Mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Madrasah membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan praktis dalam memberikan layanan konseling sesuai kebutuhan perkembangan dan permasalahan peserta didik. Mahasiswa dituntut menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, agama, moral, dan etika, bertindak objektif dan bertanggung jawab, serta mampu menganalisis data untuk mengambil keputusan dan menawarkan solusi tepat. Selain itu, mata kuliah ini menumbuhkan profesionalisme, kemampuan adaptasi, dan integrasi ilmu umum dengan agama, sehingga mahasiswa siap berperan sebagai konselor madrasah/sekolah yang humanis, religius, dan profesional.
1. Pengantar
2. Konsep Bimbingan dan Konseling di Madrasah/sekolah
3. Landasan Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling
4. Teori-teori dan Pendekatan Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling
5. Jenis dan Sifat
Bimbingan dan Konseling
6. Jenis dan Sumber Masalah Peseta didik
7. Prosedur dan Teknik Bimbingan dan
Konseling
8. Organisasi dan Program
Bimbingan Konseling
9. Konselor dalam Kegiatan
Bimbingan dan Konseling
10. Penerapan Bimbingan dan
Konseling di Madrasah
11. Unsur Penunjang Kegiatan Bimbingan dan
Konseling di Madrasah
12. Layanan, Perencanaan Individual dan Dukungan Sistem Bimbingan
dan Konseling
13. Evaluasi Program Bimbingan dan
Konseling di Madrasah
14. Peranan Bimbingan dan Konseling dalam Perspektif Islam
PowerPoint,
Canva
Google Classroom
Quizizz
WhatsApp Group
Lembar kerja asesmen kasus