Mata Kuliah Model dan Strategi Pembelajaran PAI membehas konsep-konsep teoritis tentang teori belajar, model dan strategi pembelajaran PAI secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan potensi keilmuan peserta didik, model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar dan pendekatan pembelajaran, metodologi pembelajaran dalam bidang PAI, mampu menerapkan dan memiliki keterampilan merancang dan mempraktekkan berbagai model dan strategi pembelajaran PAI yang kreatif dan inovatif. MK ini memberi bekal pada calon pendidik untuk menentukan dan mengelola pembelajaran PAI yang sesuai dengan kebutuhan
1. Konsep Dasar Model dan Strategi Pembelajaran PAI
2. Komponen strategi pembelajaran dan Faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran
3. Teori belajar behavioristik, kognitivistik, konstruktivistik dan humanistik dalam pembelajaran
4. Pengertian dan ciri-ciri model pembelajaran berdasarkan Teori Belajar: a. Model Interaksi Sosial; b. Model Pemrosesan Informasi; c. Model Personal; d. Model Modifikasi Tingkah Laku (Behavioral); Membandingkan keempat model pembelajaran berdasarkan teori belajar dalam pembelajaran PAI
5. Pengertian pendekatan pembelajaran; Macam-macam pendekatan pembelajaran yaitu teacher center dan student center dalam pembelajaran
6. Pengertian, Tujuan dan Komponen Pembelajaran Berdiferensiasi: Konten, Proses, Produk dan Lingkungan Belajar, Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
7. Konsep Dasar Metode Pembelajaran dan Penerapan metode pembelajaran pada materi PAI
8. Konsep dasar, Ciri-ciri dan prinsip pembelajaran inkuiri serta implementasi pembelajaran inkuiri dalam materi PAI
9. Konsep dasar, Ciri-ciri dan prinsip problem based learning (PBL) serta implementasi pembelajaran PBL dalam materi PAI
10. Konsep dasar, Ciri-ciri dan prinsip project based learning (PjBL) serta implementasi pembelajaran PjBL dalam materi PAI
11. Konsep dasar, Ciri-ciri dan prinsip strategi pembelajaran kooperatif (type JIGSAW, STAD, Think Pair Share dan Investigasi Kelompok) serta implementasi pembelajaran inkuiri dalam materi PAI
12. Konsep dasar, Ciri-ciri dan prinsip flipped classroom serta implementasi flipped classroom dalam materi PAI
1. Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana, 2012.
2. Ali Mudlofir dan Evi Fatimaturrusydiyah, Desain Pembelajaran Inovatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017.
3. Dhea Abdul Madjid, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Berbasis Blended Learning, Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1 (2019).
4. Harvey F. Silver, dkk, Strategi-Strategi Pengajaran Memilih Strategi Berbasis Penelitian yang tepat untuk Setiap Pelajaran, terj. Ellys Tjo, Jakarta: Indeks, 2012.
5. Husniyatus Salamah Zainiyati, Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori Dan Praktek Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam), Surabaya: IAIN Press, 2010. (Integrasi karya dosen)
6. Husniyatus Salamah Zainiyati, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran PAI, Jakarta: Kencana, 2017. (Integrasi karya dosen)
7. Z. Nisa, DF Adibah, RKA Putri, H Asrohah, HS Zainiyati, Differentiated Instruction to Improve Learning Effectiveness in A Disruptive Era, Jurnal Basicedu 7 (1), 1086-1094
8. N Sholihah, HS Zainiyati, N Kholis, Utilizing Class Points in Islamic Religious Education With A Multidisciplinary Approach, Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 5 (2), 266-284
9. Husniyatus Salamah Zainiyati, Dimas Dwi Nugraha, Students Participation and Perception in Threaded Online Discussion, Atlantis Press, https://doi.org/10.2991/iconelt-17.2018.51
10. Husniyatus Salamah Zainiyati, dkk., Penerapan JIGSAW learning melalui whatsapp untuk memahami materi Quran Hadits surah Al Humazah, Journal of Applied Linguistic and Islamic Education, 5 (1). (2021), pp. 25-51.
11. Husniyatus Salamah Zainiyati, dkk., Design For Learning Al-Qur'an Hadith Model Flipped Classroom Based On Microsoft Teams In MAN IC Paser, Indonesia , International Journal of Education and Research, Vol. 9 No. 1 January 2021.
12. Husnul Khotimah, Husniyatus Salamah Zainiyati, dkk., E-learning application Madrasah online learning solution in the middle of pandemic Covid-19 in Ma Negeri Insan Cendekia, Kendari, Technium Soc. Sci. J, Vol. 10.
13. Imam Mawardi, Husniyatus Salamah Zainiyati, Metodologi Keilmuan Islami: rekonstruksi dan aktualisasi Ajaran Ta'lim al-Muta'allim, bimbingan metode balajar untuk meraih prestasi gemilang, Jakarta: eL-SiQ Tabaqurrahman, 2020.
14. Imam Jafar Shodiq dan Husniyatus Salamah Zainiyati, Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu, Jurnal Studi islam Al-Inshiroh, Vol. 6 No. 2 (2020).
15. Melvin L. Silberman, Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif), Bandung: Nusamedia, 2004.
16. Mohammad Fathoni, Husniyatus Salamah Zainiyati, PEMANFAATAN WEBSITE MADRASAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI MTs KEDUNGJAMBE SINGGAHAN TUBAN, Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4 (2), 2020.199-217.
17. Ridwan Abdullah Sani, Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
18. Ridwan Abdullah Sani, Inovasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
19. Risky Aviv Nugroho, Penerapan Metode Blended Learning Dalam Pembelajaran Pai Pada Era New Normal, Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan As-Salam, Vol. 10 No.1 (2021).
20. Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.
21. Rusman, dkk., Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cet. IV, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.
22. Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, cet., ke-1, 2007).
24. Wasis D. Dwiyogo, Pembelajaran Berbasis Blended Learning, Jakarta: Radja Grafindo Persada, 2018.
25. Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Cet. I, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.
26. Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Cet. III, Jakarta: Kencana, 2010.
27. Hadi, Mohammad Samsul, Abdul Hamid, “Desain Pembelajaran Flipped Learning PAI sebagai Solusi Model Pembelajaran Abad 21”, Quality, Journal of Empirical Research in Islamic Education, Vol. 8, No.1 (2020)
28. Muvid, HS Zainiyati, dkk., Shaping socio-critical thinking of junior students using problem-based learning and inquiry strategy, Jurnal, nt J Eval & Res Educ ISSN, 2022, Jilid, 2252.
29. Laili Nur Afida, HS Zainiyati, Strategi Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu E-Learning pada Mata Pelajaran PAI di MAN 2 Tuban, Jurnal QUALITY, 2022, Jilid 10, 86-108.
1. Game Permainan Membuat Garis
2. Lembar Kerja Mahasiswa
3. LCD
4. Video Pembelajaran
Link Video
https://www.youtube.com/watch?v=wupkl6JAEbw
https://www.kajianpustaka.com/2020/03/model-pembelajaran-flipped-classroom.html
http://rockethics.psu.edu/initiatives/ethics-education/ethics-degrees-course/open-online-courses/flipped-classroom-guide
http://flippedlearning.org/
https://www.youtube.com/watch?v=iQWvc6qhTds
https://www.gurusukses.com/mengenal-pembelajaran-model-flipped-classroom