Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

November 29, 2024

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Penelusuran Literatur (Literature Searching)
Mata kuliah Penelusuran Literatur bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang komprehensif dalam mencari, mengevaluasi, dan memanfaatkan sumber-sumber literatur akademik yang relevan untuk penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Mahasiswa akan mempelajari metode dan teknik penelusuran literatur dari berbagai sumber, baik cetak maupun digital, serta memahami cara memanfaatkan basis data akademik dan perpustakaan digital. Mata kuliah ini juga akan membahas pentingnya literatur dalam membangun landasan teori yang kuat dalam penelitian akademik.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Bahan Kajian Selama 14 Pertemuan:
    1.    Pertemuan 1: Pendahuluan dan Kontrak Perkuliahan
    o    Pengenalan mata kuliah dan tujuan pembelajaran.
    o    Penjelasan kontrak perkuliahan dan tugas-tugas.
    2.    Pertemuan 2: Konsep Dasar Penelusuran Literatur
    o    Definisi dan tujuan penelusuran literatur dalam penelitian akademik.
    o    Peran literatur dalam membangun landasan teori.
    3.    Pertemuan 3: Jenis-jenis Sumber Literatur
    o    Klasifikasi sumber literatur: primer, sekunder, dan tersier.
    o    Perbedaan antara sumber cetak dan digital.
    4.    Pertemuan 4: Teknik Penelusuran Literatur di Perpustakaan
    o    Cara mengakses dan memanfaatkan perpustakaan fisik dan digital.
    o    Teknik penelusuran katalog perpustakaan.
    5.    Pertemuan 5: Penelusuran Literatur di Basis Data Akademik
    o    Pengenalan basis data akademik (misalnya: Google Scholar, JSTOR, ProQuest).
    o    Strategi pencarian yang efektif di basis data.
    6.    Pertemuan 6: Penelusuran Literatur di Jurnal Ilmiah
    o    Cara menemukan dan mengevaluasi artikel jurnal yang relevan.
    o    Teknik membaca dan memahami artikel jurnal.
    7.    Pertemuan 7: Evaluasi Kualitas Literatur
    o    Kriteria evaluasi literatur: relevansi, kredibilitas, dan validitas.
    o    Teknik kritis dalam menilai literatur.
    8.    Pertemuan 8: Manajemen Referensi
    o    Penggunaan perangkat lunak manajemen referensi (misalnya: Mendeley, Zotero).
    o    Teknik pengelolaan dan pengorganisasian referensi.
    9.    Pertemuan 9: Penyusunan Tinjauan Pustaka
    o    Langkah-langkah dalam menyusun tinjauan pustaka yang baik.
    o    Integrasi literatur dalam kerangka teori penelitian.
    10.    Pertemuan 10: Etika dalam Penelusuran dan Penggunaan Literatur
    o    Etika penelusuran literatur.
    o    Cara menghindari plagiarisme dalam penggunaan literatur.
    11.    Pertemuan 11: Penelusuran Literatur untuk Topik Khusus dalam PAI
    o    Strategi penelusuran literatur yang relevan dengan topik-topik dalam Pendidikan Agama Islam.
    o    Sumber-sumber literatur khusus dalam studi Islam.
    12.    Pertemuan 12: Praktek Penelusuran Literatur
    o    Latihan penelusuran literatur berdasarkan topik penelitian masing-masing mahasiswa.
    13.    Pertemuan 13: Presentasi Tinjauan Pustaka
    o    Presentasi hasil penelusuran dan penyusunan tinjauan pustaka oleh mahasiswa.
    14.    Pertemuan 14: Evaluasi Akhir dan Refleksi
    o    Penilaian akhir terhadap keterampilan penelusuran literatur.
    o    Refleksi terhadap proses pembelajaran


