Mata kuliah ini membahas teori, konsep, dan prinsip dasar dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di berbagai jenjang pendidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori perencanaan pembelajaran PAI yang relevan dengan kebutuhan pendidikan masa kini serta memperkenalkan berbagai pendekatan dan metode dalam pengembangannya. Mahasiswa akan diajak untuk memahami dan mendesain perencanaan pembelajaran PAI dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam yang sesuai dengan perkembangan zaman dan tantangan pendidikan modern.
1. Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaraan
2. Model-Model Perencanaan
Pembelajaran
3. Kebijakan Pengembangan Perencanaan Pembelajaran
4. Kurikulum Merdeka Belajar
5.Pengembangan Perangkat Pembelajaraan (RPE, Prota, Promes, Modul Ajar, LKPD, Bahan Ajar, Penialain dan Modul P5PPRA)
1. Arifin, Zainal. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
2. Brinkerhohoff, Robert O, et al. (1987). Program Evaluation, A Practitioner's Guide for Trainers and Educators,Source Book & Case Book. Boston: Klewer Nyhoff.
3. Hamalik, Oemar. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
4. Hidayat, Sholeh. (2015). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
5. Idi, Abdullah. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori&Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
6. Mc Neil, Jhon D. (1990). Curriculum: A Comprehensive Introduction, Fourth Edition. Boston London England: Little Brown and Coorporation inc
7. Oliva, Peter F. (1992). Developing The Curriculum. New York: Harper Collins Publisher.
8. Sanjaya, Wina. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
9. Soetopo, H.S. & Soemanto, W. (1993). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
10. Sukmadinata, Nana S. (2011). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
11. Taba, Hilda. (1962). Curriculum Development: Theory and Practice. New York: Harcourt Brace and World Inc.
12. Tyler, Ralph W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Istruction. London: The University of Chicago Press.
13. Oemar Hamalik. 2007. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem
14. Roetiyah N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar
15. Santi Mardiarti dkk. 2007. Buku Pembelajaran
16. W.Gulo. 2004. Strategi Belajar Mengajar
17. Wina Sanjaya. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran
18. Zakiyah Daradjat dkk. 2000. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam
19. https://drive.google.com/drive/folders/1gfNpoTpAPqp2Uut0tPJP7YrBw_NTp3R5?usp=share_link
1. Youtube tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran