Matakuliah ini berisi sejumlah tema-tema kependidikan yang digali dari ayat-ayat Alquran yang dapat dijadikan pijakan bagi calon pendidik dalam melaksanakan tugasnya.
1. Hakikat pendidikan
2. Tujuan pendidikan Islam
3. Konsep anak didik
4. Konsep pendidik
5. Konsep kurikulum
6. Sumber ilmu
7. Metode pembelajaran
8. Lingkungan belajar
9. Sarana dan prasarana belajar
10. Etika belajar
11. Konsep pendidikan perempuan
12. Etos kerja
13. Model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
14. P5 dalam Kurikulum Merdeka
-Abd al-Ghani, Taqiyyuddin, Ta’sis al-ahkam, CD Shoftware Maktabah Syamilah.
-al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. Ruh al-Islam, diterjemahkan oleh:Syamsunddin Asryofi,dkk. Dengan judul:Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam (Yogyakarta:titian Ilahi Press, 1964)
- ---------, al-Tarbiyah al-Islamiyah, diterjemahkan oleh Bustami A.Gani, Djohar Bahry, dengan judul Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, (Jakarta:Bulan Bintang, tth.)
-Ali Al-Jumbulati, Abdul Futuh Al-Tuwaanisi, PerbandinganPendidikan Islam, (Jakarta: PT. RinekaCipta, 1990
-Amin, Ahmad, Fajr al-Islam . Kairo: Dar al-Ma’rifah, 1970.
-Al-Attas, Syed Muhammad al-Naquib. Konsep Pendidikan Islam: Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam. Cet. 4. Bandung: Mizan, 1992.
-Baharuddin. Paradigma Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
-Bahreisy, Salim danSaid Bahreisy, TerjemahSingkatTafsirIbnuKatsir, Jilid IV, Bina Ilmu, Surabaya.
-Barizi, Ahmad, HolistikaPemikiranPendidikan A. Malik Fadjar, (Jakarta: RajaGrafindoPersada, 2005
1. Laptop
2. Smart TV