta
    9. Muhmidayeli.2007.Teori-Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia.Program Pas casarjana UIN Suska Riau dan LSFK2P, Pekanbaru
    10. Supiana. 2011. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Islam”.Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Islam
    11. Tafsir, Ahmad.2010.Filsafat Ilmu:Mengurai Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pengetahuan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
    12. Uyoh Sadullah.2003.Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Al-Fabeta
    13. Soemarsono. (2004). Buku Ajar Filsafat Bahasa. Jakarta: PT Grasido
    14. A. Chaedar Alwasilah, Filsafat Bahasa dan Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
    15. Marsono. (2016). Filsafat Bahasa. Jakarta: PT Grmedia Widiasarana Indonesia.
    16. Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta. 

    PPT
    Komputer
    LCD

    dosen-filsafat-pendidikan-bahasa
    Prof. Dr. H. M. Yunus Abu Bakar, M.Ag.
    196503151998031001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester