Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 9, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah komunikasi bisnis merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang dasar-dasar komunikasi bisnis, proses penulisan pesan-pesan bisnis, komunikasi melalui surat, komunikasi tentang pekerjaan, komunikasi melalui laporan dan komunikasi melalui teknologi. Dalam melaksanakan pembelajarannya, metode yang digunakan adalah metode klasikal yaitu ceramah bervariasi, diskusi, studi kasus, pemberian tugas dan Tanya jawab. Evaluasi yang direncanakan adalah keberhasilan para mahasiswa/i dalam mengikuti perkuliahan ditentukan oleh beberapa komponen, meliputi, partisipasi atau keaktifan mahasiswa di kelas ,tugas, UTS dan UAS, serta penilaian terhadap laporan kelompok. 

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Karakteristik konsep komunikasi bisnis: Konsep Manajemen Strategi dan Istilah-istilah Utama
    2. 
    Formulasi Strategi, Visi dan Misi Perusahaan, Audit Lingkungan Eksternal, Faktor Sosial, Budaya
    3. Formulasi Strategi. Audit Lingkungan Eksternal, Faktor Persaingan, Analisis Persaingan: Model Five- Forces Porter, Sumber Informasi Eksternal, Teknik dan Alat Peramalan, Analisis Industri: External Factor Evaluation (EFE) Matrix, Competitive Profile Matrix (CPM)
    4. 
    Formulasi Strategi. Audit Lingkungan Internal, Karakteristik Audit Lingkungan Internal, Sudut Pandang Sumber Daya (RBV), Integrasi Strategi dan Budaya, Manajemen, Marketing, Keuangan/Akuntansi, Produksi/Operasi, Penelitian dan Pengembangan, Sistem Informasi Manajemen, Analisis Rantai Nilai, Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix
    5. 
    Rumusan Strategi Strategi Long- Term Objectives
    6. 
    Formulasi Strategi. Analisis dan Memilih Strategi.
    7. Karakteristik Manajemen Strategi dan Rumusan Strategi
    8. 
    Implementasi Strategi: Isu-Isu Manajemen dan Operasi
    9. 
    Implementasi Strategi: Isu-isu Pemasaran, Keuangan/Akunting, Penelitian & Pengembangan, dan Sistem Informasi Manajemen
    10. 
    Evaluasi Strategi:Karakteristik Evaluasi Strategi, Kerangka Evaluasi Strategi, Balanced Scorecard
    11. 
    Etika Bisnis, Tanggung Jawab Sosial, Keberlanjutan Lingkungan. (environmental sustainability)
    12. 
    Organisasi Multinasional, Kelebihan dan Kelemahan Operasi Internasional, Tantangan Global
    13. 

  • Pustaka
  • Strategic Management: Theory & Cases: An Integrated Approach 11th (eleventh) by Hill, Charles W. L., Jones, Gareth R., Schilling, Melissa A. (2014)

    Hardcover

    Strategic management : concepts and cases / Fred R. David, Forest R. David, Author: David, Fred R.|David, Forest R., Publisher:England : Pearson

    LCD Proyektor
    PPT
    Papan Tulis

    dosen-komunikasi-bisnis
    Hanafi Adi Putranto, S.Si, SE, M.Si.
    198209052015031002
    dosen-komunikasi-bisnis
    Saqofa Nabilah Aini, S.E., M.Sc.
    199301092020122028
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester