Mata kuliah ICT Pembelajaran bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar AI dalam pendidikan, menganalisis kebutuhan media pembelajaran, serta merancang dan mengembangkan produk pembelajaran berbasis AI yang inovatif dan aplikatif.
Perkuliahan terdiri dari tiga tahap utama:
Desain Media Pembelajaran (Pertemuan 1-7): Mahasiswa akan mengeksplorasi berbagai aplikasi AI untuk merancang media pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Penyusunan Proposal Proyek (UTS - Minggu 8): Mahasiswa menyusun proposal proyek pengembangan produk yang mencakup analisis kebutuhan, tujuan, serta strategi implementasi.
Pengembangan dan Evaluasi Produk (Pertemuan 9-15): Mahasiswa mengembangkan media pembelajaran berbasis AI, menguji efektivitasnya, dan melakukan evaluasi.
Supriadi et al. “Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0“ Jurnal penelitian sains dan pendidikan (jpsp) (2022) doi:10.23971/jpsp.v2i2.4036.
Prakoso et al. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Keterampilan Bertanya“ Jurnal Pendidikan West Science (2023) doi:10.58812/jpdws.v1i5.364.
Rachmadtullah et al. “Elementary School Teachers' Perspectives on Utilizing Artificial Intelligence for Developing Learning Media“ Journal of Integrated Elementary Education (2024) doi:10.21580/jieed.v4i1.21994.
AI Tools sesuai dengan kebutuhan proyek mahasiswa.
AI Tools sesuai dengan kebutuhan proyek mahasiswa.