Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 30, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini dimaksukan menjelaskan konsep mutu secara umum, pengelolaan dan perbaikan mutu secara berkesinambungan dalam sebuah organisasi sehingga mampu menghasilkan barang dan jasa yang lebih baik dalam menciptakan daya saing organisasi. Dalam era globalisasi dan liberalisasi perdagangan, kunci utama untk meningkatkan daya saing suatu organisasi atau perusahaan adalah kualitas atau mutu produk barang dan jasa. Hanya perusahaan yang mampu menghasilkan barang atau jasa yang bermutu kelas dunia yang dapat memenangkan persaingan global.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Konsep dasar kualitas

    2. Sejarah pemikiran kualitas

    3. Total quality organization

    4. TQM dan pelanggan

    5. Manajemen proses

    6. Pengukuran kinerja manajemen

    7. Kasus dalam TQM

    8. Implementasi TQM

    9. Tools TQM

    10. TQM dan IT

    11. Pengendalian kualitas

    12. Kualitas di era global

  • Pustaka
  • 1. Graeme Knowles, Quality Management,2011 Graeme Knowles & ebook.com

    2. Creech, Bill, 1996, Lima Pilar TQM ( Cara Membuat Total Quality Management Bekarja Bagi Anda), 

    3. Fandy Tjiptono dan Ana Stasia Diana, 2002, TQM

    PowerPoint

    dosen-manajemen-mutu
    Dr.,Drs.Ec Indro Kirono, MM.,chrm
    FEBI18091
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester