Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 18, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Filsafat Ilmu adalah mata kuliah yang membahas dasar-dasar filsafat yang berkaitan dengan hakikat ilmu pengetahuan, termasuk asal-usul, struktur, metode, validitas, dan tujuan ilmu. Mahasiswa akan diajak untuk berpikir kritis terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, membedakan antara pengetahuan ilmiah dan non-ilmiah, serta memahami hubungan antara ilmu, etika, dan realitas sosial. Mata kuliah ini juga mengkaji pandangan para filsuf terhadap ilmu pengetahuan dalam berbagai periode sejarah.


  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Pengantar Filsafat Ilmu
    - Pengertian filsafat, ilmu, dan filsafat ilmu
    - Ruang lingkup dan urgensi filsafat ilmu
    2. Ontologi Ilmu
    - Hakikat realitas dan objek kajian ilmu
    - Klasifikasi ilmu pengetahuan
    3. Epistemologi Ilmu
    - Sumber dan cara memperoleh pengetahuan
    - Kriteria kebenaran ilmiah
    - Metode ilmiah dan logika berpikir ilmiah
    4. Aksiologi Ilmu
    - Nilai dan etika dalam ilmu pengetahuan
    - Tanggung jawab ilmuwan
    5. Perkembangan Ilmu Pengetahuan
    - Sejarah perkembangan ilmu (klasik hingga modern)
    - Paradigma ilmu menurut Thomas Kuhn, Karl Popper, dll.
    6. Ilmu dan Ideologi
    - Relasi antara ilmu pengetahuan dan kekuasaan
    - Ilmu dalam konteks sosial, budaya, dan politik
    7. Filsafat Ilmu dalam Perspektif Islam
    - Epistemologi Islam dan integrasi ilmu
    - Kontribusi pemikir Muslim terhadap ilmu pengetahuan
    8. Isu-isu Kontemporer dalam Filsafat Ilmu
    - Positivisme, post-positivisme, dan postmodernisme
    - Kritik terhadap sains modern

  • Pustaka
  •  Filsafat Ilmu: oleh Amsal Bakhtiar (2013).

     Susunan Ilmu Pengetahuan Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu: oleh C.A. Van
    Peursen (1989).
     Dimensi Kreatif Dalam Filsafat Ilmu: oleh I. Made Putrawan dkk. (1999).
     Penorama Filsafat Ilmu Landasan Perkembangan Ilmu Sepanjang
    Zaman: oleh Conny Setiawan dkk. (2005).
     Filsafat Ilmu: oleh Muhammad Sabri dkk. (2009).
     Dimensi Etik dan Estetika Ilmu Pengethuan Manusia Kajian Filsafat
    Ilmu: oleh Achmad Charris Zubair (2002).
     The Structure of Scientific Revolutions: oleh Thomas Kuhn (1962).
     What is this Thing Called Science? oleh A.F. Chalmers.
     Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar: oleh Surajiyo (2007).
    Filsafat Ilmu: Suatu Tinjauan Sistematis: oleh Jujun S. Suriasumantri.

      1. Media Visual dan Audiovisual
    - Video pembelajaran dari YouTube atau platform MOOC seperti Coursera, edX, FutureLearn
    Misal: Video Richard Paul tentang Elements of Thought
    - Film/klip pendek untuk analisis argumen atau bias (contoh: adegan debat politik, iklan, berita TV)
    - Presentasi PowerPoint/Canva/Prezi sebagai alat bantu dosen dalam menjelaskan konsep
    2. Media Digital dan Interaktif
    - Learning Management System (LMS): Google Classroom, Moodle, atau Microsoft Teams
    Untuk upload materi, diskusi, kuis, tugas mingguan
    - Padlet / Mentimeter / Slido: Untuk diskusi interaktif dan polling pendapat
    - Kahoot / Quizizz / Socrative: Untuk kuis interaktif tentang fallacies, argumen, dll.
    3. Media Cetak & Bahan Tulis Buku teks dan artikel ilmiah
    - Lembar kerja (worksheet) untuk latihan identifikasi argumen dan analisis teks
    - Infografis tentang jenis-jenis sesat pikir, struktur argumen, dll.
    4. Media Pembelajaran Berbasis Aktivitas
    - Debat kelas (formal/informal)
    - Studi kasus (case study): Analisis isu sosial, politik, media dengan pendekatan kritis
    - Roleplay: Misalnya simulasi sidang atau diskusi publik
    - Jurnal reflektif: Mahasiswa menulis pengalaman berpikir kritis mereka dalam keseharian

    dosen-filsafat-ilmu
    Dr. Loekisno Choiril Warsito, M.Ag.
    196303271993031004
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester