Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 18, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam memahami dan menerapkan konsep statistik deskriptif dan inferensial yang relevan dalam konteks pendidikan agama Islam. Fokus utama meliputi pengolahan dan analisis data kuantitatif, penyajian data, serta penggunaan perangkat lunak statistik (misalnya Excel, SPSS, atau JASP) dalam kegiatan penelitian pendidikan. Mahasiswa akan belajar bagaimana merancang instrumen sederhana, mengumpulkan data, serta menganalisis dan menafsirkan hasilnya untuk mendukung pengambilan keputusan dalam pembelajaran dan evaluasi di lingkungan pendidikan Islam. Strategi pembelajaran dilakukan melalui diskusi, studi kasus, praktik pengolahan data, serta penyusunan laporan statistik berbasis proyek individu maupun kelompok

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Konsep Dasar Statistika Pendidikan
    2. Penyajian Data penelitian dalam bentuk tabel, grafik, ukuran tendensi sentral, dan ukuran simpangan.
    3. Analisis distribusi normal dari populasi dan sampel penelitian.
    4. Penerapan uji hipotesis komparasi satu sampel dengan statistik inferensial parametrik dan non-parametrik baik secara manual maupun menggunakan perangkat lunak.
    5. Penerapan uji hipotesis komparasi dua sampel dengan statistik inferensial parametrik dan non-parametrik baik secara manual maupun menggunakan perangkat lunak.
    6. Penerapan uji hipotesis komparasi k sampel dengan statistik inferensial parametrik dan non-parametrik baik secara manual maupun menggunakan perangkat lunak.
    7. Penerapan uji hipotesis korelasi dengan statistik inferensial parametrik dan non-parametrik baik secara manual maupun menggunakan perangkat lunak.
    8. Penerapan uji hipotesis korelasi kausal dengan statistik inferensial parametrik dan non-parametrik baik secara manual maupun menggunakan perangkat lunak.. 

  • Pustaka
    1.  Agus Irianto, Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: Pranada Media
    2.  David J. Sheskin, Handbook of Parametric and Nonparametric Statistical Procedures. USA: Chapman & Hall
    3. Earl Babbie, The Practice of Social Research, USA: Wadswort/Thomson
    4. James H. McMillan & Sally Schumacher, Research and Education: evidence-based Inquiry, New Jersey: Pearson.
    5. Peter Y. Chen & Paula M.Popovich, Correlation: Parametric and Nonparametric Measures, London: Sage Publications
    6. Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito
    7. Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta
    8. Yogesh Kumar Singh, Fundamental of Research Methodology and Statistics, New Delhi: New Age International.

    1. Perangkat lunak (Microsoft Excel, SPSS atau JASP)
    2. Visualisasi dan presentasi (PPT atau Zoom whiteboard)
    3. Video tutorial Statistik
    4. LMS dan Alat pembelajaran elektronik (Canvas dan Quizizz)
    5. Lembar kerja atau lembar Aktifitas

    dosen-statistik-pendidikan
    Dr. Suparto, M.Pd.I
    196904021995031002
    dosen-statistik-pendidikan
    Fathur Rohman,, M.Ag
    197311302005011005
    dosen-statistik-pendidikan
    Sri Hidayati L, M.Kes
    198201252014032001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :3
    • Durasi :1 Semester