    Deskripsi Mata Kuliah: Academic Writing
    Mata kuliah Academic Writing untuk mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) dirancang untuk mengembangkan keterampilan menulis akademik yang diperlukan dalam dunia akademik Islam. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik dasar penulisan akademik, pengembangan argumen, penggunaan bahasa yang efektif, serta pemahaman terhadap etika penulisan dan plagiarisme. Mata kuliah ini juga akan membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam menulis artikel ilmiah, laporan penelitian, makalah, dan karya ilmiah lainnya yang relevan dengan bidang Pendidikan Agama Islam.
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):
    1.    Pengetahuan:
    o    Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan teknik penulisan akademik dalam konteks pendidikan Islam.
    o    Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip-prinsip etika dalam penulisan akademik, termasuk menghindari plagiarisme.
    o    Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menggunakan sumber-sumber referensi yang kredibel dan relevan dengan topik penulisan akademik dalam Pendidikan Agama Islam.
    2.    Keterampilan:
    o    Mahasiswa mampu mengembangkan tulisan akademik yang terstruktur dengan baik, logis, dan koheren.
    o    Mahasiswa mampu menyusun argumen dan analisis yang kritis dalam tulisan akademik.
    o    Mahasiswa mampu menulis artikel ilmiah, makalah, dan laporan penelitian sesuai dengan standar akademik yang berlaku dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
    3.    Sikap:
    o    Mahasiswa menunjukkan sikap tanggung jawab dan profesionalisme dalam menyusun karya tulis akademik.
    o    Mahasiswa menunjukkan komitmen terhadap kejujuran akademik dan etika penulisan.
    Bahan Kajian Selama 14 Pertemuan:
    1.    Pertemuan 1: Pendahuluan dan Kontrak Perkuliahan
    o    Pengenalan mata kuliah dan tujuan pembelajaran.
    o    Penjelasan kontrak perkuliahan dan tugas-tugas.
    Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan dan ruang lingkup mata kuliah, memahami kontrak perkuliahan, serta menyusun jadwal tugas-tugas perkuliahan.

    2.    Pertemuan 2: Pengantar Penulisan Akademik
    o    Konsep dasar penulisan akademik.
    o    Perbedaan antara tulisan akademik dan non-akademik.
    Mahasiswa mampu membedakan antara tulisan akademik dan non-akademik serta mengidentifikasi ciri-ciri tulisan akademik.

    3.    Pertemuan 3: Struktur Tulisan Akademik
    o    Elemen-elemen penting dalam tulisan akademik: pendahuluan, tinjauan pustaka, metode, hasil, dan kesimpulan.
    Mahasiswa dapat menyusun outline atau kerangka tulisan akademik yang mencakup pendahuluan, tinjauan pustaka, metode, hasil, dan kesimpulan.

    4.    Pertemuan 4: Teknik Pengembangan Argumen
    o    Cara mengembangkan argumen yang kuat dan logis dalam tulisan akademik.
    Mahasiswa dapat menyusun argumen yang jelas, logis, dan didukung oleh bukti serta sumber yang kredibel.

    5.    Pertemuan 5: Penggunaan Referensi dan Sitasi
    o    Cara mencari, mengevaluasi, dan menggunakan sumber referensi yang relevan.
    o    Teknik sitasi dan penulisan daftar pustaka sesuai dengan gaya penulisan yang berlaku.
    Mahasiswa mampu mencari, mengevaluasi, dan menyusun sitasi serta daftar pustaka dengan mengikuti standar gaya penulisan yang relevan (misalnya APA).

    6.    Pertemuan 6: Penggunaan Bahasa dalam Tulisan Akademik
    o    Penggunaan bahasa yang formal, jelas, dan tepat dalam penulisan akademik.
    Mahasiswa dapat menulis dengan bahasa yang formal, jelas, dan tepat, serta menghindari penggunaan bahasa yang ambigu atau tidak sesuai konteks akademik.

    7.    Pertemuan 7: Etika Penulisan dan Plagiarisme
    o    Pengantar etika penulisan.
    o    Cara menghindari plagiarisme.
    Mahasiswa mampu menjelaskan etika penulisan akademik dan menunjukkan pemahaman yang jelas tentang cara menghindari plagiarisme.

    8.    Pertemuan 8: Penyusunan Proposal Penelitian
    o    Cara menyusun proposal penelitian yang baik dan sesuai dengan bidang Pendidikan Agama Islam.
    Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian yang jelas, terstruktur, dan relevan dengan topik pendidikan agama Islam.

    9.    Pertemuan 9: Penulisan Artikel Ilmiah
    o    Langkah-langkah dalam menulis artikel ilmiah.
    Mahasiswa mampu menulis artikel ilmiah dengan mengikuti langkah-langkah yang sistematis dan sesuai dengan standar penulisan ilmiah.

    10.    Pertemuan 10: Penyusunan Makalah dan Laporan Penelitian
    o    Teknik penulisan makalah dan laporan penelitian.
    Mahasiswa dapat menyusun makalah atau laporan penelitian yang koheren, logis, dan didukung oleh analisis kritis terhadap data yang dikumpulkan.

    11.    Pertemuan 11: Pengeditan dan Revisi Tulisan
    o    Teknik pengeditan dan revisi untuk meningkatkan kualitas tulisan akademik.
    Mahasiswa dapat melakukan pengeditan dan revisi terhadap tulisan akademik untuk meningkatkan kualitas penulisan, baik dalam hal kelengkapan isi maupun kesesuaian gaya bahasa.

    12.    Pertemuan 12: Review Karya Ilmiah Teman Sejawat
    o    Praktek memberikan umpan balik konstruktif terhadap tulisan akademik orang lain.
    Mahasiswa dapat memberikan umpan balik konstruktif terhadap karya ilmiah teman sejawat, dengan fokus pada perbaikan kualitas argumentasi, struktur, dan kepatuhan pada etika penulisan.

    13.    Pertemuan 13: Presentasi Tulisan Akademik
    o    Teknik presentasi hasil karya tulis akademik.
    Mahasiswa dapat menyajikan tulisan akademik dengan cara yang jelas, persuasif, dan profesional, serta mampu menjawab pertanyaan atau masukan dari audiens.

    14.    Pertemuan 14: Evaluasi Akhir dan Penyusunan Rencana Publikasi
    o    Penilaian akhir dan panduan untuk mempublikasikan tulisan akademik.

  • Pustaka
  • Al-Hidabi, D. and Abu-Owda, M. (2019). The effect of stem curriculum based on islamic perspective on 9<sup>th</sup> grade talented female students' critical thinking in gaza. International Journal of Elementary Education, 8(4), 80. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20190804.11

    Anggraeni, C. (2024). Effects of utilizing self-regulated learning-based instruction on efl students' academic writing skills: a mixed-method investigation.. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-4651154/v1

    Astuti, F., Riyanti, E., & Annisa, A. (2021). Pesantren as indonesian traditional education institution in preparing the alumni to face the twenty-first century challenges. Indonesian Scholars Scientific Summit Taiwan Proceeding, 3, 105-110. https://doi.org/10.52162/3.2021119

    Dehraj, M. and Mahersar, R. (2018). The role of islamic education in social change: a case study of the elementary schools of district shaheed benazir bhuttu abad, sindh. Journal of Religious Studies (Uochjrs), I(II), 32-44. https://doi.org/10.33195/uochjrs-v1i2602018

    Ead, H. (2023). Academic writing challenges faced by chemistry doctoral students: a self-study informed by three writing theories. International Journal of Education and Learning, 5(2), 113-123. https://doi.org/10.31763/ijele.v5i2.1248

    Marzuki, I. and Syahrial, R. (2020). How to develop blended learning educational evaluation courses islamic religious education study program. Universal Journal of Educational Research, 8(3A), 24-34. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081404

    Memon, N. (2011). What islamic school teachers want: towards developing an islamic teacher education programme. British Journal of Religious Education, 33(3), 285-298. https://doi.org/10.1080/01416200.2011.595912

    Motlhaka, H. (2020). Blackboard collaborated‑based instruction in an academic

              writing class: sociocultural perspectives of learning. The Electronic Journal of E-Learning, 18(4). https://doi.org/10.34190/ejel.20.18.4.006

    Nasution, M. (2023). Analysis of the ability of islamic banking students of the islamic faculty of economics and business iain lhokseumawe in writing skills of scientific papers. Endless International Journal of Future Studies, 6(1), 46-58. https://doi.org/10.54783/endlessjournal.v6i1.124

