Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 15, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, pemahaman, dan kemahiran mengenai konsep, prinsip, dan praktik administrasi dan supervisi pendidikan dalam konteks sekolah, madrasah, institusi pendidikan Islam. Mahasiswa akan mempelajari  Mengambil prakarsa keputusan manajerial  pelaksanaan  administrasi dan supervisi pendidikan di lingkungan kerja organisasi pendidikan Islam

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1.  Konsep Dasar Adminstrasi Pendidikan
    2. Administrasi Kurikulum
    3. Administrasi Pembelajaran 
    4. Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan 
    5. Administrasi Sarana Parasana
    6. Administrasi Kesiswaan  
    7. Administrasi Keuangan
    8. Supervisi pendidikan
    9. Teknik dan Jenis Supervisi Pendidikan
    10. Kepala sekolah/madrasah sebagai supervisor
    11. Kepala sekolah/madrasah sebagai Adminstrator

  • Pustaka
  • BUKU

    1. A.Gorton, School administration,  New Jersey:Prentice Hall,Inc
    2. Kindred, Lesli W; Bagin,Don;Gallagher,Donald R.1976.School Community Relations.New Jersey:Prentice Hall,Inc
    3. Angela M Thomas, Coaching For Staff Development, Kanisius, 2006
    4. Supervision: Special Methods for the Supervision of Teachers. New York: Holt, Rinehart and Winston.Harris, Ben M.. 1975. Supervisory Behavior in Education. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
    5. Swearingen in Supervision of Instruction, New York Prentice Hall, Englewood Cliffs, 1961.
    6. Made Pidarta, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, PT Bumi Aksara  cetaka ke 2 1999
    7. E,  Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2005, Cet. Ke-5.
    8. Syaiful Sagala, Adiministrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2005.
    9. Terry, George R. Terry,  Principles of Management, Ontario: Richard D. Irwin. Inc, 1997.
    10. Usman, Husaini, Manajemen: teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010
    11. Abu Ahmadi,. Administrasi Peendidikan. Semarang CV Toha Putra, 1981.
    12. Ngalim Purwanto. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
    13. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional; Menciptakan pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, (Bandung: Rosdakarya, 2005), hal. 61..
    14. Suharsimi Arikunto,Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta : Grafindo Persada, 1993
    15. Baharuddin, Yusak, Administrasi Pendidikan. CV. Pustaka Setia
    16. H.M, Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta,2005
    17. Handani, Nawawi, . Administrasi Pendidikan. , Jakarta, CV Haji Masagung . 1998
    18. Piet Suhertian,.Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah., Bandung. Rosda Karya .2003
    19. Anwar, Moch, Idoch, .Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung : CV.Alpabeta, 2004
    20. Sutisna, Oteng, Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis dan Praktis Profesional. Bandung: Angkasa, 1993
    21. Supandi, Administrasi dan Supervisi Pendidikan,Universitas Terbuka dan Dirjen Pembinaan dan Kelembagaan Agama Islam. Jakarta. 1990.
    22. Sri wahyunins,  Pengaruh supervisi pendidikan terhadap Kemampuan profesional guru dan  implikasinya  Terhadap hasil belajar peserta didik  Madrasah ibtidaiyah negeri    se-kabupaten banyumas. Tesis Program studi manajemen pendidikan islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
    23. Halimah Tusadiyah,  Dampak Pelaksanaan Supervisi Terhadap Kinerja Guru  Sekolah Dasar Negeri Padang Utara, jurnal Nur El-Islam, Volume 6, Nomor 2, Oktober 2019
    24. Rudy Saleh, Masluyah Suib, Herculanus Sinju, peran kepala sekolah sebagai administrator dalam neningkatkan efektivitas layanan administrasi di smp santu petrus pontianak Journal of Equatorial Education and Learning
    25. PMA No 29 Tahun 2014 tantang kepala madrasah
    26. PMA No 90 tahun 2013 tentang penyelenggaraan pendidikan madrasah
    27. PMA No. 31 tahun 2013 tentang pengawas madrasah dan PAIS
    28. Permendikbud No 57 tahun 2012 tentang uji kompetensi guru
    29. Depdiknas. 2003. Pedoman Administrasi Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan TK dan SD Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
    30. Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Supervisi di Sekolah. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
    31. Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas.
    32. Undang-undang No. 22 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
    33. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
    34. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan, Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi ,Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian, Permendikbud No. 24 Tahun  2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasa

    1. Papan Tulis/Whiteboard
    2. Proyektor
    3. Komputer/Laptop
    4. Platform Pembelajaran Daring (LMS)
    5. Artikel dan Jurnal Ilmiah
    6. Dokumen-dokumen terkait administrasi pendidikan (misalnya, peraturan, kebijakan)
    7. Video dan media visual lainnya

  • dosen-al-idaroh-wal-isyrof-al-tarbawy
    Dr. Syafi`i, M.Ag.
    197011182001121002
    dosen-al-idaroh-wal-isyrof-al-tarbawy
    Ahmad Fauzi, M.Pd
    197905262014111001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester