Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 24, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah Psikologi Belajar PAI ini memberikan bekal kepada mahasiswa untuk memahami perilaku peserta didik dan perubahan-perubahannya, sebagai akibat proses pembelajaran serta mampu membimbingnya dalam mencapai prestasi belajar yang maksimal secara efektif dan efisien, mulai dari memahami konsep umum tentang Psikologi Belajar PAI, Sifat, hakikat, aktifitas kejiwaan manusia dalam kehidupan seharihari, konsep heriditas-lingkungan, pengaruhnya terhadap pertumbuhan perkembangan manusia dan penting perkembangan bagi proses pembelajaran siswa, konsep belajar dan faktor-faktor yang berpengaruh, konsep motivasi dalam belajar, teori-teori belajar dan aliran-aliran psikologi belajar, kosep kesulitan belajar peserta didik dan cara-cara mengatasinya, konsep pengajaran, perbaikan dan pendekatannya, serta konsep evaluasi dan hubungannya dengan prestasi belajar. 

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Konsep Umum tentang Psikologi Belajar PAI
    2. Hakikat Kejiwaan Manusia
    3. IQ, EQ dan SQ.
    4. Hereditas dan Lingkungan
    5. Pertumbuhan dan Perkembangan 
    6. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya
    7. Sikap, Minat, dan Motivasi dalam Belajar
    8. Teori belajar dalam aliran behavioristik dan kognitifistik 
    9. Teori belajar dalam aliran humanistik  dan konstruktivistik
    10. Kesulitan Belajar
    11. Remedial Teaching
    12. Evaluasi dan Psikologi Belajar PAI

  • Pustaka
    1. Abdul Mujib & Jusuf Mudzakkir, Ilmu Jiwa dalam Islam, (Jakarta: Kencana, 2006).
    2. Abdul Mujib & Jusuf Mudzakkir, Psikologi Pendidikan: Perspektif Islam, (Jakarta: Kencana, 2006).
    3. Budi Ilham Maliki, Muhammad Saleh, & Mohamad Bayi Tabrani, Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar, (Serang: Eureka Media Aksara, 2024)
    4. Danah Zohar & Ian Marshall, SQ: Kecerdasan Spiritual, (Bandung: Mizan Pustaka, 2007).
    5. Daniel Goleman, Emotional Intelligence, (New York: Bantam Books, 1995).
    6. Direktorat Pendidikan Agama Islam Kemenag RI, KB-1 Teori Belajar Behavioristik dan Kognitifistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran, (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2023).
    7. Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, (Jakarta: Erlangga, 2007).
    8. Enrico Nabil Qois Budisantoso, Diagnostik Kesulitan Belajar dan Remedial Teaching, (Yogyakarta: Didache Press, 2020).
    9. Faisaluddin, Buku Ajar Psikologi, (Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2024).
    10. Heny Kristiana Rahmawati, Sri Wahyuni Djoko, Ni Desak Made Santi Diwyarthi, dkk., Psikologi Perkembangan, (Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada, 2022).
    11. Heri Suryaman, Teori Belajar, (Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2024).
    12. Kayyis Fithri Ajhuri, Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, (Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 2019).
    13. Maskun, M.H., Valensy Rachmedita, M.Pd., Teori Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2018).
    14. Muhammad Mona Adha & Otoni Zai, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan, (Jakarta: Media Akademi, 2022).
    15. Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013).
    16. Mujhirul Iman, M.Pd., dkk., Diagnosis Kesulitan Belajar, (Malang: Literasi Nusantara Abadi Grup, 2024).
    17. Nurlina Ariani Hrp et al., Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022)
    18. Pupu Saeful Rahmat, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2018)
    19. Putri Su’aidah Pulungan & Agus Salim Marpaung, Evaluasi Pembelajaran PAI, (Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2023).
    20. Rahmah Johar & Latifah Hanum, Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional, (Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2021)
    21. Rukaya, Diagnostik Kesulitan dan Bimbingan Belajar, (Makassar: Eureka Media Aksara, 2025).
    22. Siti Urbayatun, Laila Fatmawati, Vera Yuli Erviana, Kesulitan Belajar & Gangguan Psikologis Ringan pada Anak, (Yogyakarta: K-Media, 2019).
    23. Sitti Nadirah, Anak Didik Perspektif Nativisme, Empirisme, dan Konvergensi, (Palu: STAIN Datokarama Press, 2015).
    24. Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
    25. Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013).
    26. Taufiq Pasiak, Manajemen Kecerdasan: Memberdayakan IQ, EQ, dan SQ untuk Kesuksesan Hidup, (Bandung: Mizan, 2006).
    27. Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Berbasis Integrasi dan Kompetensi), (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014)
    28. Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2009).
    29. Wantini, Psikologi Pendidikan Agama Islam, (Yogyakarta: UAD Press, 2023)
    30. Zainal Arifin, Muhammad Aqsho, & Erni Suyani, Konsep Hereditas dalam Pembentukan Karakter Anak Menurut Persepsi Islam dan Psikologi, (Medan: Universitas Dharmawangsa Press, 2023).
    31. Zakiah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang, 2005).

    Portal uinsa,
    Personal Website,
    dan LCD Projector.

    dosen-psikologi-belajar-pai
    Dra. Ilun Muallifah, M.Pd.
    196707061994032001
    dosen-psikologi-belajar-pai
    Drs. Sutikno, M.Pd.I
    196808061994031003
    dosen-psikologi-belajar-pai
    Dr. H. Syaifuddin, M.Pd.I
    196911291994031003
    dosen-psikologi-belajar-pai
    Dr. Hatta Fakhrurrozi, S.Pd.I, M.Pd.I
    197911182009011010
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :4
    • Durasi :1 Semester