    Noorhayati, S. (2023). Vocational life skills in religious education: lessons learned from three islamic boarding schools in java. At-Turas Jurnal Studi Keislaman, 10(2), 266-281. https://doi.org/10.33650/at-turas.v10i2.6728

    Paramarti, P. (2023). The students’ writing anxiety at the fourth semester students in academic writing class. Edulitics (Education Literature and Linguistics) Journal, 8(1), 19-26. https://doi.org/10.52166/edulitics.v8i1.4099

    Setiowati, D. and Utomo, W. (2021). Increased emotional spiritual quotient through reflective learning in clinical nursing students at syarif hidayatullah state islamic university. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 7(1), 45-52. https://doi.org/10.17509/jpki.v7i1.30322

    Shooshtari, Z., Jalilifar, A., & Goudarzi, E. (2023). Teaching for transfer in esap writing through collaborative syllabus and multimodal input: the case of iranian engineering graduates. Esp Today, 11(1), 31-52. https://doi.org/10.18485/esptoday.2023.11.1.2

    Subakat, R. (2022). Foundation of islamic education curriculum (study of q.s. al-‘alaq 1-5) perspective of transcendental structuralism. At-Turats, 16(1), 67-76. https://doi.org/10.24260/at-turats.v16i1.2214

    Teng, M., Qin, C., & Wang, C. (2021). Validation of metacognitive academic writing strategies and the predictive effects on academic writing performance in a foreign language context. Metacognition and Learning, 17(1), 167-190. https://doi.org/10.1007/s11409-021-09278-4

    Wale, B. and Bogale, Y. (2021). Using inquiry-based writing instruction to develop students’ academic writing skills. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40862-020-00108-9

    Warlizasusi, J. (2023). Developing academic writing learning module to improve writing skills of graduate program students. Ta Dib, 26(2), 393. https://doi.org/10.31958/jt.v26i2.10496

    Wingate, U., Andon, N., & Cogo, A. (2011). Embedding academic writing instruction into subject teaching: a case study. Active Learning in Higher Education, 12(1), 69-81. https://doi.org/10.1177/1469787410387814

    Zamroni, A. (2023). Quality development of islamic education in the era of society 5.0 : oppurtunities and challenges. Al-Mau Izhoh, 5(2), 326-334. https://doi.org/10.31949/am.v5i2.6997

    Zhang, L. and Zhang, L. (2021). Fostering stance-taking as a sustainable goal in developing efl students’ academic writing skills: exploring the effects of explicit instruction on academic writing skills and stance deployment. Sustainability, 13(8), 4270. https://doi.org/10.3390/su13084270

    Şahin, A. (2018). Critical issues in islamic education studies: rethinking islamic and western liberal secular values of education. Religions, 9(11), 335. https://doi.org/10.3390/rel9110335

    Ridwan, A (2020). The dynamics of pesantren leadership from the dutch ethical policy to the reformation periods. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu …, ejournal.uinsatu.ac.id, https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/epis/article/view/3529

    Ridwan, A (2022). The Changing Roles of Ulama and the Evolution of Islamic Schools: Some Insights from Moroccan and Indonesian Cases. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic …, jurnalftk.uinsa.ac.id, https://jurnalftk.uinsa.ac.id/index.php/jpai/article/view/4117

    Ridwan, A (2016). Colonial politics of power and cultural identity development of Islamic education vis-À-vis European education in the Netherlands east indies periods. MarajiJournal of Islamic Studies, academia.edu, https://www.academia.edu/download/61700104/47-143-1-PB20200106-65706-14xnhq1.pdf

    Ridwan, A The Shift in Responsibility to Pesantren: From Collective Efforts to Self-Struggle. borderless communities &nations with borders, researchgate.net, https://www.researchgate.net/profile/Ikhtiyar-Zitraghara-Nalar-Siregar/publication/335293033_Proceeding-IIFAS-2017_Fajar_Sidik_Hal_959/links/5d5d180f299bf1b97cfa65a6/Proceeding-IIFAS-2017-Fajar-Sidik-Hal-959.pdf#page=765

