Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 6, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Pengelolaan kelas merujuk pada usaha seorang pendidik dalam menciptakan dan memelihara suasana kelas yang mendukung kelancaran proses pembelajaran. Prosedur pengelolaan kelas bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan, kebisingan, kebosanan, dan situasi tak terkendali. Ini menjadi kunci penting bagi seorang pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan produktif. Adapun bahan kajian pada mata kuliah Pengelolaan Kelas ini sebagai berikut:  Prinsip prinsip Pengelolaan Kelas, Pendekatan Pengelolaan Kelas, Aplikasi Pendekatan Pengelolaan Kelas, Fungsi Pengelolaan Kelas, Prosedur dan Rancangan Manajemen Kelas, Pengaturan dan Penciptaan Iklim Belajar yang Menunjang, Prinsip-prinsip Disiplin Kelas, Tahapan dan Penanggulangan Pelanggaran, Observasi ke Sekolah

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Pengantar Perkuliahan
    2. Prinsip prinsip Pengelolaan Kelas, 
    3. Pendekatan Pengelolaan Kelas, 
    4. Aplikasi Pendekatan Pengelolaan Kelas, 
    5. Fungsi Pengelolaan Kelas, 
    6. Prosedur dan Rancangan Manajemen Kelas, 
    7. Pengaturan dan Penciptaan Iklim Belajar yang Menunjang, 
    8. Prinsip-prinsip Disiplin Kelas, 
    9. Tahapan dan Penanggulangan Pelanggaran, 
    10. Observasi ke Sekolah

  • Pustaka
    1. Lickona, Thomas, Educating for Character, New York : Bantam Book, 2008, diterjemakan oleh Lita, S, Pendidikan Karakter Panduan Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Bandung : Nusa Media, 2013.
    2. Rohmad, Muhammad Ali, Pengelolaan Kelas Bakal Calon Guru Berkelas, Yogyakarta : Kaukaba, 2015.
    3. Amrullah, Fahmi, Buku Pintar Bahasa Tubuh Untuk Guru, Yogyakarta : DIVA Press, 2018.
    4. Maman Rochman (1999).Manajemen Kelas Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    5. Ade Rukmana, Asep Suryana,S.Pd., M.Pd. (2006) PENGELOLAAN KELAS Bahan Belajar  Mandiri UPI PRESS
    6. Dianne Miller Nielson (2008) Mengelola Kelas untuk GURU TK PT INDEKS Jakarta
    7. M. Entang dan Raka Joni (1983)Pengelolaan Kelas Jakarta Proyek Pengembangan Pendidikan  Tenaga Kependidikan
    8. Nawawi Hadari (1992) Organisasi Sekolah dan Pengelolaan KelasJakarta PT: Gunung Agung
    9. Radno Harsanto,(2007)Pengelolaan Kelasyang Dinamis Paradigama BaruMenuju Kompetensi Siswa Kanisius Yogjakarta.
    10. Richard I. Arends (2008) LEARNING TO TEACH Belajar Untuk Mengajar Edisi dalan Bahasa Indonesia PUSTAKA PELAJAR Jogyakarta
    11. Baedowi, Ahmad, dkk (2015) Manajemen Sekolah Efektif: Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa,  Jakarta: Yayasan Sukma
    12. Mulyasa. 2014. Menejemen Berbasis Sekolah, Konsep Stategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya Offset
    13. Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 46. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-5

    1. Laptop
    2. White Board
    3. Infokus
    4. LCD
    5. Power Point

    dosen-pengelolaan-kelas
    Prof. Dr. H. Saifuddin Chalim, M.Ag.
    195507161982031013
    dosen-pengelolaan-kelas
    Dr. Imam Syafi'i, S.Ag., M.Pd., M.Pd.I.
    197011202000031002
    dosen-pengelolaan-kelas
    ABDULLAH ZAINI, S.Pd.I, M.Pd
    198803232020121009
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :3
    • Durasi :1 Semester