Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 18, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas teori, konsep, dan prinsip dasar dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di berbagai jenjang pendidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori pengembangan kurikulum PAI yang relevan dengan kebutuhan pendidikan masa kini serta memperkenalkan berbagai pendekatan dan metode dalam pengembangannya. Mahasiswa akan diajak untuk memahami dan mendesain  kurikulum PAI  dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam yang sesuai dengan perkembangan zaman dan tantangan pendidikan modern.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum PAI
    2. Sejarah Kurikulum di Indonesia
    3. Pendekatan Pengembangan Kurikulum
    4. Model Pengembangan Kurikulum
    5. Tahapan Pengembangan Kurikulum
    6. Konsep Kurikulum Merdeka (Analsiis Kebijakan) SD, SMP, SMA, MI, MTS, MA
    7. Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi
    8. Pengembangan Modul Ajar dan Modul P5
    9. Praktik Menyusun Modul Ajar dan Modul P5
    10. Pengembangan Dokumen Kurikulum (Dokumen 1) KSP/KOM
    11. Praktik Menyusun KSP/KOM
    12. Pendekatan Deep Learning dalam PAI
    13. Evaluasi Kurikulum

  • Pustaka
  • 1. Arifin, Zainal. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
    2. Brinkerhohoff, Robert O, et al. (1987). Program Evaluation, A Practitioner's Guide for Trainers and Educators,Source Book & Case Book. Boston: Klewer Nyhoff.
    3. Hamalik, Oemar. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
    4. Hidayat, Sholeh. (2015). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
    5. Idi, Abdullah. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori&Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
    6. Mc Neil, Jhon D. (1990). Curriculum: A Comprehensive Introduction, Fourth Edition. Boston London England: Little Brown and Coorporation inc
    7. Oliva, Peter F. (1992). Developing The Curriculum. New York: Harper Collins Publisher.
    8. Sanjaya, Wina. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
    9. Soetopo, H.S. & Soemanto, W. (1993). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
    10. Sukmadinata, Nana S. (2011). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
    11.Taba, Hilda. (1962). Curriculum Development: Theory and Practice. New York: Harcourt Brace and World Inc.
    12. Tyler, Ralph W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Istruction. London: The University of Chicago Press.
    13. Uswatun Chasanah Desain pengembangan kurikulum madrasah inklusif dengan pendekatan humanisme religius

    dosen-pengembangan-kurikulum-pai
    Dr. Nadlir, M.Pd.I
    196807221996031002
    dosen-pengembangan-kurikulum-pai
    Fathur Rohman,, M.Ag
    197311302005011005
    dosen-pengembangan-kurikulum-pai
    Uswatun Chasanah, M.Pd.I
    198211132015032003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :3
    • Durasi :1 Semester