Critical Thinking merupakan matakuliah kompetensi Utama yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa prodi SAA Fakultas Ushuluddin dan Filsafat setelah menempuh mata kuliah Orientasi Filsafat. Critical Thinking merupakan matakuliah kompetensi Utama yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa prodi SAA Fakultas Ushuluddin dan Filsafat setelah menempuh mata kuliah Orientasi Filsafat. Matakuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 2 yang memiliki bobot 2 Sks. Kemampuan akhir dari matakuliah Critical Thinking ini adalah mahasiswa Memiliki kemampuan memetakan memahami dan mengimplementasikan Critical Thinking dalam dunia akademis, retorika, berdebat dan kehidupan sehari hari, khususnya kesesatan berpikir manusia. Juga diharapkan mahasiswa bisa mengetahui dan memahami Critical Thinking dalam komputasi dengan Logika Digital dan al-Goritma. Mata kuliah ini membahas Genealogi berpikir Kritis; Berpikir Kritis dengan ethos, logos dan Pathos; arti dan makna Critical Thinking; Implementasi critical Thinking dalam diskusi, komunikasi, dunia akademik dan kehidupan sehari-hari; Hukum berpikir; Penalaran (term dan proposisi), Pembuktian (Argumen) dan penyimpulan (deduksi atau silogisme, Induksi dan abduksi); Kesesatan berpikir (fallacy of Thinking); Logika Digital; algoritma dan paradigma al-Qur’an berpikir Kritis.
1. Orientasi
perkuliahan dengan Ta’aruf, Kontrak Belajar dan arah kajian matakuliah 2. Genealogi Berpikir
Kritis dengan Logos dan Pathos, ethos 3, Critical thinking: makna, dan hambatan dalam berpikir 4. Urgensi critical thinking dalam dunia
akademis, dunia
kerja dan kehidupan sehari-hari 5. Hukum
berpikir: Law of Identity, Law of contradiction dan Law of excluded
middle 6. Critical Thinking dari era Klasik, era/abad pertengahan, era/abad modern, dan era postmodern 7. Teknik Berfikir Kritis
(Konsep, Term dan Proposisi) 8. UTS : Ujian tulis dan Lisan; Resensi artikel 9. Teknik argumen dalam
Berfikir Kritis yang meliputi; Kalimat dan pernyataan; Arti dan unsur argumen; Isu dan argumen; Yang tidak termasuk argumen; Indikator premis dan kesimpulan; Jenis-jenis argumen; Kualitas argumen dan Asumsi-asumsi tersembunyi 10. Teknik Penalaran dan
Penyimpulan dalam Berfikir Kritis yang meliputi Deduksi atau silogsime; Induksi dan Abduksi 11. Fallacy of Thinking: Kesalahan berpikir Formal 12. Fallacy of Thinking: Kesalahan berpikir non formal 13. Logika Digital dan al-Goritma 14. Manfaat Mempelajari
Critical Thinking yang terdiri dari Kerendahan hati intelektual; Keberanian intelektual; Empati intelektual; Integritas intelektual; dan Keyakinan pada rasionalitas. 15. Paradigma
al-Qur’an tentang Berpikir Kritis 16. UAS yang meliputi tes tulis atau Lisan; dan artikel jurnal
1. Cottrell, S. (2005). Critical Thinking Skills: Developing Effective Analysis and Argument. New York: Palcrave Macmillan 2. Alfaro-LeFevre, R. (2011). Critical thinking, clinical reasoning, and critical judgement. 5 th Ed. Philadelphia: Saunders
3. Paul, Richard and Elder, Linda. (2006) Critical Thinking Tools for Taking Charge of Your Learning and Your Life, New Jersey: Prentice Hall Publishing
4. Hamby, B.W. (2007) The Philosophy of Anything: Critical Thinking in Context. Kendall Hunt Publishing Company, Dubuque Iowa
5. Cederblom, J B.; Paulsen, David (2012). Critical Reasoning: Understanding and Criticizing Arguments and Theories (7th ed.). Andover, Hampshire, UK: Cengage Learning
6. Gregory Bassham [et al), Critical Thinking: A Student’s Introduction (New York: McGraw-Hill, 2011)
7. Galen A. Foresman, Peter S. Fosl, And Jamie C.Watson, The critical thinking toolkit (New Delhi, India: Wiley Blackwell, 2017)
8. Anita Harnadek, Critical Thinking: Problems Solving, Reasoning Logic and Arguments (USA: Critical Thinking.co, 1998)
9. Ayten Aktoprak, dan Cigdem Hursen, A Bibliometric And Content Analysis Of Critical Thinking In Primary Education, ELSEVIER Thinking Skills and Creativity 44 (2022). Journal homepage: www.elsevier.com/locate/tsc. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100762
10. Indika Liyanage, Tony Walker, Hossein Shokouhi, Are we thinking critically about critical thinking? Uncovering uncertainties in internationalised higher education, ELSEVIER Thinking Skills and Creativity 39 (2021) journal homepage: www.elsevier.com/locate/tsc. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100762
11. Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies, 11(2), 37-48. doi:10.14254/2071-8330.2018/11-2/3
12. Steven D. Schafersman, An Introduction to Critical Thinking, http://www.freeinquiry.com/critical-thinking.html 8/2/2008
13. Charles R. Twardy, Argument Maps Improve Critical Thinking, Teaching Philosophy. www.csse.monash.edu.au/~ctwardy
14. Stella Cottrell, Critical Thinking Skills (Effective analysis, argument and reflection), (London: Bloomsbury Publishing Plc, 2023)
15. Periklis Pavlidis, Critical Thinking as Dialectics: a Hegelian-Marxist Approach, Journal for Critical Education Policy Studies, vol.8. no.2 (Desember, 2010): 75-102
16. Gregory Bassham, William Irwin, Henry Nardone, and James M. Wallace, (New York: McGraw-Hill, 2011). ISBN: 978-0-07-340743-2
17. Merrilee H. Salmon, Introduction to Logic and Critical Thinking, (Boston USA: Wadsworth, 2013). ISBN-13: 978-1-133-04975-3
18. Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar, Jakarta: Erlangga.
1. TV Smart
2. LcD
3. Office Windows
4. buku, Jurnal
5. Film Dokumenter
6. You tube