Mata kuliah komunikasi bisnis merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang dasar-dasar komunikasi bisnis, proses penulisan pesan-pesan bisnis, komunikasi melalui surat, komunikasi tentang pekerjaan, komunikasi melalui laporan dan komunikasi melalui teknologi. Dalam melaksanakan pembelajarannya, metode yang digunakan adalah metode klasikal yaitu ceramah bervariasi, diskusi, studi kasus, pemberian tugas dan Tanya jawab. Evaluasi yang direncanakan adalah keberhasilan para mahasiswa/i dalam mengikuti perkuliahan ditentukan oleh beberapa komponen, meliputi, partisipasi atau keaktifan mahasiswa di kelas ,tugas, UTS dan UAS, serta penilaian terhadap laporan kelompok.
1. Karakteristik konsep
komunikasi bisnis: Konsep Manajemen Strategi dan Istilah-istilah Utama
2. Formulasi Strategi, Visi dan Misi
Perusahaan, Audit Lingkungan Eksternal, Faktor Sosial, Budaya
3. Formulasi Strategi.
Audit Lingkungan Eksternal, Faktor Persaingan, Analisis Persaingan:
Model Five- Forces Porter, Sumber Informasi
Eksternal, Teknik dan Alat Peramalan, Analisis Industri: External Factor Evaluation (EFE) Matrix, Competitive Profile Matrix (CPM)
4. Formulasi Strategi. Audit Lingkungan Internal, Karakteristik Audit Lingkungan Internal, Sudut Pandang
Sumber Daya (RBV), Integrasi Strategi
dan Budaya, Manajemen, Marketing, Keuangan/Akuntansi, Produksi/Operasi, Penelitian
dan Pengembangan, Sistem Informasi
Manajemen, Analisis Rantai Nilai, Internal Factor
Evaluation (IFE) Matrix
5. Rumusan Strategi Strategi
Long- Term Objectives
6. Formulasi Strategi.
Analisis dan Memilih Strategi.
7. Karakteristik Manajemen Strategi dan Rumusan Strategi
8. Implementasi Strategi: Isu-Isu Manajemen dan Operasi
9. Implementasi Strategi: Isu-isu Pemasaran, Keuangan/Akunting, Penelitian & Pengembangan, dan Sistem
Informasi Manajemen
10. Evaluasi Strategi:Karakteristik Evaluasi Strategi, Kerangka Evaluasi
Strategi, Balanced Scorecard
11. Etika Bisnis, Tanggung Jawab
Sosial, Keberlanjutan Lingkungan. (environmental sustainability)
12. Organisasi
Multinasional, Kelebihan dan Kelemahan Operasi Internasional, Tantangan Global
13.
Strategic Management: Theory & Cases: An Integrated Approach 11th (eleventh) by Hill, Charles W. L., Jones, Gareth R., Schilling, Melissa A. (2014)
Hardcover
Strategic management : concepts and cases / Fred R. David, Forest R. David, Author: David, Fred R.|David, Forest R., Publisher:England : PearsonLCD Proyektor
PPT
Papan Tulis