Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 19, 2025

Jumlah SKS:

4 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan praktik penggunaan teknologi dalam pengajaran. Mahasiswa akan mempelajari berbagai platform digital, strategi pembelajaran berbasis teknologi, serta penerapan media digital dalam proses pengajaran. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas tantangan, etika, dan keamanan digital dalam penggunaan teknologi pendidikan. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung dalam mendesain materi ajar berbasis teknologi serta mengevaluasi efektivitasnya dalam konteks pembelajaran melalui kerja lapangan atau magang di instansi pendidikan.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Pengantar Umum: Konsep teknologi pendidikan, sejarah, dan perkembangan
    2. LMS, Google Classroom, Moodle, Edmodo
    3. Manfaat dan hambatan teknologi dalam pembelajaran
    4. Studi kasus penggunaan teknologi dalam kelas
    5. Desain materi ajar digital
    6. Observasi dan wawancara dengan guru/dosen
    7. AI dan machine learning dalam pendidikan
    8. UTS: Ujian Tertulis/Proyek
    9. Menyusun rencana penerapan teknologi dalam pengajaran
    10. Pembelajaran sinkron dan asinkron
    11. Praktik mengajar berbasis teknologi di instansi pendidikan
    12. Coding dalam pendidikan
    13. Menyusun laporan hasil kerja lapangan/magang
    14. Etika dalam penggunaan teknologi pendidikan
    15. Implementasi teknologi dalam RPP
    16. UAS: Ujian/Proyek Akhir

  • Pustaka
    1. Bates, A. W. (2019). Teaching in a Digital Age. Open Textbook.
    2. Mishra, P., & Koehler, M. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): The Development of a Framework for Integrating Technology in Teaching.
    3. Siemens, G. (2021). Connectivism: A Learning Theory for the Digital Age.
    4. Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning. Cambridge University Press.
    5. Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2019). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines.
    6. Selwyn, N. (2016). Education and Technology: Key Issues and Debates.
    7. Ribble, M. (2011). Digital Citizenship in Schools: Nine Elements All Students Should Know.

    Praktek kerja di lapangan
    Ruang Kelas
    PPT
    Buku
    Jurnal

    dosen-penggunaan-teknologi-dalam-pengajaran
    Dr. Akhmad Siddiq, MA
    197708092009121001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester