Mata kuliah ini dimaksukan menjelaskan konsep mutu secara umum, pengelolaan dan perbaikan mutu secara berkesinambungan dalam sebuah organisasi sehingga mampu menghasilkan barang dan jasa yang lebih baik dalam menciptakan daya saing organisasi. Dalam era globalisasi dan liberalisasi perdagangan, kunci utama untk meningkatkan daya saing suatu organisasi atau perusahaan adalah kualitas atau mutu produk barang dan jasa. Hanya perusahaan yang mampu menghasilkan barang atau jasa yang bermutu kelas dunia yang dapat memenangkan persaingan global.
1. Konsep dasar kualitas
2. Sejarah pemikiran kualitas
3. Total quality organization
4. TQM dan pelanggan
5. Manajemen proses
6. Pengukuran kinerja manajemen
7. Kasus dalam TQM
8. Implementasi TQM
9. Tools TQM
10. TQM dan IT
11. Pengendalian kualitas
12. Kualitas di era global
1. Graeme Knowles, Quality Management,2011 Graeme Knowles & ebook.com
2. Creech, Bill, 1996, Lima Pilar TQM ( Cara Membuat Total Quality Management Bekarja Bagi Anda),
3. Fandy Tjiptono dan Ana Stasia Diana, 2002, TQM
PowerPoint