Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 26, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah manajemen koperasi merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi manajemen yang mempunyai 3 sks. Tujuan mata kuliah manajemen koperasi ini untuk mengidentifikasi konsep-konsep dan teori-teori koperasi dan UMKM serta mampu mendalami serta mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam kasus-kasus terkait dengan perumusan, implementasi dan evaluasi strategi dalam pengembangan koperasi dan UMKM dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Konsep dasar koperasi

    Struktur organisasi koperasi

    Standar operasional koperasi

    Strategi pemasaran koperasi

    Kebijakan SDM koperasi

    Laporan keuangan koperasi

    Usaha simpan pinjam koperasi

    Konsep dasar UMKM

    Digital marketing UMKM

    Pengelolaan SDM UMKM

    Laporan keuangan UMKM

    Digitalisasi UMKM

  • Pustaka
  • [1] Donovan, R. J. , & R. J. R. (n.d.). Store Atmosphere An Environmental Psychology Approach. Journal of Retailing, 58, 34-57. - References - Scientific Research Publishing. Retrieved September 16, 2022, from https://www.scirp.org/(S(351jmbntvnsjt1aadkposzje))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=2527011

    [2] Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2021). DIGITALISASI UMKM SEBAGAI HASIL INOVASI DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN SAHABAT UMKM SELAMA PANDEMI COVID-19. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(2). https://doi.org/10.31506/jrk.v11i2.9682

    [3] Jayatri, F., & Putri, D. Y. (2020). STRATEGI KOPERASI SYARIAH SIDOGIRI CABANG PEMBANTU YOSOWILANGUN DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT EKONOMI LEMAH DI DESA YOSOWILANGUN LOR KECAMATAN YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG. Economics and Education Journal (Ecoducation), 2(1), 11–25. https://doi.org/10.33503/ECODUCATION.V2I1.737

    [4] Kothler, P., & Kertajaya, H. (2021). Marketing 5.0: Technology For Humanity. John willey & Sons, inc.

    [5] Paidjala, N. S. dan M. (2017). PERAN KOPERASI DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT TERPAPAR PADA KAWASAN RAWAN BENCANA DI WILAYAH KABUPATEN TUBAN. Asketik : Jurnal Agama Dan Perubahan Sosial, 1(1). https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/asketik/article/view/410

    [6] Saifuddin, M. (2021). Digital Marketing: Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1), 115–124. https://doi.org/10.24123/jbt.v5i1.3028

    [7] Verplanken, B., & Sato, A. (2011). The psychology of impulse buying: an integrative self-regulation approach. J. Consum. Policy, 34, 197–210. https://doi.org/10.1007/s10603-011-9158-5

    PowerPoint

    dosen-manajemen-koperasi-dan-umkm
    Hj. Nurlailah, SE., MM.
    196205222000032001
    dosen-manajemen-koperasi-dan-umkm
    Muchammad Saifuddin, M.SM.
    198603132019031011
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester