Mata kuliah Analisis Kurikulum melalui program Asistensi Mengajar dirancang untuk membekali mahasiswa dalam mencermati implementasi kurikulum di Lembaga Pendidikan. Mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi komponen instrumen analisis kurikulum, tata cara penggunaan instrumen analsiis kurikulum, mempresentasikan hasil pemahaman terhadap instrumen analisis kurikulum dalam kegiatan asistensi mengajar, mempraktikkan analisis kurikulum KOSP /KOM dengan menggunakan intrumen yang tersedia, menemukenali komponen dokumen KOSP/KOM, mengaitkan antara teori dengan data lapangan terkait dokumen KOSP/KOM, mengungkapkan ide dan gagasan inovatif untuk penyempurnaan dokumen KOSP/KOM di Lembaga Pendidikan.
1. Panduan Asisensi Mengajar
2. Instrumen analisis kurikulum dalam Asistensi Mengajar
3. Praktek analisis kurikulum dalam Asistensi mengajar
1. Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.
2. Mulyasa, Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
3. Mulyasa (2007) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
4. Laurie Brady dan Kenneth Kenedy, Curriculum Construction, Sydney: Prenctice Hall, 1999.
5. Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
6. Hamid Hasan, Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
7. Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
8. W. H. Schubert, Curriculum: Perspective, Paradigm, and Possibility. New York: Macmillan, 1986.
9. Toto Rohimat, Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: UPI Press, 2009.
10. Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2007.
11. Pedoman MBKM dan Panduan Pembelajaran dan Evaluasi Kurikulum Merdeka
12. Panduan Pengembangan KOSP https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan Pengembangan-Kurikulum-Operasional-di-Satuan-Pendidikan
1. Instrumen Analisis Kurikulum
2. Dokumen KOSP/KOM
3. LCD