Mata kuliah Manajemen Pemasaran Internasional dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang konsep, strategi, dan praktik pemasaran dalam konteks global. Fokus utama dari mata kuliah ini adalah bagaimana perusahaan dapat mengenali peluang pasar internasional, mengembangkan strategi pemasaran lintas negara, dan beradaptasi dengan perbedaan budaya, ekonomi, hukum, dan politik dalam mencapai keunggulan kompetitif di pasar global.
Mahasiswa akan dilatih untuk berpikir strategis, menganalisis data, dan membuat keputusan berdasarkan pendekatan yang relevan untuk menghadapi tantangan dalam pemasaran internasional. Pendekatan pembelajaran meliputi studi kasus, diskusi kelompok, dan proyek berbasis praktik untuk memberikan pengalaman nyata dalam mengelola pemasaran lintas negara.
Pokok Bahasan Manajemen Pemasaran Internasional
Pendahuluan Manajemen Pemasaran Internasional
Lingkungan Pemasaran Internasional
Penelitian dan Analisis Pasar Internasional
Strategi Masuk Pasar Internasional
Pengembangan Bauran Pemasaran Global
Manajemen Budaya dan Etika Pemasaran Global
Digitalisasi dalam Pemasaran Internasional
Studi Kasus dan Tren Terkini dalam Pemasaran Internasional
Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Pemasaran Internasional
Proyek dan Simulasi Strategi Pemasaran Internasional
Keegan, W. J., & Green, M. C. (2020). Global Marketing Cateora, P., & Graham, J. (2020). International
Marketing Czinkota, M. R., & Ronkainen, I. A. (2021).
International Marketing Hollensen, S. (2020). Global Marketing Albaum, G., & Duerr, E. (2021). International
Marketing and Export Management Kotabe, M., & Helsen, K. (2020). Global Marketing
Management Terpstra, V., & Sarathy, R. (2021). International
Marketing 1. Johansson, J. K. (2020). Global Marketing Doole, I., & Lowe, R. (2020). International Marketing
Strategy Usunier, J.-C., & Lee, J. A. (2021). Marketing Across
Cultures Murphy, P. E., & Laczniak, G. R. (2020). Ethics in
Marketing Christopher, M. (2020). Logistics & Supply Chain
Management Hill, C. W. L. (2020). International Business: Competing
in the Global Marketplace Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2021). Digital
Marketing Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of
Marketing
Ceramah, Diskusi Kelompok Studi Kasus, Diskusi