Menerima,
menghayati, mengolah, menalar dan mengamalkan keseimbangan dzikir dan pikir
terhadap nilai-nilai Islam serta nilai-nilai kearifan lokal IndonesiaMampu mengkaji implikasi
pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
sesuai dengan keahliannya
berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan
solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil
kajiannya dalam bentuk skripsi Memahami konsep-konsep teoritis,
landasan keilmuan, substansi kajian keilmuan yang mengintegrasikan
nilai-nilai Islam dengan keilmuan yang sesuai bidangnya Menguasai konsep dan teori ilmu keislaman terintegrasi sains,
teknologi dan humaniora untuk mendasari implementasi integrasieilmuan paradigma twin towersMerancang dan membuat produk hasil
perkuliahan dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan keilmuan yang sesuai
bidangnya
Mengamalkan keseimbangan dzikir dan pikir terhadap nilai-nilai keIslaman serta kearifan lokal Indonesia sebagai cerminan dari sikap kedewasaan menghadapi berbagai masalah dalam pergaulan berbangsa dan bernegara.
Memahami konsep-konsep teoritis, landasan keilmuan, substansi kajian keilmuan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan keilmuan yang sesuai bidangnya
Menganalisis implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi
mengintegrasikan nilai-nilai keIslaman dengan keilmuan yang sesuai bidangnya dalam bentuk karya ilmiah
Daftar Buku Referensi
Utama
1. Depag, Al-Qur’an dan Tejemahannya
2. Kementerian Agama RI, Tafsir Ilmi Samudra dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, Jakarta : Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, 2013
3. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2014). Tafsir Al-Qur’an Tematik. Jakarta: Kamil Pustaka
4. Modul Integrasi Keilmuan Twin Towers, TIM Dosen Integrasi FST
5. M. Quraish Shihab, Tafsit al-Misbah, Lentera Hati,Tangerang, 2021.
Pendukung
1. Abdul Manan dan A. Syifaul Qulub, Pendidikan Agama Islam Untuk Pendidikan Perguruan Tinggi, Laros, Sidoarjo, 2010
2. Abdul Qodir Ahmad Atha Adabun Nabawi Meneladani Akhlaq Rasulullah, Pustaka Azam. 1999
3. Abdusysyakir. 2009. Matematika 1 Kajian Integratif Matematika dan Alquran. Malang: UIN Malang Press
4. Abuddin Nata dkk. (2005). Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum.
5. Abu Fajar al-Qolami Secret of succes Sukses dan kaya Dengan mengamalkan Asma’ul Husnah Mitrapress 2009
6. Annisah Kurniati, “Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam kepada Anak Sejak Dini”, Journal of Mathematics Education UIN Suska Riau, Vol.1, No.1, 2015, diakses di ejournal.uin-suska.ac.id pada tanggal 10 September 2017.
7. Al Hisni, Imam Taqiyyuddin Abu Bakar, Kifayatul Akhyar Syarah Ghoyatul Ikhtishor Taqrib, DKI Beirut : t.th
8. Al Jamal, Syeikh Sulaiman, Hasyiyah Al Jamal Syarah Manhaj ,DKI Beirut Kertas: t,th
9. Al-Jawy, Syekh al-Imam al-'Alim al-Fadhl Abi Abd al-Mu'thi Muhammad Nawawi, Kasyifah as-Saja Syarh Safinatu an-Naja, Beirut : Dar Ibn Hazm, 2011
10. Al-Thabari, Abu Ja’far Muhammad ibnu Jarir (1954). Jami’ul Bayan fi Ta’wilil Qur’an. Kairo: al Halabi. Jilid 3
11. Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77
12 K.H. Abdusshomad Bukhori, Bunga Rampai Kajian Islam Respon atas berbagai masalah Kemasyarakatan dan Keumatan, MUI JATIM, 2009
13. Manžhūr, Ibn, Lisanul-‘Arab, Beirut: Dār Șadr, t.th Hedgpeth, J. W., “Lautan” Ilmu Pengetahuan Populer, New York: Grolier International, Inc., 2006.
14. Minarno, E. B. (2017). Integrasi Sains-Islam dan Implementasinya dalam Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi, Dan Industri (SNTKI) 9 Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 664–669.
15. Muhammad Al Ghazali Akhlaq seseorang muslim diterjemah oleh H. Muh. Rifa’I, CV. Wicaksana Semarang1993
16. M. Quraish Shihab. 1997. Mukjizat Al-Qur’an. Bandung. PT. Mizan Pustaka
17. M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Quran, Bandung: Mizan. 2000 M.
18. M. Quraish Shihab, Membumikan Al Qur’an :Fungsi dan Peran wahyu dalam kehidupan Masyarakat, Bandung,Mizan 1989 M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Quran, Bandung: Mizan. 2000 M.
19. M. Quraish Shihab, Membumikan Al Qur’an :Fungsi dan Peran wahyu dalam kehidupan Masyarakat, Bandung,Mizan 1989 M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Quran, Bandung: Mizan. 2000 M.
20. M. Quraish Shihab, Membumikan Al Qur’an :Fungsi dan Peran wahyu dalam kehidupan Masyarakat, Bandung,Mizan 1989
21. Murtadha Muthahhari. Manusia dan Alam Semesta. Penerbit Lentera. Jakarta : 2006
22 Nasaruddin Umar, Argumen Kesetaraan Jender Perpektif al-Qur’an, Paramadina, Jakarta, 1999.
23. Rizqon Halal Syah Aji., 2020, Matematika dalam Rasionalitas Al-Qur’an; Bukti Perenialisme Atas Nalar Saintifik, Universitas Islam Negeri SyariF Hidayatullah Jakarta.
24.Udji Asiyah dan Muadib AR, Diktat Kuliah Agama Islam UNAIR untuk Lingkungan Sendiri.
25.Serageldin, Ismael. 1998. Historic Cities in Islamic Societis. Prosiding Seminar FT UGM.
26.Utaberta, Nangkula. 2006. Rekonstruksi Pemikiran, Filosofi Dan Perancangan Arsitektur Islam Berbasiskan Al-Qur’an Dan Sunnah.
27. Reitz, J. M. (2004). Dictionary for Library and Information Science. London: Libraries Unlimited.
Laptop, LCD, Spedol Papan Tulis dll yang berkitan