    Niam, K, Huda, MN, Sulanam, S, & Ridwan, A (2023). Knowledge Management Practices in Enhancing Academic Output: A Study of Indonesian Islamic Universities. Ulumuna, mail.ulumuna.or.id, https://mail.ulumuna.or.id/index.php/ujis/article/view/582

    Ridwan, A (2017). Multi-disciplinary approach in Indonesian Islamic Higher Education: a western perspective upon epistemological problem, challenge, and critique. Al-Ulum, repository.uinsa.ac.id, http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2611/

    Nuruzzaman, MA, Umam, MSK, & ... (2023). Women's Contributions in Islam: Tracing Their Journey from Historical Contexts to Modern Digital Educational Environments. Social Studies in …, jurnalftk.uinsa.ac.id, https://jurnalftk.uinsa.ac.id/index.php/sse/article/view/2929

    Ridwan, A (2024). FROM PATRIARCHY TO PROGRESS: EXPLORING THE SHIFT IN ATTITUDES TOWARDS WOMEN'S EDUCATION LED BY TUAN GURU IN LOMBOK-INDONESIA. Proceedings of International Conference on …, proceedings.uinsa.ac.id, https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/iconfahum/article/view/1820

    Ummah, II, Ridwan, A, & Kesgin, S (2024). Fostering Interreligious Harmony in Thailand: Insight from a Thai Islamic School. Atthulab: Islamic Religion …, journal.uinsgd.ac.id, https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/atthulab/article/view/30019

    Nuruzzaman, MA, Ridwan, A, Safriani, A, & ... (2023). Piety and Tolerance in Thai Society: Exploring Multicultural Coexistence at Phatnawitya School. … Agama Islam (Journal …, jurnalpai.uinsa.ac.id, https://jurnalpai.uinsa.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/1452

    Thobroni, AY, & Ridwan, A (2023). Religious Interpretation and the Pandemics in Indonesia: Whither the Pesantren Kiai Develop Meaning of Tawakkal. Jurnal Pendidikan Agama Islam …, jurnalpai.uinsa.ac.id, https://jurnalpai.uinsa.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/1455

    Ridwan, A (2010). SISTEM PREVENSISTEM PREVENSI SCHOOL VIOLENCE DI MADURA BERBASIS GALTUNG CONFLICT TRIANGLE. Islamica

    Ridwan, A (2009). Sistem prevensi school violence di Madura berbasis Galtung Conflict Triangle. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, islamica.uinsa.ac.id, https://islamica.uinsa.ac.id/index.php/islamica/article/view/54

    Ridwan, A (2020). Kajian sosial kepesantrenan dalam bingkai varian teori praktis: sebuah refleksi. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Journal of …, repository.uinsa.ac.id, http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2610/

    Ibrahim, MH, & Ridwan, A (2023). Pendidikan Antikorupsi di Kalangan Pesantren: Ulasan Buku Jihad Nahdlatul Ulama Melawan Korupsi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan …, ejournal.kopertais4.or.id, https://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/view/3901

    Ridwan, A Skripsi: Identifikasi Kekerasan Pelajar di Kota Surabaya (Tipologi Kasus dan Kondisinya). Surabaya: IAIN Sunan Ampel

    Ridwan, A (2009). Sistem Preventif School Violence (Studi Kasus di SMAN 1 Arosbaya Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur)., IAIN Sunan Ampel

    Ridwan, A SISTEM PREVENSI SISTEM PREVENSI SCHOOL VIOLENCE SCHOOL VIOLENCE SCHOOL VIOLENCE DI MADURA DI MADURA BERBASIS GAL ….



    Papan Tulis
    LCD Proyektor
    Google Docs untuk kolaborasi penulisan

    dosen-penelusuran-literatur
    Nur Fitriatin, S.Ag, M.Ed.
    196701121997032001
    dosen-penelusuran-literatur
    Dr. Hatta Fakhrurrozi, S.Pd.I, M.Pd.I
    197911182009011010
    dosen-penelusuran-literatur
    Auliya Ridwan, M.Pd.I., M.S.
    198505112015031003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :3
    • Durasi :1 Semester